Kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar berdasarkan perbedaan status ekonomi keluarga

Authors

  • Titik Rohmatin PGSD,STKIP PGRI SIDOARJO
  • Budhi Rahayu Sri Wulan PGSD,STKIP PGRI SIDOARJO

DOI:

https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5024

Keywords:

kemampuan motorik kasar, status ekonomi keluarga

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan motorik anak sekolah dasar berdasarkan status ekonomi keluarga. Metode analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 40 anak laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa siswa yang berstatus ekonomi menengah memiliki kemampuan kordinasi mata dan kaki yang dimiliki oleh siswa kelas 1 SD di SDN Waung dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dari jumlah 40 siswa yang memiliki kemampuan koordinasi mata dan kaki sedang berjumlah 18 siswa dari status ekonomi keluarga sedang dan 2 siswa dari status ekonomi bawah.Siswa yang berstatus ekonomi menengah memiliki kemampuan kordinasi mata dan tangan yang dimiliki oleh siswa kelas 1 SDN Waung masuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dari jumlah 40 siswa yang memiliki kemampuan koordinasi mata dan tangan sedang berjumlah 20 siswa dari status ekonomi keluarga sedang dan 3 siswa dari status ekonomi bawah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Titik Rohmatin, PGSD,STKIP PGRI SIDOARJO

Kepadangan, Tulangan Sidoarjo

References

Astyorini, Y. D. (n.d.). HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 1 DI SDN KREMBANGAN UTARA I / 56 SURABAYA. 1–7.

Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. 3833, 111–120.

Bellows, L. L., Davies, P. L., Courtney, J. B., Gavin, W. J., Johnson, S. L., & Boles, R. E. (2017). Journal of Science and Medicine in Sport Motor skill development in low-income , at-risk preschoolers : A community-based longitudinal intervention study. Journal of Science and Medicine in Sport, 20(11), 997–1002. https://doi.org/10.1016/j.jsams.2017.04.003

D, R. (1998). Kajian Penelitian Gizi. Jakarta: Mediyatama Sarana Perkasa.

Komaini, A., & Mardela, R. (2017). Fundamental Motor Skills of Kindergarten Students ( A Survey Study of the Influence of Financial Condition , Playing Activity , and Nutritional Status ) Fundamental Motor Skills of Kindergarten Students ( A Survey Study of the Influence of Financial Condition , Playing Activity , and Nutritional Status ). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Liu, T., Hoffmann, C., & Hamilton, M. (2016). Motor Skill Performance by Low SES Preschool and Typically Developing Children on the PDMS-2 Motor Skill Performance by Low SES Preschool and Typically Developing Children on the PDMS-2. Early Childhood Education Journal, (November 2015). https://doi.org/10.1007/s10643-015-0755-9

Maria, S. (2014). The effects of parental influences and school readiness of the child. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 127, 733–737. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.345

Meggit, C. (1999). Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: PT.Indeks.

Midpro, J. (2013). Jurnal Midpro, edisi 2 /2013. 60–66.

Nurhasan, dkk. (2005). Petunjuk Praktis Pendidikan Jasmani. Surabaya: UNESA University Press.

Playford, C. J., Dibben, C., & Williamson, L. (2017). Socioeconomic disadvantage , fetal environment and child development : linked Scottish administrative records based study. 1–13. https://doi.org/10.1186/s12939-017-0698-4

Sari, P. N. (2010). HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TINGKAT KECERDASAN INTELEKTUAL ( INTELLIGENCE QUOTIENT – IQ ) PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI STATUS SOSIAL-EKONOMI ORANG TUA.

Sebataraja, L. R., & Oenzil, F. (2014). Artikel Penelitian Hubungan Status Gizi dengan Status Sosial Ekonomi Keluarga Murid Sekolah Dasar di Daerah Pusat dan Pinggiran Kota Padang. 3(2), 182–187.

Status, H., Keluarga, E., & Balita, S. G. (2016). Hubungan Status Ekonomi Keluarga dengan Status Gizi Balita... 15(1), 149–162.

Sugihartono. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhardjo. (2005). Perencanaan Pangan dan Gizi Edisi I. Jakarta: Bumi Aksara.

Sujiono. (2008). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukamti, E. R. (2007). Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-12-18

How to Cite

Rohmatin, T., & Wulan, B. R. S. (2019). Kemampuan motorik kasar anak sekolah dasar berdasarkan perbedaan status ekonomi keluarga. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 172–180. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5024

Issue

Section

Articles