Pengaruh Penerapan Multiple Intelligences dengan Model PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v5i1.1785Keywords:
Multiple intelligences, Pemahaman konsep, Kemampuan berpikir kreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil sebelum dan sesudah pembelajaran IPA dengan menerapkan multiple intelligences dengan model Problem Based Learning dan besar pengaruh penerapan multiple intelligences dengan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA baik terhadap pemahaman konsep, maupun terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP N 1 Sentolo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo pada semester kedua Tahun ajaran 2013/2014.. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, teknik angket digunakan untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan siswa, dan teknik tes digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan Bunyi sebelum dan sesuadah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan multiple intelligences dengan model problem based learning dalam pembelajaran IPA baik terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan berpikir kreatif. Hal ini ditunjukan dari perolehan hasil analisis uji hipotesis paired sample t tes bahwa nilai Sig.(2.tailed) yang diperoleh sebesar 0,000. Selain itu, berdasarkan nilai effect size meemberikan informasi bahwa penerapan multiple intelligences dengan model PBL dalam pembelajaran IPA memberikan pengaruh yang tinggi. Hal ini ditunjukan dari nilai effect size sebesar 2,39 untuk pengaruh penerapan multiple intelligences terhadap pemahaman konsep, dan 4,4 untuk pengaruh penerapan multiple intelligences terhadap pemahaman konsep.
Downloads
References
Abdulkader, F.A., Gundogdu, K., Eissa, M.A,. (2009). The Effectiveness of A Multiple Intelligences Based Program on Improving Certain Reading Skills in 5th Year Primary Learning Disabled Students [versi elektronik]. Electronic Journal Of Research And Educational Psychology, 7(3), ISSN : 1696-2095. Halaman 673-690
Arends, R. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Purnamaningrum, Arifah, dkk. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 [versi elektronik]. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 4, Nomor 3 September 2012 Halaman 39-51
Barbara. J. Duch, Susan. E. Groh, and Deborah. E. Allen. (2001). The Power of Problem Based Learning a Practical “How To†for Teaching Underdraguate Courses in Any Discipline. Virginia. Stylus Publishing
Bas, G & Beyhan, O. (2010). Effects of Multiple Intelligences Supported Project Based Learning on Students Achievement Levels and Attitudes towards English Lesson [versi elektronik]. International Electonic Journal of Elementary Education, Vol 2, Issue 3. Halaman 365-385
Rose, Collin and Nicholl, J..Malcolm.. (1999). Accelerated Learning for The 21st Century. Bandung. Nuansa
Semiawan, Conny. (2009). Kreativitas Keberbakatan. Jakarta. Macanan Jaya Cemerlang
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22, tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
DePorter, Bobbi and Hernacki, Mike. (1999). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung. Kaifa
Gregory. J. Robert. (2007). Psychological Testing: History, Prinsiple, and Aplication. USA. Pearson Educ
Julia, Jasmine. (2007). Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung. Nuansa
Puspitasari. Laksmi, Santosa. Slamet, & Harlita. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 [versi elektronik]. Jurnal Bioedukasi Vol 5 No 2 Tahun 2012, 1693-2654. Halaman 61-72
Chatib, M. (2011). Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung. Kaifa Mizan Pustaka
________. (2011). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung. Kaifa
Oon Tan Seng. (2009). Problem Based Learning and Creativity. Singapore. Cengange Learning
Soeparno, P. (2004). Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah Cara Menerapkan Teori Multiple Intellegences Howard Gardner. Yogyakarta. Kanisius
Sugiharti, Piping. (2005). Penerapan Teori Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Fisika. Diambil pada tanggal 1 Juli 2013, dari 202.147.254.252/files/29-42 penerapan%20teori%20 multiple%20 intelligence%20dalam%20pembelajaran%fisika.pdf
Tanti.P.D.M., Santosa. Slamet , Sajidan. (2011). Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Metode Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Biologi Siswa Kelas XI-A3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali [versi elektronik] . Jurnal Pendidikan Biologi Volume 3, Nomor 3 September 2011 Halaman 103-111
Munandar. Utami. (1987). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Penuntun Bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta. Gramedia
Setiyowati, Sukisno, Mindyarto. (2009). Pengajaran Gelombang Elektromagnetik Menggunakan Pendekatan Teori Intelegensi Ganda Untuk Siswa Kelas X SMA [versi elektronik]. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 5 Tahun 2009, 1693-124, halaman 20-25
Xie, J. & Lin, R. (2009). Research on Multiple Intelligences Teaching and Assessment [versi elektronik]. Asian Journal of Management and Humanity Sciences, Vol 4, No 2-3. Halaman 106-124.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.