Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Posing Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6089Keywords:
PBL, Problem Posing, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model PBL (Problem Based Learning) dan Problem Posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Metode dalam penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri Bringin 02 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V UPTD SPF SD Negeri Bringin 01 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan treatment dengan model Problem Posing dan kelas kontrol diberikan treatment dengan model Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Uji prasyarat menunjukkan kedua kelas homogen dan berdistribusi normal. Uji T menggunakan uji t Independent Sample Test yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,840Â > 1,998 dan signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan efektivitas yang signifikan. Selanjutnya dilakukan uji normalitas gain yang menunjukkan model Problem Posing lebih efektif dibanding model Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah.
Â
Downloads
References
Aristiyowati, H. (2014). Efektivitas model problem posing menggunakan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V MIN Mlaten Mijen Demak pada materi pengukuran sudut. (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Guntara, I. W., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Negeri Kalibukbuk. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17-27.
Kurniasih, Sani. (2014). Strategi-Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
McMillan, J.H. and Schumacher, S. (2001). Research in Education. New York: Longman, Inc.
Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1-19.
Nazwandi. (2010). Pemecahan Ma-salah dalam Pembelajaran Matematika. Modul Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. FKIP UMS.
Ngalimun. (2013). Strategi Dan Modal Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Nugroho, H. P. (2015). Keefektifan Problem Based Learning Dengan Strategi Problem Posing Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Pemerintah, P. Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.
Polya, G. (1973). How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.
Ruchaedi, D., & Baehaki, I. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses. Jakarta: Prenada Media.
Saptono, B., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2018). Penerapan Motode Pembelajaran
Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pengukuran Sudut Dengan Busur Derajat Siswa Kelas 4 Sdn Barukan 02. Kalam Cendekia Pgsd Kebumen, 6(4.1).
Sintawati, M. (2015). Keefektifan Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY.
Susanti, E. L., Sukestiyarno, Y. L., & Sugiharti, E. (2012). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Metode Problem Posing Berbasis Pendidikan Karakter. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).
Thobroni & Mustofa. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Wahyudi, I. A., & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.