Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV SD

Authors

  • Ulva Amalia Putri Universitas Kristen Satya Wacana
  • Wahyudi Wahyudi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6088

Keywords:

Problem Based Learning, Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan populasi Gugus Kartini di Kecamatan Bergas. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu 28 siswa SDN Bergaskidul 03 sebagai kelas eksperimen menggunakan dengan model PBL dan 21 siswa SDN Bergaskidul 04 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model PS. Teknik pengambilan data yang dilakukan yaitu observasi dan tes. Hasil uji prasyarat menunjukkan data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan analisis uji T menggunakan Independent Sample T-test diperoleh hasil 0,01 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan efektivitas dari kedua model. Tingkat keefektivan kedua model dilihat dari hasil uji N-Gain yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan 0,3714 dalam kategori sedang dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,3052 dalam kategori sedang. Kedua model mengalami peningkatan dalam kategori sedang, namun peningkatan lebih tinggi terjadi pada kelas eksperimen sehingga dapat diketahui bahwa model pembelajaran PBL lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah daripada model PS.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ulva Amalia Putri, Universitas Kristen Satya Wacana

status : mahasiswi PGSD di Universitas Kristen Satya Wacana

References

Abidin.(2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: PT. Grasindo.

Nurhadi. (2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Permendikbud No 22 Tahun 2016

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

UU No. 20 Tahun 2013

Wahyudi dan Anugraheni I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 8(2).

Astuti, W. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta didik Kelas 4. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 159–166. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15349

Astuti, D. A. P., & Slameto, E. W. S. (2018). Pengaruh Penerapan Model Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD. Didaktika Dwija Indria, 6(3).

Faizah, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saimtifik Melalui Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. Jurnal Scholaria, 5(1), 24–38.

Haji, S. (2010). Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Kependidikan Triadik, 5(1412), 1–72

Hidayat A. dan Irawan I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Peserta Didik Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27

Nasir, M. (2016). Penelitian Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Pada Pelajaran Matematika. Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1–19. Retrieved from https://ojs.uniska bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/381.

Ruchaedi, D., Suryadi, D., & Herman, T. (2015). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Peserta didik Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1). https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2792.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VII Di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341.

Downloads

Published

2020-03-14

Issue

Section

Articles