Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Pembelajaran CERDAS Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP Negeri Daerah Kotabunan

Sri Rezeki Lasambu, Perry Zakaria, Franky Alfrits Oroh

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media pembelajaran Celemek Bangun Ruang Sisi Datar (CERDAS). Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri Daerah Kotabunan pada tahun ajaran 2021-2022 semester genap. Penelitian dilaksanakan dengan melibatkan 21 siswa dan seorang guru sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa dan tes hasil belajar. Penelitian ini berlangsung dengan 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 71,43% menjadi 92,86%. Selanjutnya hasil pengamatan siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik juga maningkat dari 71,43% menjadi 92,86%. Untuk hasil belajar mengalami peningkatan yaitu 71,43% menjadi 85,71%. Semua aspek penilaian telah mencapai indikator keberhasilan belajar pada siklus II dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe “STAD” berbantuan media pembelajaran “CERDAS”.

Keywords


Hasil Belajar; CERDAS; STAD; Bangun Ruang Sisi Datat

Full Text:

PDF

References


Ade, W., Hulukati, E., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika

Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Madrasah Aliyah

Al-Falah Limboto Barat. Jambura Journal Of Mathematics Education, 3(1), 57-62.

Asmil, A. D., & Hasrul, H. (2020). Studi Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran (Set Induction and Closure Skills) oleh Guru PPKn di SMP N 25 Padang. Journal of Civic Education, 3(3), 350–359. https://doi.org/10.24036/jce.v3i3.385

Achdiani, Y., & Rusliyani, A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga, 5(2), 34–43. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/teknobuga.v5i2.15368

Damayanti, T., Takaendengan, B. R., Kobandaha, P. E., & Gombah, W. (2023). Digital Natives Preferences in How to Learn Mathematics: A Qualitative Study of Preservice Mathematics Teachers. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 75–80. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i1.19287

Hasan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Materi Uang Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sosa. Jurnal Misi, 3(2), 8-14.

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13-20.

Hirzi, R. H., Gazali, M., Hayati, N., Basirun, B., & Satriawan, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(2), 215-221.

Ibrahim, H., Majid, M., & Oroh, F. A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning

terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bonepantai. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1657-1668.

Komariyah, S., Fatmala, A., & Laili, N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Pauweni, K. A., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra d i Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2660-2672.

P. I. Sulistiyono, P. Zakaria, K. Usman, and A. W. Abdullah, “Deskripsi Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo,” Laplace J. Pendidik. Mat., Vol 4, no. 2, pp. 226-233, Oct. 2021, doi: 10.31537/laplace.v4i2.556.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). “Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60

Puspaningtyas, D., N. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika.

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 24-30.

Rosyidi, A. M. (2017). Model dan Strategi Pembelajaran Diklat. Andragogi: Jurnal Diklat

Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 5(1), 100-111.

Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–32.

Uno, H. B., Panjaitan, K., & Yahiji, K. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran (T. Pedasoi (ed.)). I deas Publishing.

Zakaria, P., Kaluku, A., & Rontos, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika dalam Menerapkan Proses Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning). Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10003


Article Metrics

Abstract has been read : 321 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats