Implementasi lesson study menggunakan model think pair share dan pendekatan saintifik

Via Yustitia, Susi Hermin Rusminati, Ida Sulistyawati

Abstract


Penelitian ini berawal dari masih rendahnya kualitas dan kompetensi dosen dalam melaksanakan pembelajaran.Salah satuupaya untuk meningkatkan kompetensi pendidik adalah dengan menerapkan lesson study.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan lesson study menggunakan model Think Pair Share dengan pendekatan saintifik dalam mengembangkan pembelajaran mata kuliah Evaluasi Pembelajaran SD.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD kelas 2016 E  dan 2016 A. Data penelitian ini adalah pelaksanaan plan, do, dan see.Keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study menggunakan model TPS dengan pendekatan saintifik dilaksanakan sesuai tahapan-tahapan dalam  lesson study yaitu plan, do,dan see. Lesson study membuat proses perencanaan pembelajaran lebih matang sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran dosen model merasa lebih siap. Lesson Study secara efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Lesson Study  yang dirancang dengan baik akan menjadikan dosen model menjadi lebih profesional dan inovatif

Keywords


Lesson Study; Think Pair Share; Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

References


Arends, R. (2001). Learning to Teach (Fifth Edition). New York: Mc Graw Hill.

Atsnan, M. D. (2013). Penerapan pendekatan scientific dalam pembelajaran matematika smp kelas vii materi bilangan (pecahan). Prosiding Seminar Nasional Matematika. (pp. 37-48). Yogyakarta: UNY.

Dewi, P. S. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan scientific berorientasi teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran Siswa. e-Journal Pro , 1-19.

Farida, A. (2016). Implementasi lesson study untuk meningkatkan kinerja dosen matematika stmik duta bangsa surakarta. Jurnal Derivat, 17-24.

Groves, B. D. (2011). Japanese lesson study: teacher professional development through communities of inquiry. Mathematics Teacher Education and Development , 77-93.

Ibrohim, S. d. (2006). Pengalaman imstep dalam implementasi lesson study. Yogyakarta: Pelatihan Pengembangan Kemitraan LPTK-Sekolah dalam rangka Peningkatan Mutu Pembelajaran MIPA.

Lie, A. (2008). Cooperative learning : mempraktikan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mustofa, M. T. (2013). Belajar & pembelajaran: pengembangan wacana dan praktik pembelajaran dalam pembangunan nasional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Putri, I. (2013). Pelaksanaan lesson study dalam pembelajaran bahasa indonesia siswa kelas VII.5 MTsN lubuk buaya padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran , 108-117.

Susilo, H. (2013). Lesson study sebagai sarana meningkatkan kompetensi pendidik. Lawang: Seminar dan Lokakarya PLEASE 2013 di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia.

Trianto. (2011). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

Vitantri, C. A. (2014). Penerapan lesson study pada mahasiswa program studi pendidikan matematika mata kuliah advanced calculus. Gamatika,8-18.


Article Metrics

Abstract has been read : 1393 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran


Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.

View Premiere Educandum Stats