Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Pemahaman Pelajar Pada Materi Teorema Phytagoras

Authors

  • Miranda A.H Yantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Sumarno Ismail Universitas Negeri Gorontalo
  • Bertu Rianto Takaendengan Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v12i2.20509

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Teorema Phytagoras

Abstract

Inovasi proses pembelajaran dalam penggunaan media yang kurang mempengaruhi pemahaman pelajar pada materi yang membutuhkan visualisasi. Riset berikut bertujuan guna menciptakan produk seperti media pembelajaran berbasiskan android yang valid dan efektif pada pokok bahasan teorema phytagoras yang bernama “The Jungle Of Phytagorasâ€. Media ini dikembangkan dengan 5 tahapan prosedur pengembangan model ADDIE yakni (Analysis, Design, Development, Implementation, serta Evaluation). Media berikut memperoleh presentase rata-rata penilaian yang diperoleh melalui 3 validator media senilai 87% dan dari 3 validator materi sebesar 87% yang ada pada kualifikasi sangat layak. Hasil respon media ini memperoleh presentase rata-rata perolehan skor dari respon guru matematika kelas VIII MTs. Al-Mubarak Marisa sebesar 90% dan respon dari 18 pelajar kelas VIII-C MTs. Al-Mubarak Marisa sebesar 90% yang ada pada kualifikasi sangat baik. Bersumber hasil analisis riset bisa ditarik simpulan bahwasanya pembelajaran melalui android berikut sudah sesuai kualifikasi keefektifan dan kelayakan dengan begitu layak dipakai pada pembelajaran dan efektif serta mampu menunjang pelajar dalam memahami materi teorema phytagoras

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Rineka Cipta.

Halid, R., Ismail, S., Achmad, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Penalaran Pada Materi Bangun Ruang Prisma. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4 (2), 76-89.

Harahap, A. W., & D, H. (2019). Optimalisasi Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(1), 1–9.

Hasan, M. E. W., Majid, N., & Takaendengan, B. R. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 1 Bonepantai. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3105-3115.

Hasanah, R. U. (2019). Efektivitas Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Geometris Pelajar Kelas VIII. AXIOM, 8(1), 50–63.

Khuzaini, N., & Yogo Sulistyo, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan adobe flash cs6 pada materi segiempat dan segitiga. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 178–183.

Larassaty, O., Susanta, A., & Koto, I. (2021). Pengembangan Media Berbasis Android Berbantuan Aplikasi iSpring Suite pada Pembelajaran Matematika untuk Pelajar Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 190–197.

Maulana, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Platform Android Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Hidup ( K3Lh ) Pada Program Studi Ketenagalistrikan Untuk Materials for Students of Electrical Power Study Program of. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika, 7(2), 197–207.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pelajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18.

Pangestu, Y. S., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Pytha Fun untuk Teorema Pythagoras SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 113–125.

Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Pelajar pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2660-2672.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan pelajar dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Supardi. (2015). Hasil Belajar Matematika Pelajar Ditinjau dari Interaksi Tes Formatif Uraian dan Kecerdasan Emosional. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 78–96.

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal Of Mathematics Education, 1(2), 59-74.

Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal Of Mathematics Education, 1(1), 21–31.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal IKA, 11(1), 12–26.

Umar, U. (2014). MEDIA PENDIDIKAN: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 131–144.

Yusuf, A. A., Bito, N., Nurwan, N., & Zakaria, P. 2022. Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Pelajar pada Materi Teorema Pythagoras. Jambura Journal Of Mathematics Education, 3(1), 10–17.

Zain, ahmad arifin, & Pratiwi, W. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Tematik Kelas V SD. Elementary School, 8(1), 75–81.

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles