Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057Keywords:
e-modul, keterampilan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan produk berupa e-modul matematika untuk kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini difokuskan pada kelayakan produk yang dikembangkan dengan melibatkan validasi dari ahli desain, ahli materi, dan teman sejawat. Setelah produk dinyatakan layak dalam proses validasi, maka akan dilakukan proses uji coba pada siswa dengan uji coba kelompok kecil yang melibatkan 5 responden, uji coba kelompok sedang yang melibatkan 15 responden, dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 30 responden. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli desain dari semua aspek yang diukur secara total memperoleh 87%, ahli materi memperoleh 94%, dan teman sejawat memperoleh 88%. Dari hasil tersebut maka produk e-modul yang dikembangkan layak untuk dilakukan uji coba lapangan. Hasil respon siswa untuk uji kelompok kecil mendapatkan respon 73%, uji coba kelompok sedang mendapatkan respon 81,4%, sedangkan pada uji coba kelompok besar mendapatkan respon 83,7%. Dari hasil respon siswa dalam uji coba telah menandakan adanya tanggapan positif terhadap e-modul yang dikembangkan, sehingga e-modul dapat dilakukan desiminasi dan sosialisasi kepada guru untuk dapat dipergunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran kepada siswa kelas V sekolah dasar.
Â
Downloads
References
Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013
Ali Mudlofir, 2011. Aplikasi Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Bahan Ajar Dalam Pendidikan Agama Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Andi Zulkarnain, Nina Kadaritna, Lisa Tania, 2015. PENGEMBANGAN E-MODUL TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol. 4, No.1, 222-235.
Asrial, Syahrial, Dwi Agus Kurniawan, Faizal Chan, Retno Septianingsih, Rahmat Perdana, 2019. Multimedia Innovation 4.0 in Education: E-Modul Ethnoconstructivism, Universal Journal of Educational Research 7(10): 2098-2107, http://www.hrpub.org, DOI: 10.13189/ujer.2019.071007
Asrori, Mohhamad. 2007. Psikologi Pembelajaran .Bandung: cv wacana prima.
Branch Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger Science & Business Media, LLC. 2009.
Cheung, Lawrence, â€Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretationâ€, Journal of Biomedical Education, Volume 2016, Article ID 9502572, 6 pages, http://dx.doi.org/10.1155/2016/9502572
Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas, Panduan Praktis Penyusunan E-modul tahun 2017 (Jakarta Direktorat
Hamdani. 2011. Strategi Belajara Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Deti Elice, “Pengembangan Desain Bahan Ajar Keterampilan Aritmatika Menggunakan Media Sempoa Untuk Guru Sekolah Dasar,†Jurnal Tesis, Program Pascasarjana Megister Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, 2012, 24–25.
Dewa Ayu Andita Sari, I Ketut Resika Arthana, and I Gede Partha Sindu, “Pengembangan E - Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran „Sistem Komputer‟ Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja,†Jurnal KARMAPATI 6, no. 1 (2017).
Hamdani Hamid, 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia , Bandung: Pustaka Setia,
Hasratuddin, “Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan datang Berbasis Karakterâ€, Jurnal Didaktik Matematika, Volume 1, Nomor 2 (September 2004), hal. 31-33
I Gede Agus Saka Prasetya, “Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas XI Dengan Model Problem Based Learning Di SMK N 2 Tabanan,†Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 14, no. 1 (2017): 98.
I M. Suarsana, G.A. Mahayukti, 2013. PENGEMBANGAN E-MODUL BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 2, No. 2, Hal. 264-275.
I Kadek Adi Winaya, I Gede Mahendra Darmawiguna, I Gede Partha Sindu, 2016. PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB KELAS X DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.13, No.2, Hal:198-211.
Ismi Laili, Ganefri , Usmeldi, 2019. EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, JIPP, Volume 3 Nomor 3, hal. 306-315.
J. susilo, dkk. “Pembelajaran Matematika Model Problem Based Learning Berbasis Savi Untuk Mengembangkan Kreativitas Peserta Didikâ€, Journal Of Primary, Education, Volume 1 No. 1 (2012), 113.
Kadek Aris Priyanthi and Dkk, “Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi
Kamarullah, “Pendidikan Matematika di Sekolah Kitaâ€, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, Volume 1, Nomer 1 (Juni 2017), 28-30
Komang Wisnu Baskara Putra, I Made Agus Wirawan, Gede Aditra Pradnyana, 2017. PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN “SISTEM KOMPUTER†UNTUK SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK NEGERI 3 SINGARAJA, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No.1, Hal : 40-49, http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/600
Kunandar, 2011. Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Molenda, M. In search of the ellusive ADDIE model. Pervormance improvement, 42 (5), 34-36. Submitted for publication in A. Kovalchick & K. Dawson, Ed’s, Educational Technologi: An Encyclopedia. Copyright by ABC- Clio, Santa Barbara, CA, 2003. http://www.indian.edu diakses: 23 Maret 2021
Maryam, dkk. “Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIIIâ€, Jurnal Matematika dan dan Pendidikan Matematika, Volume 10. Nomer 1 (Juli 2019), 5-6.
Made Wena, 2012,. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara.
Nanang Priatna, 2009. Karakteristik Matematika dan Siswa Sekolah Dasar, http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196303311988031- NANANG_PRIATNA/Karakteristik_Matematika.pdf , (diakses pada 28 Marer 2021)
Nita Sunarya Herawati, Ali Muhtadi, 2018. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI SMA, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 5, No 2, hal. 180-191, Online: http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp
Nugraha, A., Subarkah, C., & Sari. 2015. Penggunaan E-Module Pembelajaran Pada Konsep Sifat Koligatif Larutan Untuk Mengembangkan Literasi Kimia SIswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 201-204.
Nurulita Imansari, Ina Sunaryantiningsih, 2017. PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA, VOLT, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, Journal homepage: jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT, Vol. 2, No. 1, 11-16
Nyoman Sugihartini, Nyoman Laba Jayanta, 2017. PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol. 14, No. 2, Hal : 221-230 , https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/716
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Punaji Setyosari.2013.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.
Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMKN 3 Singaraja),†Jurnal KARMAPATI 6, no. 1 (2017): 3.
Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2017
Rara Seruni, Siti Munawaroh, Fera Kurniadewi, Muktiningsih Nurjayadi, 2019. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BIOKIMIA PADA MATERI METABOLISME LIPID MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL, JTK: Jurnal Tadris Kimiya 4, 1: 48-56, http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/index
Rizky Esti Utami, Aryo Andri Nugroho, Ida Dwijayanti, & Anton Sukarno, 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 2, No. 2, hal.268-283.
Samhis Setiawan, 2021. Berpikir Kritis : Pengertian, Teknik, Model, Aspek, Unsur, Tabel Berpikir Kritis : Cara, contoh, ciri, kreatif, Guru Pendidikan.com. https://www.gurupendidikan.co.id/berpikir-kritis/
Santi Budiarti, Murbangun Nuswowati, Edy Cahyono, 2016. GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, JISE 5 (2), hal. 144-151, Journal of Innovative Science Education, http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Sri Endang Susetiawati, “Perkembangan Teknologi, Apa Pengaruhnya bagi Pendidikan Sekolah? membangan-teknologi-apa-pengaruhnya-bagi-pendidikan-sekolahonline,https://www.kompasiana.com/srie/5500dd96813311681ffa7eca/per. (Diakses: 10 April 2020).
Siti Fatimah, Sujati, 2008. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Metode Bermain Peran Di Kelas II Sekolah Dasar Negeri Watusigar I Ngawen Gunungkidul, Hal 336
Sri Wahyuni Latif, Irwan Akib, “Mathematical connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Student at SMPN 10 Bulukambaâ€, Jurnal Daya Matematis, Volume 4, Nomer 2 (Juli 2016), 208.
Siti Fatimah, Sujati. “Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Metode Bermain Peran di Kelas II Sekolah Dasar Negeri Watusigari Ngawen Gunung kidul, 336
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.