Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi pada Konsep Luas Bangun Datar Segi Empat Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.18382Keywords:
Media Pembelajaran Interaktfi, Konsep Luas, Bangun Datar, Segi EmpatAbstract
Penyelesaian luas bangun datar segi empat cendrung hanya mengandalkan kemampuan menghafal siswa dan dalam penyempaianya masih bersifat satu arah serta belum memuat penyampaian konsep luas bangun datar segi empat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif berorientasi pada konsep luas bangun datar segi empat kelas VII SMP melalui tahapan pengembangan model Borg and Gall dengan tujuan dapat menyelesaiakan masalah tersebut. Melalui tahapan Borg and Gall dihasilkan media pembelajaran interaktif dengan hasil analisis pada tahap uji ahli dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi memperoleh rata-rata persentase berturut turut 84,8% dan 96% yang dikategorikan “sangat layakâ€. Selanjutnya dari hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase 83% kriteria sangat baik. Selanjutnya pada tahap uji coba lapangan utama diperoleh dari hasil guru dan siswa dengan rata-rata persentase sebesar 96% dan 91% yang dikategorikan sangat baik, pada penelitian ini dilakukan uji keefektifan media berdasarkan penyelesaian quiz dengan rata rata yang diperoleh siswa yaitu 88,7% sehingga media pembelajaran dalam penelitian ini dikatakan layak dari segi kevalidan, keprektisan dan keefektifan untuk dapat diimplementasikan atau digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas. harus jelas, ringkas, dan deskriptif.
Downloads
References
Amiroh. 2020. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva
Arikunto, S. (2018). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.
Diu, Arianto A., Abdul Djabar Mohidin, and Nursiya Bito. 2020. “Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung.†1(2):83–89. doi: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613.
Dwi Susanti, Weni, and S. Suripah. 2021. “Efektivitas Website Sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring.†Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika 11(01):73–83. doi: https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608.
Effendi, Hansi, and Yeka Hendriyani. 2016. “Pengembangan Model Blended Learning Interaktif Dengan Prosedur Borg and Gall.†International Seminar on Education (ISE) 2nd (October 2018):62–70. doi: 10.31227/osf.io/zfajx.
Fajarwati, Maharani Ika, and Sony Irianto. 2021. “Pengembangan Media Animaker Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas SD UMP.†EL- Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar 5:1–11.
Harahap, Maymuna, Abdul Mujib, and Amanda Syahri Nasution. 2022. “Pengembangan Media Uno Math Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar.†2(1):209–17.
Kadir, Indriany A., Tedy Machmud, and Kartin Usman. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga.†Jambura: Journal of Mathematics Education 3(2):128–38. doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.16388.
Kurniawati, Inung Diah, and Sekreningsih- Nita. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.†DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 1(2):68–75. doi: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.
Lestiana, and Rini Kurniasih. 2016. “Alat Peraga Konsep Luas Bangun Data.†PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 36–43.
Maulana, Lukni. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Platform Android Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Hidup ( K3LH ) Pada Program Studi Ketenagalistrikan Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.†E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta 7(2):188–207.
Muliati, Muliati, Akmal Hamsa, and Usman Usman. 2021. “Perbandingan Hasil Penggunaan Media Audio Visual Dengan Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur.†Indonesian Journal of Social and Educational Studies 2(1):33–38. doi: 10.26858/ijses.v2i1.21844.
Purba, Harja Santana, Muhammad Drajad, and Andi Ichsan Mahardika. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Fungsi Kuadrat Dengan Metode Drill and Practice.†EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 9(2):131–46. doi: 10.20527/edumat.v9i2.11785.
Ramdhani, Sendi. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Luas Bidang Datar Berbasis Perangkat Lunak Geogebra.†JES-MAT 3(2):95–110.
Saputra, Rahmat, Septyani Thalia, and Tria Gustiningsi. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar.†Jurnal Pendidikan Matematika 14(1):67–80. doi: 10.22342/jpm.14.1.6794.67-80.
Tamu, Suhardiman Darson, Evi Hulukati, and Ismail Djakaria. 2020. “Pengembangan Modul Dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional Pada Materi Dimensi Tiga.†Jambura Journal of Mathematics Education 1(1):21–31. doi: 10.34312/jmathedu.v1i1.4558.
Tatang Aditya, Prihayuda. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII.†Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi 15(1):64–74.
Usman, Prasetyo, Lailany Yahya, Nursiya Bito, and Bertu Rianto Takaendengan. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia Pada Materi Kerucut.†3(2):100–106. doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.10.
Wardani, Krisma Widi, and Danang Setyadi. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas Dan Keliling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(1):73–84. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.