Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring

Jamilah Jamilah

Abstract


Saat ini pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran daring  untuk memperlambat penyebaran virus corona di Indonesia. Guru merupakan pihak yang harus mengikuti pola kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah tersebut.  Artikel ini bertujuan untuk mereview bagaiamana guru professional di era new normal antara peluang dan tantangannya dalam pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan studi literatur  atau pustaka tentang informasi guru professional di era new normal.  Data primer diambil dari tulisan atau artikel tentang guru di era new normal. Analisis datanya menggunakan content analysis. Hasil review ini menujukkan bahwa guru mengikuti kebijakan pemerintah dalam pembelajaran daring. Peluang dari pembelajaran tersebut guru dituntut untuk lebih menguasai teknologi dan bisa menyesuaikan dengan keadaan apapun. Tantangannya adalah kemampuan guru tersebut dalam menguasai teknologi, sumber daya manusia, sarana prasarana yang dapat mendukung proses pembelajaran daring. Untuk itu rekomendasi yang harus dilakukan adalah membangun kemitraan anatara orang tua, guru dan stakeholder secara berkelanjutan. Serta perlu adanya evaluasi terhadap proses pembelajaran daring agar tujuan dan hasilnya bisa tercapai secara optimal.

Keywords


Guru Profesional; New Normal; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Anugrah, D. (2020). Dinamika pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Berita Magelang.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of pandemic COVID-19 on the teaching – learning process: A study of higher education teachers. Prabadhan: Indian Journal of Management, 13(4). https://doi.org/10.17010/pijom/2020/v13i4/151825

Contreras, G. W. (2020). Getting ready for the next pandemic COVID-19: Why we need to be more prepared and less scared. Journal of Emergency Management, 18(2), 87–89. https://doi.org/10.5055/jem.2020.0461.

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 2020, 1–6. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Dindik Banyumas. (2020). Guru Kreatif, Belajar jadi Lebih Menyenangkan. Online. Tersedia: http://dindik.banyumaskab.go.id/read/31174/guru-kreatifbelajar-jadi-lebih-menyenangkan#.XpB1gv0zbIX. Diakses, 10 Juni 2020.

Dindin J., Teti R., Heri G., Epa P. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2020

Firman, Sari. R.R. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). 2 (2). 2020.

Hatimah, Ihat. Keterlibatan Keluarga Dalam Kegiatan Di Sekolah Dalam Perspektif Kemitraan. Pedagogia, Jurnal Ilmu Pendidikan. 14 (2). 2016.

Irawan H (2020, March 23). Inovasi pendidik sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Ombudsman RI. Retrived from https://www.ombudsman.go.id/news/r/praktek-maladministrasi-yang-terus-berulang-dalam-penyelenggaraan-penerimaan-peserta-didik-baru-ppdb-tahun 2017

Karlsen, H., Mehli, L., Wahl, E., & Staberg, R. L. (2015). Teaching outbreak investigation to undergraduate food technologists. British Food Journal, 117(2), 766–778. https://doi.org/10.1108/BFJ-02-2014-0062

Khan, M., Kazmi, S., Bashir, A., & Siddique, N. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research, 24, 91–98. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005

Kemdikbud. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19. Online. Tersedia: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-setentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa-darurat-covid19. Diakses, 5 Juni 2020.

Lin, Q., Zhao, S., Gao, D., Lou, Y., Yang, S., Musa, S. S., Wang, M. H., Cai, Y., Wang, W., Yang, L., & He, D. (2020). A conceptual model for the coronavirus disease 2019 (COVID-19) outbreak in Wuhan, China with individual reaction and governmental action. International Journal of Infectious Diseases, 93, 211–216. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.02.058

Madrim, S. (2020, April). KPAI: Siswa keluhkan pembelajaran berat di tengah wabah corona. VOA Indonesia.

Melania, E. P. (2020, April). Pembelajaran daring, apakah efektif untuk Indonesia. Kompas.

Mulyani, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FTK UIB Syarif Hidaytullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstre am/123456789/26232/3/WIWI%20MUL YANI-FITK.pdf

Nisa, LC. (2002). Pengaruh Pembelajaran ELearning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistics Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. Jurnal Phenomenon 2(1), 7- 26. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/P henomenon/article/view/416 DOI: http://dx.doi.org/10.21580/phen.201 2.2.1.416

Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. https://core.ac.uk/download/pdf/1235179 3.pdf

Setiawan, A. R. (2020, April 6). Di Mana Letak Penting Lembaga Pendidikan? Dipetik April 6, 2020, dari Alobatnic: https://alobatnic.blogspot.com/2020/04/dimana-letak-penting-lembagapendidikan.html

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wangi, N. B. S. (2020). Belajar dari krisis pandemi Covid-19, Indonesia butuh kurikulum fleksibel. Lenteratoday.

Watkins, J. (2020). Preventing a covid-19 pandemic. The BMJ, 368(February), 1–2. https://doi.org/10.1136/bmj.m810


Article Metrics

Abstract has been read : 4581 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats