Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pembelajaran CERDAS Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP Negeri Daerah Kotabunan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade, W., Hulukati, E., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika
Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Madrasah Aliyah
Al-Falah Limboto Barat. Jambura Journal Of Mathematics Education, 3(1), 57-62.
Asmil, A. D., & Hasrul, H. (2020). Studi Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran (Set Induction and Closure Skills) oleh Guru PPKn di SMP N 25 Padang. Journal of Civic Education, 3(3), 350–359. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.385
Achdiani, Y., & Rusliyani, A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga, 5(2), 34–43. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/teknobuga.v5i2.15368
Damayanti, T., Takaendengan, B. R., Kobandaha, P. E., & Gombah, W. (2023). Digital Natives Preferences in How to Learn Mathematics: A Qualitative Study of Preservice Mathematics Teachers. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 75–80. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.19287
Hasan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Materi Uang Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sosa. Jurnal Misi, 3(2), 8-14.
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13-20.
Hirzi, R. H., Gazali, M., Hayati, N., Basirun, B., & Satriawan, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 215-221.
Ibrahim, H., Majid, M., & Oroh, F. A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning
terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1657-1668.
Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.
Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).
Pauweni, K. A., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra d i Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2660-2672.
P. I. Sulistiyono, P. Zakaria, K. Usman, and A. W. Abdullah, “Deskripsi Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo,” Laplace J. Pendidik. Mat., Vol 4, no. 2, pp. 226-233, Oct. 2021, doi: 10.31537/laplace.v4i2.556.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). “Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60
Puspaningtyas, D., N. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika.
Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24-30.
Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi: Jurnal Diklat
Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 5(1), 100-111.
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32.
Uno, H. B., Panjaitan, K., & Yahiji, K. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran (T. Pedasoi (ed.)). I deas Publishing.
Zakaria, P., Kaluku, A., & Rontos, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika dalam Menerapkan Proses Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning). Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10003
Article Metrics
Abstract has been read : 321 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats