Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau dari Kemampuan Kognitif

Authors

  • Restu Lusiana Universitas PGRI Madiun
  • Ika Krisdiana Universitas PGRI Madiun
  • Siti Aisyah Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5354

Keywords:

Concept Understanding, Bloom's Taxonomy, Problem Solving, Algebra, Cognitive Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep berdasarkan taksonomi bloom dalam memecahkan masalah aljabar ditinjau dari kemampuan kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Wungu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek dengan kemampuan kognitif tinggi dapat memenuhi semua tahapan pemecahan masalah dan memenuhi semua indikator pemahaman konsep berdasarkan taksonomi bloom. (2) Subjek dengan kemampuan kognitif sedang hanya memenuhi beberapa tahapan pemecahan masalah yang meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan menyelesaikan pemecahan masalah, serta memenuhi beberapa indikator pemahaman konsep yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan analisis. (3) Subjek dengan kemampuan kognitif rendah hanya memenuhi tahapan penyelesaian masalah memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah, serta memenuhi beberapa indikator pemahaman konsep yaitu pengetahuan, pemahaman, dan penerapan.

 

This study aims to describe the understanding of concepts based on bloom's taxonomy in solving algebra problems in terms of cognitive abilities. The research method used is a qualitative approach. The subjects of this study were eighth grade students of SMPN 2 Wungu. Data analysis techniques using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that (1) Subjects with high cognitive abilities can meet all stages of problem solving and meet all indicators of understanding concepts based on bloom taxonomy. (2) Subjects with cognitive abilities are only fulfilling several stages of problem solving which include understanding the problem, planning problem solving, and solving problem solving, as well as fulfilling several indicators of concept understanding namely knowledge, understanding, application, and analysis. (3) Subjects with low cognitive abilities only meet the stages of problem solving, understanding problems and planning problem solving, as well as meeting several indicators of concept understanding, namely knowledge, understanding, and application.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhani, R. A. (2016). Representasi Eksternal Siswa dalam Pemecahan Masalah SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 179–186. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6615

Ardiani, N. F. W., Guna, N. A., & Novitasari, R. (2013). Pembelajaran Tematik Dan Bermakna Dalam Perspektif Revisi Taksonomi Bloom. Satya Widya, 29(2), 93. https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i2.p93-107

Bahar, E. E., Rahman, A., & Minggi, I. (2012). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Limit Fungsi di Satu Titik (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM). Sainsmat, 1(2), 181–190.

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Fitrah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segiempat Siswa Smp. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 51. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp51-70

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2017). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9341

Hidayat, & Maulidiyah, E. C. (2017). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Membilang Benda Sekitar. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2).

Juhanda, I. A. (2014). Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Sekolah Elektronika (BSE) Bilogi SMA. Pengajaran MIPA, 21(1), 61–66.

Ristiana, M., Rati, N., & Yuanita, T. N. H. (2015). Strategi Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Certita pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Siswa Kelas VII A SMP Kristen 02 salatiga. Satya Widya, 31(1), 8–16.

Rohaeti, E. E. (2012). Analisis Pembelajaran Konsep Esensial Matematika Sekolah Menengah Melalui Pendekatan Kontekstual Socrates. Infinity Journal, 1(2), 186.

https://doi.org/10.22460/infinity.v1i2.18

Rosa, F. O. (2017). Eksplorasi Kemampuan Kognitif Siswa Terhadap Kemampuan Memprediksi, Mengobservasi, dan Menjelaskan Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 5(2), 111–118.

Santia, I. (2015). Representasi Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 365–381. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.505

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yunita, A. (2014). Pengaruh Metode Stratagem Melalui Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Ta’dib, 17(1), 25–36.

Downloads

Published

2018-09-08

Issue

Section

Articles