Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Program Linear Siswa Kelas XI SMAN 1 Sape
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.9395Keywords:
Model Think, Talk, and Write (TTW), Hasil Belajar, Program Linear,Abstract
Pendidikan saat ini rentan terhadap penyakit. Dari penyakit tersebut menyebabkan proses pelaksanaan pembelajaran tidak maksimal. Hal tersebut juga berdampak pada pembelajaran matematika, terlebih lagi dengan banyaknya stigma yang dibangun terhadap pembelajaran matematika yang kaku dan susah. Dari stigma tersebut menyebabkan siswa takut belajar matematika. Hal itu dapat dilihat dari tingkat kemampuan siswa yang masih gagap dalam berekspresi dan memecahkan masalah matematika sehingga berpengaruh buruk pada hasil belajar siswa. Sehingga peneliti menawarkan model think, talk, and write (TTW) guna menjawab kekakuan siswa dalam berekspresi dan memecahkan masalah. Dari masalah tersebut, adapun rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran think, talk, and write (TTW) terhadap hasil belajar matematika materi pokok program linear siswa kelas XI SMAN 1 Sape. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model think talk write (TTW) terhadap hasil belajar matematika materi pokok program linear siswa kelas XI SMAN 1 Sape. Jenis penelitian menggunakan jenis true eksperiemen dengan desain posttest only control group desing. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sape yang terdiri dari 7 kelas. Menggunakan teknik simpel random sampling diperoleh siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan teknik pengumpulan data memberikan post-test dimasing-masing kelas. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian saat diberikan post-test dimasing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,994 dan dikelas kontrol 82,5. Kemudian hasil perhitungan uji t-tes, diperoleh nilai thitung = 0,299 dan nilai ttabel = 1,994 pada taraf siginifikan 5% dengan dk = 70. Karena harga thitung lebih kecil dari ttabel (0,299 < 1,994) maka hipotesis awal (Ho) diterima dan 2 hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Dapat disimpulkan hasil penelitian bahwa tidak ada pengaruh model think, talk, and write (TTW) terhadap hasil belajar matematika materi pokok program linear siswa kelas XI SMAN 1 Sape.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.
Djamarah, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : CV Pustaka Setia.
Hergenhahn, Mattew Olson. 2010. Teori Belajar. Jakarta : Kencana.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran .Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Khairah, D. I. Ummul. Dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Mangaran Situbondo. Jember : UJ
Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Rafika Aditama.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : Rajawali Press.
Kurniasih, dkk. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta : Kata Pena.
Maulaty Rahayu. 2015. Mengapa Matematika Dianggap Sulit. Dalam URL. http://www.kompasiana.com/rahayulala/mengapa-matematika-dianggap- sulit 54f677b4a33311e6048b4d86 diakses pada tanggal 10 Maret 2019 pukul 06.54 WITA.
Manullang, Sudianto dkk. 2017. Matematika untuk kelas XI SMA sederajat. Jakarta : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Munawar. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : RINEKA
Puspitasari. 2014. Ini Penyebab Nilai Matematika Indonesia Rendah. (online)
Putri, Dini Palupi. 2017. Pengaruh pembelajaran kooperatif think talk write terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Bengkulu : Belajea.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.
Sani, Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Siyoto, syandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Publishing.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Ramaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar..
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.
Sutikno, Sobri. 2014. Metode dan Model Pembelajaran. Lombok : Holistika.
Thobroni, dkk. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-ruzz Media
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.
UU RI No.20 Tahun 2003. Undang-undang SISDIKNAS 2003. Jakarta : Sinar Grafika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.