Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Game Edukasi Berbasis Wordwall

Authors

  • Wike Ardiyani Universitas PGRI Palembang
  • Rohana Rohana Universitas PGRI Palembang
  • Nugroho Notosusanto Arhon Dhony Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Game Edukasi Wordwall, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media game edukasi berbasis wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen True- Eksperimental dengan desain Posttest-Only control. Populasi peneitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 100 palembang. Sampel yang digunakan yaitu kelas eksperimen IV.A dan kelas kontrol IV.B yang dipilih secara acak kelas. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2024 semester genap. Teknik pengumpulan data melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang sudah memenuhi kelayakan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest kelas Eksperimen 81,77 dan kelas kontrol 67,88 yang menunjukan adanya selisih antara kedua kelas tersebut.  Berdasarkan dari hasil uji coba hipotesis independent sample t-test didapatkan nilai signifikansi 0,000 < α (α = 0,05) dengan demikian Ho ditolak hal tersebut dapat membuktikan bahwa media game edukasi berbasis Wordwall dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN 100 Palembang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akuba, S. F., Purnamasari, D., & Firdaus, R. (2020). Pengaruh Kemampuan Penalaran, Efikasi Diri dan Kemampuan Memecahkan Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 44–27. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2827

Annizar, A. M., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39–55. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1688

Apreasta, L., Amril, U., & Dwi, Y. (2019). Pengembangan E-Lkpd Berbantu Situs Word Wall Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 8 Subtema 2 Di Kelas Iii Sdn 146/Viii Rejosari Kabupaten Tebo. Consilium Journal : Journal Education and Counseling, 253–261. https://unars.ac.id/ojs/index.php/consilium/article/view/3250

Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 499–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669

Fathirmaruf. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Flash Sebagai Sarana Belajar Siswa PAUD. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 143–147. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.68

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 93–97.

Hardani, Helmina, A., Jumari, U., Evi, U. F., Roushandy, F. A., Dhika, S. J., & Nur, A. H. (2022). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu.

Harsanti, D. W., & Lathifah, R. M. (2023). Pengaruh Penerapan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023, 125–132.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. Klaten :Tahta Media Group.

Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85–88. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/840

Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225–235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140–147. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika Teori dan Contoh Praktik. Lombok:Duta Pustaka Ilmu.

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616

Prahesty, L. E., & Zumrotun, E. (2023). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 2859–2868.

Riadi, E. (2016). Statistik Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS. Yogyakarta:Andi Yogyakarta.

Sari, M. Y., Rohana, & Ningsih, Y. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Negeri 28 Palembang. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(2), 92–102. https://doi.org/10.31540/jpp.v13i2.611

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Plus Minus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Syarifuddin Rahman, M., Zaid, M., B, G., & Rustinah. (2024). Pengaruh Media Wordwall Dan Motivasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Strategis Siswa. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(2), 13–21. https://doi.org/10.38114/dwq2fe78

Tambunan, H. (2021). Belanajr online dlm peningkatan literasi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 70–76.

Umar, U., Hyiasratuddin, H., & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan MasalahMatematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3402–3416. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1884

Yulianti, A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1),527–533.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it edu/article/view/38272

Downloads

Published

2024-09-30

Issue

Section

Articles