Peningkatan Kemampuan Mendeskripsikan Pentingnya Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Teknik Diskusi Kelompok Siswa SD

Sri Wuryandani

Abstract


Mata pelajaran IPS sering dianggap “sulit” dan “hal yang menakutkan” bagi sebagian siswa, bahkan sebagian gurunya beranggapan sama, dan kehilangan daya tarik. Berbagai inovasi dan program pendidikan telah dilaksanakan antara lain penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku ajar dan buku referensi lainnya, peningkatan mutu guru melalui berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi pendidikan, peningkatan manajemen pendidikan, serta pengadaan fasilitas lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan mendeskripsikan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui teknik diskusi kelompok dengan desain penelitian menggunakan action research kuantitatif. Data diambil dari tes dan dianalisis dengan teknik deskritif yang bertujuan untuk memperoleh skor. Hasil analisis data diperoleh skor rata-rata pada siklus I 70,43, siklus II 71,52 dan pada siklus III rata rata 82,17. Berdasarkan angka tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan mendeskripsikan pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui teknik diskusi kelompok siswa kelas IV SDN Pager Kecamatan Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016.


Keywords


Kata kunci: Pentingnya Koperasi, Teknik Diskusi Kelompok

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mata pelajaran IPS. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Sain Untuk SD Kelas IV, Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, S., Aswan Z. (1996). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Muhammad, N S. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nadir. (2009). Ilmu Pengetahuan Sosial 1, Surabaya: Amanah Pustaka.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: mengembangkan Profesinalisme Guru, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Supriya. (2008). Pendidikan IPS, Bandung Laboratorium PKn, Depok: UPI Pres.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Usman, U. (2008). Strategi Pembelajaran, Jakarta: Erlangga.

Universitas Negeri Malang, (2004). Teknik diskusi kelompok dan Penerapannya dalam KBK, UM

Universitas Negeri Malang, (2000). Pedoman Penulisan Karya ilmiah Edisi Keempat.UM.


Article Metrics

Abstract has been read : 844 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats