Pengaruh Penerapan Multiple Intelligences dengan Model PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • Kartika Gita Septiana Universitas Negeri Yogyakarta
  • Jaslin Ikhsan Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v5i1.1785

Keywords:

Multiple intelligences, Pemahaman konsep, Kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil sebelum dan sesudah pembelajaran IPA dengan menerapkan multiple intelligences dengan model Problem Based Learning dan besar pengaruh penerapan multiple intelligences dengan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA baik terhadap pemahaman konsep, maupun terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP N 1 Sentolo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sentolo pada semester kedua Tahun ajaran 2013/2014.. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, teknik angket digunakan untuk mengetahui kecenderungan kecerdasan siswa, dan teknik tes digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif pada pokok bahasan Bunyi sebelum dan sesuadah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t-test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan multiple intelligences dengan model problem based learning dalam pembelajaran IPA baik terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan berpikir kreatif. Hal ini ditunjukan dari perolehan hasil analisis uji hipotesis paired sample t tes bahwa nilai Sig.(2.tailed) yang diperoleh sebesar 0,000. Selain itu, berdasarkan nilai effect size meemberikan informasi bahwa penerapan multiple intelligences dengan model PBL dalam pembelajaran IPA memberikan pengaruh yang tinggi. Hal ini ditunjukan dari nilai effect size sebesar 2,39 untuk pengaruh penerapan multiple intelligences terhadap pemahaman konsep, dan 4,4 untuk pengaruh penerapan multiple intelligences terhadap pemahaman konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulkader, F.A., Gundogdu, K., Eissa, M.A,. (2009). The Effectiveness of A Multiple Intelligences Based Program on Improving Certain Reading Skills in 5th Year Primary Learning Disabled Students [versi elektronik]. Electronic Journal Of Research And Educational Psychology, 7(3), ISSN : 1696-2095. Halaman 673-690

Arends, R. (2008). Learning To Teach. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Purnamaningrum, Arifah, dkk. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 [versi elektronik]. Jurnal Pendidikan Biologi Volume 4, Nomor 3 September 2012 Halaman 39-51

Barbara. J. Duch, Susan. E. Groh, and Deborah. E. Allen. (2001). The Power of Problem Based Learning a Practical “How To†for Teaching Underdraguate Courses in Any Discipline. Virginia. Stylus Publishing

Bas, G & Beyhan, O. (2010). Effects of Multiple Intelligences Supported Project Based Learning on Students Achievement Levels and Attitudes towards English Lesson [versi elektronik]. International Electonic Journal of Elementary Education, Vol 2, Issue 3. Halaman 365-385

Rose, Collin and Nicholl, J..Malcolm.. (1999). Accelerated Learning for The 21st Century. Bandung. Nuansa

Semiawan, Conny. (2009). Kreativitas Keberbakatan. Jakarta. Macanan Jaya Cemerlang

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22, tahun 2006. Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

DePorter, Bobbi and Hernacki, Mike. (1999). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung. Kaifa

Gregory. J. Robert. (2007). Psychological Testing: History, Prinsiple, and Aplication. USA. Pearson Educ

Julia, Jasmine. (2007). Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences. Bandung. Nuansa

Puspitasari. Laksmi, Santosa. Slamet, & Harlita. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA N 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 [versi elektronik]. Jurnal Bioedukasi Vol 5 No 2 Tahun 2012, 1693-2654. Halaman 61-72

Chatib, M. (2011). Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung. Kaifa Mizan Pustaka

________. (2011). Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung. Kaifa

Oon Tan Seng. (2009). Problem Based Learning and Creativity. Singapore. Cengange Learning

Soeparno, P. (2004). Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah Cara Menerapkan Teori Multiple Intellegences Howard Gardner. Yogyakarta. Kanisius

Sugiharti, Piping. (2005). Penerapan Teori Multiple Intelligences Dalam Pembelajaran Fisika. Diambil pada tanggal 1 Juli 2013, dari 202.147.254.252/files/29-42 penerapan%20teori%20 multiple%20 intelligence%20dalam%20pembelajaran%fisika.pdf

Tanti.P.D.M., Santosa. Slamet , Sajidan. (2011). Penerapan Pembelajaran Aktif (Active Learning) Dengan Metode Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Biologi Siswa Kelas XI-A3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali [versi elektronik] . Jurnal Pendidikan Biologi Volume 3, Nomor 3 September 2011 Halaman 103-111

Munandar. Utami. (1987). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah: Penuntun Bagi Guru dan Orang Tua. Jakarta. Gramedia

Setiyowati, Sukisno, Mindyarto. (2009). Pengajaran Gelombang Elektromagnetik Menggunakan Pendekatan Teori Intelegensi Ganda Untuk Siswa Kelas X SMA [versi elektronik]. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol 5 Tahun 2009, 1693-124, halaman 20-25

Xie, J. & Lin, R. (2009). Research on Multiple Intelligences Teaching and Assessment [versi elektronik]. Asian Journal of Management and Humanity Sciences, Vol 4, No 2-3. Halaman 106-124.

Downloads

Published

2017-11-02

Issue

Section

Articles