Pengaruh STAD Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5779Keywords:
Hasil belajar, STAD, keanekaragaman hayatiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achivement Division berbantuan buku saku terhadap hasil belajar siswa MAN 1 Pontianak di kelas X pada materi keanekaragaman hayati. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebanyak 17,57 sedangkan pada kelas kontrol 16,29. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji U Mann-Whitney  < menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model kooperatif Student Team Achivement Division dengan model konvensional. Nilai Effect size diperoleh sebesar 0,69 dengan kategori sedang, memberikan pengaruh sebesar 25,49%. Disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati.
Downloads
References
Andari, T. (2015). Perbandingan Metode Eksplinsit Instuction dan Student Team Achievement Division Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pokok Bahasan Lingkaran Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Sawahan. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(2), 1-10.
Anjelita, Ria., Syamswisna., & Eka, A. (2018). Pembuatan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(7), 1-13.
Ami, Susantini & Raharjo. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Jurnal Unesa, 1(2), 10-13.
Ardian, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 05(1), 1-13.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Djamarah, S.B. & Zain A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryani, Widodo & Afriani. (2019). Penerapan Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains. Vol 7 (2), 55-64.
Junanto, T. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(1), 90-104.
Khairiyah, Dkk. (2011). Implementasi Lesson Study Menerapkan Model STAD untuk meningkatkan Interaksi, Eksplorasi, dan Motivasi Siswa pada Bahasa Disversi di Kelas XII IPA SMA Negri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 28-37.
Khan, G, N. (2011). Effect of Student’s Team Achivement Division STAD of Achademic Achievement of Student. Journal Asian Social Science, 4(12), 211-215.
Laksita, Suparwoko & Sri.(2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dalam Bentuk Pocket Book pada Materi Alat Optik serta Suhu dan Kalor untuk Kelas X SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 3(1), 14-17.
Lamba. (2006). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 13(2): 122-128.
Nazarudin. (2007). Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep, Karakteristik, Metodelogi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Yogyakarta:Teras.
Nurtanto, S. (2014) Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-13.
Rahmawati, D. (2015) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD Berbantuan Flipbook Terhadap Hasil Belajar Sisw SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(3), 1-12
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sartika, M. (2012). Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA. MA Kelas XI. Jurnal Bioedu, 5(4), 1-14.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sulistyani, D.H.N., Jamzuri, & Raharjo, T.D (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book dan Tanpa Media Pocket Book pada Materi Kinimatika Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 164-171.
Suyono, E. (2016) Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Kooperatif STAD pada Kompetensi Laju Reaksi Kelas XI IPA3 Semester 1 SMAN 1 Polokerto Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 4(1), 49-60.
Sutrisno, L. (2010). Pengambilan Sampel. (Online). (http://www.Scribd.comdo c/-13190444/ meta-analisis-effect –size#scribd.
Tiantong, L & Teemuangsai, S. (2013). Student Team Achievement Divisions (STAD) Technique through the Moodle to Enhance Learning Achievement. Journal International Education Studies, 6 (4), 85-92.
Tran, V.D. (2013). Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Achievement, and Attitudes of Grade 9th Secondary School Students towards Mathematics. Internasional Journal of sciencies. 2 (1), 1-15.
Yani, A & Ningsih, K. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
dalam Mata Kuliah Statistik Dasar pada Program Studi Pendidikan Biologi. Jurnal Matematika dan IPA, 9(1), 31-39.
Zulhartati. (2011). Pembelajaran Kooperatif Model STAD pada Pembelajaran IPS. Jurnal Guru Membangun, 26(2), 1-8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.