Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share Terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar

Sulistyani Puteri Ramadhani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan cooperative learning tipe think, pair, and share terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebon Baru 10 Pagi dengan sampel penelitian siswa kelas V pada semester II tahun pelajaran 2016-2017. Sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar tes yang dilakukan setelah materi pembelajaran diberikan lembar tes untuk mengetahui hasil belajar PKn siswa, yang sebelumnya telah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas dengan justifikasi ahli dan dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Hasil pengujian normalitas menunjukan bahwa kedua kelas berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas menunjukan bahwa kedua kelas tersebut homogen. Setelah dilakukan uji persyaratan analisis, maka dilakukan uji hipotesis dengan perhitungan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Dari perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan cooperative learning tipe think, pair, and share berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V sekolah dasar. Implikasi hasil penelitian ini adalah penggunaan pendekatan cooperative learning tipe think, pair, and share pada pembelajaran PKn dapat  diterapkan guru agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


pendekatan; cooperative learning think; pair; and share; hasil belajar PKn

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, Thomas. (2004). Menerapkan Multiple Intelligences di Sekolah. Jakarta: PT. Mizan Pustaka.

BSNP. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdiknas.

C. Laura, Strategies for Reading to Learn. (2001) http//olc.spsd.sk.ca. Diakses pada tanggal 12 Desember 2016 Pukul 09.10 WIB

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Frank Lyman, Think, Phair and Share. 1981,http//curry.edschool.virginia.ed, (Diakses pada tanggal 12 Desember 2016 pukul 09.30 WIB).

Hakim, Lukmanul. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. (2005). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Mikhael, Mali, Benjamin, dkk. (2011). Civic Education Upaya Mengembalikan Episteme Politik. Jakarta: Fidei Press.

Muhibbin. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Purwanto, Ngalim. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Riduwan (2008). Belajar Mudah Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Saleh, Hassan E. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jakarta : Audi Grafika.

Slamento. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, Etin dan Raharjo. (2007). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen Kewarganegaraan Universitas Negeri Jakarta. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: UNJ.

Trianto. (2007). Tipe Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. (2010). Mendesain Type Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta:Kencana


Article Metrics

Abstract has been read : 277 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran indexed by:

 

Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats