Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Widya Dharma Tentang Etika Mahasiswa

Bayu Purbha Sakti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi observasi peneliti berkaitan perilaku dan etika di ruang kelas mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Widya Dharma. Penelitian ini memiliki tujuan untuk  mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Widya Dharma tentang etika mahasiswa. Penelitian ini dinamakan penelitian deskripsi. Subjek penelitian ini adalah para mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Widya Dharma. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan pengeditan, pengkodean, pemberian skor, dan pembuatan tabel. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut; Sebagian besar mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Widya Dharma memiliki persepsi yang positif terhadap etika mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa tersebut sudah memahami hak, kewajiban, pergaulan, tanggung jawab, berpakaian, komitmen waktu, dan larangan dalam menjalani etika sebagai mahasiswa Universitas Widya Dharma. 


Keywords


Program Studi PGSD; Etika Mahasiswa; Persepsi Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Andriansyah, M. (2016). Mahasiswi psikologi jadi pacar sewaan buat semangati para jomblo. https://www.merdeka.com/peristiwa/mahasiswi-psikologi-jadi-pacar-sewaan-buat-semangati-para-jomblo.html. Artikel diunduh pada tanggal 7 Desember 2016.

Febrida, M. (2016). Mahasiswa di kampus ini tak boleh bergandengan tangan. http://health.liputan6.com/read/2642298/mahasiswa-di-kampus-ini-tak-boleh-bergandengan-tangan. Artikel diunduh pada tanggal 7 Desember 2016.

Pratikno. (2013). Tata Perilaku Mahasiswa. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Rahmat, J. (2003). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sontani, T. (2016). Pengertian etika. http://www.sridianti.com/pengertian-etika.html. Artikel diunduh pada tanggal 15 Desember 2016.

Sudibyo, B. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Triyono. (2014). Pedoman Etika Mahasiswa. Klaten: Universitas Widya Dharma.

Wahab, R. (2009). Etika dan Tata Tertib Pergaulan Mahasiswa di Kampus. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi


Article Metrics

Abstract has been read : 44 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Premiere Educandum indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats