Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan soal cerita berbasis karakter pada materi bilangan pecahan

Dina Pratiwi Dwi Santi, Setiyani Setiyani, Maharani Anggita

Abstract


Pecahan merupakan salah satu topik yang dipelajari dalam Mata Kuliah Materi Matematika Lanjut. Masih terdapat kesulitan yang dihadapi mahasiswa dalam menyelesaikan soal uraian berbentuk cerita materi bilangan pecahan. Oleh karenanya, dirasakan perlu memberikan perhatian terhadap kemampuan pemecahan masalah, begitu juga dengan penanaman karakter. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal cerita berbasis karakter pada materi bilangan pecahan (pada kelompok mahasiswa dengan tingkat kemampuan PMST, PMT, PMS, PMR, dan PMSR). Melalui penelitian ini diharapkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa dapat diketahui dengan jelas, sehingga untuk tahap berikutnya dapat diberikan perlakuan yang tepat sesuai dengan tingkat kemampuan pemecahan masalah tersebut. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dari populasi seluruh mahasiswa yang mendapatkan mata kuliah Materi Matematika Lanjut, akan dipilih seorang mahasiswa secara acak yang mewakili setiap kelompok sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menghasilkan (1) tidak terdapat mahasiswa dengan kemampuan PMST, (2) mahasiswa  dengan kemampuan PMST, PMT, PMS, PMR, dan PMSR tidak melakukan pengecekan kembali untuk setiap nomor soal cerita. Sedangkan indikator kemampuan pemecahan masalah lainnya diperoleh hasil yang bervariasi.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Soal Cerita Berbasis Karakter; Bilangan Pecahan

Full Text:

PDF

References


Abadi, A. P., Subanji, S., & Chandra, T. D. (2017). diagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri-PISA melalui pemetaan kognitif dan upaya mengatasinya dengan scaffolding. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 1-18.

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.

Anwar, C. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Sederhana melalui Media Kepingan CD (Compact Disk) bagi Anak Kesulitan Belajar. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(3), September 2012, hlm.60-70.

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode pemecahan masalah menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT, 2(1).

Harsanti, A. G. (2016). INTEGRASI PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS SD. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02).

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakag) di smpn model pembelajaran generatif (generative learning) di smp. EDU-MAT, 3(2).

Muhsetyo, G., Abadyo, Widagdo, D., Krisnadi, E. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Peranginangin, S.A., & Surya, E. (2017). An Analysis of Student’s Mathematics Problem Solving Ability in VII Grade at SMP Negeri 4 Pancurbatu. Basic and Applied Research (IJSBAR): International Journal of Sciences, 33(2), Juni 2017, hlm.57-67.

Qomariyah, S., Bagaskorowati, R., & Sarkadi. (2017). Karakter Peserta Didik melalui Modifikasi Perilaku pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), Desember 2017, hlm.1-12.

Rahman, A. (2016). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), Desember 2016, hlm.1-7.

Rahmawati. (2017). Desain Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dengan Menggunakan Timbangan Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), Januari 2017, hlm.57-68.

Suherman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

White, A.L. (2010). Numeracy, Literacy and Newman’s Error Analysis. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), 2010, hlm.129-148.

Yuwono, A. (2016). Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), Maret 2016, hlm.143-156.

Zabeta, M., Hartono, Y., & Putri, R.I.I. (2015). Desain Pembelajaran Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan PMRI di Kelas VII. Jurnal βeta, 8(1), Mei 2015, hlm.86-99.


Article Metrics

Abstract has been read : 423 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran indexed by:


Premiere Educandum has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online)

Creative Commons License
Premiere Educandum by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


View Premiere Educandum Stats