Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6084Keywords:
Inquiry, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan MasalahAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan efektivitas model Inquiry dan Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan populasi sekolah dasar di Gugus Gatot Subroto Kecamatan Ungaran Timur. Teknik pengambilan sampel dengan probabily sampling jenis cluster sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Beji 02 sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Beji 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi dan soal tes uraian. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas Saphiro-Wilk dan uji homogenitas untuk mengetahui perbedaan digunakan statistik parametrik uji T-Test (Independent Samples T-test) dan uji efektivitas dengan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada uji t-test sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Tingkat keefektifan dihitung dengan analisis N-Gain pada model Problem Based Learning sebesar 48,9681% termasuk kategori kurang efektif, sedangkan pada model pembelajaran Inquiry sebesar 38,9476% termasuk kategori tidak efektif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas dalam penerapan model Inquiry dan Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Dengan tingkat efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari model pembelajaran Inquiry.
Downloads
References
Arends, R.I. (2012). Learning To Teach. New York :McGraw-Hill Companies, Inc.
Ariyana, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Astuti, D.A.P.,Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(2), 102-109.
Daryanto & Karim, Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Indarwati, D., Wahyudi W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17-27
Karso, dkk. (2014). Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Komalasari, M.D. (2011). Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan pada Pecahan melalui Penerapan Teori Belajar Bruner pada Siswa Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Keputran A Yogyakarta. Skripsi. UNY.
Nadhifah, G., & Afriansyah, E.A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33-44.
Maarif, Hanafi & Wahyudi. (2015). Eksperimentasi Problem Based Learning dan CIRC dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas 5 SD. Scholaria.5 (2): 97-115.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Slameto. (2012). Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga : Widya Sari Press Salatiga.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wahyudi, I., & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.
Wardani, N.S., & Slameto, A.W.. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.
Litbang Kemendikbud. (2016). Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21 (0nline).(http://litbang.kemendikbud.go.id /index.php.index-berita-kurikulum/234-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21, diakses pada 11 November.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.