Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan TaRL pada Siswa Kelas XI Teknik 2

Authors

  • Fenny Rofiatul Khofifah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Lady Agustina Universitas Muhammadiyah Jember
  • Aniek Susi Rahayu SMAN 1 Jember

Abstract

Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dapat diterapkan pada materi lingkaran dalam matematika dengan mengadaptasi prinsip-prinsip inti Teaching at the Right Level (TaRL) untuk memastikan setiap siswa memahami konsep dasar lingkaran sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. Langkah pertama dalam pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) adalah melakukan penilaian diagnostik untuk menentukan tingkat pemahaman setiap siswa tentang konsep lingkaran. Penelitian ini menginvestigasi implementasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Jember. Studi ini dilakukan dalam dua siklus, dengan fokus pada pemahaman dan partisipasi siswa dalam materi lingkaran. Hasil belajar siswa dievaluasi melalui tes akhir siklus. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dari 30% siswa yang tuntas pada Siklus 1 menjadi 85% pada Siklus 2. Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman terhadap materi, memperlihatkan potensi untuk diterapkan dalam konteks pembelajaran matematika yang lebih luas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-24

Issue

Section

Articles