PROFIL PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM MENGAPLIKASIKAN METODE PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINIER

Restu Lusiana

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar mahasiswa
memahami pengaplikasian metode penyelesaian sistem persamaan linier.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik
pengambilan subyek dilakukan dengan cara memberikan tes kemampuan
kognitif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh
berdasarkan hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan serta verifikasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini
dengan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Mahasiswa kategori
tinggi menunjukkan bahwa mahasiswa berkecenderungan memiliki
pemahaman yang baik saat mengaplikasikan metode dalam menyelesaikan
masalah sistem persamaan linier. Mahasiswa dapat memberikan penjelasan
penyelesaian masalah dengan tepat, (2) Mahasiswa kategori sedang
menunjukkan bahwa mahasiswa berkecenderungan memiliki pemahaman
yang cukup baik saat mengaplikasikan metode dalam menyelesaikan masalah
sistem persamaan linier. Secara umum mahasiswa dapat memberikan
penjelasan penyelesaian masalah, tetapi belum tepat, dan (3) Mahasiswa
kategori rendah menunjukkan bahwa mahasiswa berkecenderungan memiliki
pemahaman yang kurang baik saat mengaplikasikan metode dalam
menyelesaikan masalah sistem persamaan linier. Secara umum mahasiswa
tidak dapat memberikan penjelasan dalam penyelesaian masalah dengan
tepat.


Keywords


Pemahaman Mahasiswa; Mengaplikasikan; Metode Penyelesaian; Sistem Persamaan Linier

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 366 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v3i2.182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats