Perbedaan Komunikasi Ilmiah Siswa Melalui Implementasi Kartu Kuarted

Authors

  • Isnaeni Nur Widiyanti Universitas Pancasakti Tegal
  • Mobinta Kusuma Universitas Pancasakti Tegal
  • Muriani Nur Hayati Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6165

Keywords:

Scientific Communication, Students, Quarted Cards

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan komunikasi ilmiah melalui implementasi kartu kuartet dan respon siswa setelah menggunakan implemtasi kartu kuartet. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain posttest only control grup. Lokasi penelitian ini adalah salah satu sekolah menengah pertama di kramat kabupaten tegal. Metode pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji purposiv sampling, uji intrumen yang meliputi uji validitas teoritis (validitas isi dan konstruk), uji validitas empiris (rasch model), uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji homogenitas), anlaisis uji hipotesis (independen sample t-test) dan analisis kuesioner. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: hasil perbedaan komunikasi ilmiah siswa melalui implementasi kartu kuartet dengan menggunakan independen sample t-test memperoleh yang signifikan yaitu 0,00 < 0,05, dan respon siswa setelah menggunakan kartu kuartet sangat tinggi

 

This study aims to determine the differences in scientific communication through the implementation of quartet cards and student responses after using the implementation of a quartet card. Research conducted using a qualitative approach. This type of research is an experiment with a posttest only control group design. The location of this study is one of the junior high schools in Kramat Tegal. Methods of data collection using tests, questionnaires and documentation. Data analysis techniques used were purposive sampling, instrument testing which included tests of theoretical validity (content and construct validity), empirical validity tests (rasch models), analysis prerequisite tests (normality tests, homogeneity tests), analysis of hypothesis tests (independent sample t- test) and questionnaire analysis. The results of this study state that: the results of differences in scientific communication of students through the implementation of a quartet card using an independent sample t-test obtained a significant of 0.00 <0.05, and the response of students after using a quartet card is very high

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2011. “Media Pembelajaranâ€. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Falahudin, I. 2014. “Pemanfaatan media dalam pembelajaranâ€. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Fauziyah,T.A. 2017. â€Pengembangan Media Permainan Sains Quartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Ketrampilan Berkomunikasiâ€. Pendidikan Sains, 5(02).

Fenti, S., Patonah, S., & Nuroso, H. 2017. “Pengembangan Instrumen Keterampilan Komunikasi Ilmiah dalam Pembelajaran Fisikaâ€. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2).

Nurdyansyah, N. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistemâ€. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Redhana, I. W. 2019. “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimiaâ€. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Scot S.2008. “Perception of Students Learning Critical Thinking through Debate in a Technology†Classroom: A Case Study The Journal of Technology Studies.

Slameto. 2010. “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinyaâ€. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiarti, I. 2012. “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII Mts Ma’arif NU 7 Sawojajar brebes pada Sub Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar “.(Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Sugiyono. 2015. “Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D)â€. Bandung: Alfabeta.

Taufiq, M., Dewi, N. R., & Widiyatmoko, A. 2014. “Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema “konservasi†berpendekatan science-edutainmentâ€. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Umar, N. H. M., Parmin, P., & Wusqo, I. U. 2016. “Pengaruh Media Kartu Pintar Tumbuhan Berbasis Science Edutainment Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa Tema Gerak Tumbuhanâ€. Unnes Science Education Journal, 5(2).

Yaumi, Y. 2017. “Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VIIâ€. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(1).

Downloads

Published

2020-03-14

Issue

Section

Articles