Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi pada Konsep Luas Bangun Datar Segi Empat Kelas VII SMP

Authors

  • Yulistia Mohamad Universitas Negeri Gorontalo
  • Sumarno Ismail Universitas Negeri Gorontalo
  • Nancy Katili Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.18382

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktfi, Konsep Luas, Bangun Datar, Segi Empat

Abstract

Penyelesaian luas bangun datar segi empat cendrung hanya mengandalkan kemampuan menghafal siswa dan dalam penyempaianya masih bersifat satu arah serta belum memuat penyampaian konsep luas bangun datar segi empat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan media pembelajaran interaktif berorientasi pada konsep luas bangun datar segi empat kelas VII SMP melalui tahapan pengembangan model Borg and Gall dengan tujuan dapat menyelesaiakan masalah tersebut. Melalui tahapan Borg and Gall dihasilkan media pembelajaran interaktif dengan hasil analisis pada tahap uji ahli dengan hasil validasi ahli media dan ahli materi memperoleh rata-rata persentase berturut turut 84,8% dan 96% yang dikategorikan “sangat layakâ€. Selanjutnya dari hasil uji coba skala kecil diperoleh persentase 83% kriteria sangat baik. Selanjutnya pada tahap uji coba lapangan utama diperoleh dari hasil guru dan siswa dengan rata-rata persentase sebesar 96% dan 91% yang dikategorikan sangat baik, pada penelitian ini dilakukan uji keefektifan media berdasarkan penyelesaian quiz dengan rata rata yang diperoleh siswa yaitu 88,7% sehingga media pembelajaran dalam penelitian  ini dikatakan layak dari segi kevalidan, keprektisan dan keefektifan untuk dapat diimplementasikan atau digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas. harus jelas, ringkas, dan deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiroh. 2020. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva

Arikunto, S. (2018). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.

Diu, Arianto A., Abdul Djabar Mohidin, and Nursiya Bito. 2020. “Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung.†1(2):83–89. doi: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613.

Dwi Susanti, Weni, and S. Suripah. 2021. “Efektivitas Website Sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring.†Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika 11(01):73–83. doi: https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608.

Effendi, Hansi, and Yeka Hendriyani. 2016. “Pengembangan Model Blended Learning Interaktif Dengan Prosedur Borg and Gall.†International Seminar on Education (ISE) 2nd (October 2018):62–70. doi: 10.31227/osf.io/zfajx.

Fajarwati, Maharani Ika, and Sony Irianto. 2021. “Pengembangan Media Animaker Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas SD UMP.†EL- Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar 5:1–11.

Harahap, Maymuna, Abdul Mujib, and Amanda Syahri Nasution. 2022. “Pengembangan Media Uno Math Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar.†2(1):209–17.

Kadir, Indriany A., Tedy Machmud, and Kartin Usman. 2022. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga.†Jambura: Journal of Mathematics Education 3(2):128–38. doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.16388.

Kurniawati, Inung Diah, and Sekreningsih- Nita. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa.†DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology 1(2):68–75. doi: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540.

Lestiana, and Rini Kurniasih. 2016. “Alat Peraga Konsep Luas Bangun Data.†PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 36–43.

Maulana, Lukni. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Platform Android Keselamatan Kesehatan Kerja Dan Lingkungan Hidup ( K3LH ) Pada Program Studi Ketenagalistrikan Untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.†E-Journal Universitas Negeri Yogyakarta 7(2):188–207.

Muliati, Muliati, Akmal Hamsa, and Usman Usman. 2021. “Perbandingan Hasil Penggunaan Media Audio Visual Dengan Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur.†Indonesian Journal of Social and Educational Studies 2(1):33–38. doi: 10.26858/ijses.v2i1.21844.

Purba, Harja Santana, Muhammad Drajad, and Andi Ichsan Mahardika. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Fungsi Kuadrat Dengan Metode Drill and Practice.†EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 9(2):131–46. doi: 10.20527/edumat.v9i2.11785.

Ramdhani, Sendi. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Luas Bidang Datar Berbasis Perangkat Lunak Geogebra.†JES-MAT 3(2):95–110.

Saputra, Rahmat, Septyani Thalia, and Tria Gustiningsi. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar.†Jurnal Pendidikan Matematika 14(1):67–80. doi: 10.22342/jpm.14.1.6794.67-80.

Tamu, Suhardiman Darson, Evi Hulukati, and Ismail Djakaria. 2020. “Pengembangan Modul Dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional Pada Materi Dimensi Tiga.†Jambura Journal of Mathematics Education 1(1):21–31. doi: 10.34312/jmathedu.v1i1.4558.

Tatang Aditya, Prihayuda. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII.†Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi 15(1):64–74.

Usman, Prasetyo, Lailany Yahya, Nursiya Bito, and Bertu Rianto Takaendengan. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia Pada Materi Kerucut.†3(2):100–106. doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.10.

Wardani, Krisma Widi, and Danang Setyadi. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas Dan Keliling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.†Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(1):73–84. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles