Implementasi Concept Mapping Bervisi SETS Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode concept mapping bervisi SETS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest and postest group design. Peta konsep yang digunakan dalam bentuk fill in mapp sehingga peserta didik diminta untuk melengkapi peta konsep yang telah disediakan. Penelitian ini di analisis menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh dari analisis data pretest dan postest menggunakan uji t bahwa terdapat perbedaan antara hasil pretest dan postest dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Sehingga hipotesis pada penelitian dapat diketahui bahwa ditolak dan diterima. ditolak karena hasil uji t menyatakan bahwa ada perbedaan hasil pada pretest dan postest dengan nilai postest lebih tinggi dari pada nilai pretest sehingga hipotesis yang dapat diterima yaitu ada peningkatan hasil belajar dan berpikir kritis peserta didik melalui metode concept mapping bervisi SETS.
This study aims to determine that the SETS vision concept mapping method can improve students' critical thinking skills. This study uses a quantitative approach and this type of research is experimental research. The research design used was the pretest and post-test group design. The concept map used in the fill-in app form so that students are asked to complete the concept map that has been provided. This study was analyzed using t-test. The results obtained from the pretest and post-test data analysis used the t-test that there were differences between the results of the pretest and post-test with a significance value of 0.00 <0.05. So that the hypothesis in the study can be seen that rejected and accepted. rejected because the results of the t-test state that there are differences in the results at the pretest and post-test with the post-test value higher than the pretest value so that the accepted hypothesis is that there is an increase in students' learning and critical thinking through SETS vision concept mapping method.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, W., Ristiati & Widiyanti. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (3)
Dahar. 2011. Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Erlangga. Jakarta
Daryanto & Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Gava Media. Jogjakarta
Gultom & Adam. 2018. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Problem Based Learing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di MTsN Rantau Prapat. Jurnal Pembelajaran dan Biologi
Fakhriyah, F. 2014. Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1), 95-101
Farda,U.J, Binadja,A & Purwanti,E. 2016. Validitas Pengembangan Bahan Ajar IPA Bervisi SETS. Journal Of Primsry Education.
Habibah, U. 2014. Penerapan Concept Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas VII Csemester Gasal SMP Muhammadiyah 2 Surakarta. Prodi Pendidikan Matematika. FKIP. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Hasanah,F & Anwar,S. 2018. How To Develop Student Creativity Through Teaching Materials Of Hydrocarbon SETS-Based. International Conference On Mathematics And Science Education. Universitas Pendidikan Indonesia
Kristaliya, D. 2013. Evektivitas Penggunaan Mind Mapping Dan Concept Map Untuk Pendalaman Materi IPA Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono. FKIP. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Kurniawan. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Cmaptools Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Mempertahankan Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Mempertahankan Retensi Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan
Kusuma, M. 2016. Pengembangan Perangkat Penilaian Peta Konsep Untuk Mengevaluasi Proses Berpikir Pada Topik Animalia. Pancasakti Science Education Journal. 1(1)
Maryani, Sudarisman & Sugiyarto. 2017. Pengembangan Model Integrating Society, Science, Environment, Technologyand Collaborative Mind Mapping (ISSETCM2) Untuk Memberdayakan Literasi Lingkungan. Jurnal Inkuiri
Muzari, I. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan SETS pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 4 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2 (2), 265-275
Mustafa. 2010. Pengurai Variabel Hingga Instrumental.Graha Ilmu. Jakarta
Nugraha, A.J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6 (1), 35-43
Rahayu, S., Hidayat, A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA SMAN 1 Sukawangi Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi
Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-ruz Media. Jogjakarta
Susongko, P. 2017. Penilaian Hasil Belajar. Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal. Kota Tegal
Susongko, P. 2016. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Badan Penerbit Universitas Pancasakti Tegal. Kota Tegal
Taib, NE. 2013. Respon Siswa Terhadap Perangkat Concept Mapping Assesment (CMA) Bervisi SETS. Jurnal Biotik, 1(1), 1-66
Wahyuni, G. 2015. Penerapan Mind Mapping Dengan Multimedia Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Tentang Pesawat Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN 1 Tamanwinangun. FKIP. Universitas Sebelas Maret Surakarta
Wahyuni, S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 5(2), 47-52
Wisudawati, A.W & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara. Jakarta
Yulistiana. 2015. Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS dalam pendidikan Sains. Jurnal Formatif. 5 (1)
Zahara,A & Jair,N. 2009. Penggunaan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Pencapaian Mata Pelajaran Sejarah Bagi Pelajar Tingkat Dua. Jurnal Pendidikan Malaysia. 34.(1)
Article Metrics
Abstract has been read : 808 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v7i2.5295
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats