Permainan tradisional Kancing Gumi dalam tinjauan pendidikan karakter (Studi kualitatif pada siswa SDN 1 Buahan, Tabanan Bali)
DOI:
https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6162Keywords:
Permainan Tradisional, Kancing Gumi, Pendidikan KarakterAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan permainan tradisional kancing gumi dalam tinjauan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan anak-anak di SDN 1 Buahan Tabanan, Bali. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis isi terhadap prosedur permainan kancing gumi ditambah data hasil wawancara dan observasi terhadap anak. Validasi terhadap data dilakukan dengan diskusi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional kancing gumi dapat mengasah tiga komponen karakter yakni pengetahuan moral, sikap moral, dan perilaku moral. Dari ketiga komponen tersebut, permainan kancing gumi mengandung komponen sikap moral yang sangat tinggi diantaranya (a) nurani, (b) harga diri, (c) empati, (d) cinta kebaikan, (e) kontrol diri dan (f) rendah hati. Pengembangan sikap moral ini melahirkan nilai-nilai karakter diantaranya adalah: nilai sportivitas, kebersamaan, kerjasama, empati, pengendalian diri.Downloads
References
Astuti, E. (2016). Modul Psikologi Pendidikan. Denpasar. CV Wiyata Bhakti
Batusangkar, IAIN. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 04 (2); 2017; 89-96
Bishop, J. C., & Curtis, M. (2001). Play Today In The Primary School Playground: Life, Learning, And Creativity. Buchingham: Open University Press
Cahyono, N. (2011). “Transformasi Permainan Anak Indonesiaâ€. Artikel. http://permata-nusantara.blogspot.com. Diakses pada tanggal 10 April 2020.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dharmamulya, S., (2008). Permainan tradisional jawa: Sebuah upaya pelestarian, 3rd ed.
Eka, N., Endah, P., Mega, P., Moh, S. (2016). Nilai-nilai Karakter pada Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. 265-273. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8942
Hurlock, E.B. (1993). Perkembangan anak jilid I. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Iswinarti (2005). Permainan Tradisional Indonesia (Dalam Tinjauan Perkembangan Intelektual, Sosial, Emosi, dan Kepribadian). Simposium Nasional: Memahami Psikologi Indonesia. Malang: Fakultas Psikologi UMM.
Iswinarti (2010). Nilai-Nilai Terapiutik Permainan Tradisional Engklek Pada Anak Usia Sekolah Dasar. HUMANITY, 6(1), 41 – 44.
Iswinarti. (2017). Niilai-Nilai Problem Solving Permainan Tradisional Engklek. Seminar Nasional Dan Gelar Produk | Senaspro 2016. 1-9. https://www.researchgate.net/publication/320620169_Nilai nilai_Problem_Solving_Permainan_Tradisional_Engklek
Iswinarti. (2017). Permainan Tradisional: Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Misbach, I. (2006). Peran Permainan Tradisional Yang Bermuatan Edukatif Dalam Menyumbang Pembentukan Karakter Dan Identitas Bangsa, Tesis UPI Bandung:Tidak Diterbitkan.
Morrison, G. S., (2015). Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R.D. (2000). Human Development. Boston: Mc.graw Hill.
Primasari, D. A. G. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 12 Januari 2019. 1100-1118.
Santrock, J.W. (2000). Lifespan development. Boston: McGraw-Hill College.
Sedyawati, E. (1999). Permainan Anak-anak sebagai Aspek Budaya. Dolanan anak: Refleksi budaya dan wahana tumbuhkembang anak. Yogyakarta: Plan International Indonesia-Yogyakarta dan LPM Sosiatri Fisipol UGM.
Seriati, N.N dan Nur Hayati. (2010). Permainan Tradisional Jawa Gerak dan Lagu Untuk Menstimulasi Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/3835/
Tzeng, S. K. & Huang, C. F (2010). A Study of the interactive “Hopscocth†game for the children using music technique. The international journal of multimedia & its application, 2 (2), 32-34.
Zubaedi. (2012). Desain pendidikan karakter: konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Holder:Â Â (Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran)