Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Bagi Siswa yang Mengalami Hambatan Belajar Matematika

Authors

  • Lisaiha Rodiyya Basori SMAN 1 Turi
  • Jailani Jailani Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v5i1.1784

Keywords:

Perangkat pembelajaran, Belajar, Hambatan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X bagi siswa yang mengalami hambatan belajar dalam pembelajaran matematika, dan (2) mendefinisikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan aspek: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Semmel, D.S. dan Semmel, M.I. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X bagi siswa yang mengalami hambatan belajar dalam pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, yang ditunjukkan oleh klasifikasi secara kualitatif adalah “sangat baik†untuk dosen ahli 1 serta “cukup†untuk dosen ahli 2; praktis, yang ditunjukkan oleh hasil penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori “sangat baik†untuk RPP dan “baik†untuk LKS, hasil penilaian kepraktisan oleh siswa yaitu berada pada kategori “baikâ€, dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guru dan siswa di atas 90%; dan efektif ditinjau dari hasil tes akhir siswa dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 70,58%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arjmandnia, A. A., & Kakabaraee, K. (2011). The investigation of parents’ attitude toward inclusive education for slow learners [Versi Elektronik]. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, Volume: 2.

Benassi, V. A., Overson, C. E., & Hakala, C. M. [Ed.]. (2014). Applying science of learning in education: Infusing psychological science into the curriculum. Diambil pada tanggal 11 Maret 2017 dari the Society for the Teaching of Psychology website: http://teachpsych.org/ebooks/asle2014/index.php.

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. [Ed.] (1999). How people learn, brain, mind, experience, and school, expanded edition. Washington DC: National Academy Press.

Brantingler, E. A. (Ed.). (2006). Who benefits from special education? (fixing) remediating other people’s children. London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Brown, R. (1999). Philosophy of mathematics, a contemporary introduction to the world of proofs and pictures, second edition. New York: Routledge.

Butcher, C., Davies, C. & Highton, M. (2006). Designing learning from module outline to effective teaching. New York: Routledge.

Fink, L. D. (2003). Creating significant learning experiences, an integrated approach to designing college courses. San Fransisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint

Hasratuddin. (2008). Permasalahan pembelajaran matematika sekolah dan alternatif pemecahannya [Versi Elektronik]. Jurnal Pythagoras, 4 (1), 67-73.

Hott, B. L., Isabell, L., & Montani, T. O. (2014). Strategies and interventions to support students with mathematics disabilities [Versi Elektronik]. Journal Of Council for Learning Disabilities.

Kemendikbud. (2016). Lampiran 16 Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SMA/MA/SMK/MAK.

Marsigit., Rizkianto, I., & Murdiyani, N. M. (2014). Filsafat matematika. Yogyakarta: UNY Press.

Mundia, L. (2012). The assessment of math learning difficulties in a primary grade-4 child with high support needs: mixed methods approach [Versi Elektronik]. International Electronic Journal of Elementary Education.

NCERT (National Council of Educational Research and Training). (2006). Position paper national focus group on teaching of mathematics. New Delhi: National Council of Educational Research and Training.

Rumasoreng, M. I. & Sugiman (2014). Analisis kesulitan matematika siswa SMA/MA dalam menyelesaikan soal setara UN di Kabupaten Maluku Tengah [Versi Elektronik]. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (1), 22-34.

Sadidah, Ai & Wijaya, Aryadi (2006). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap untuk siswa berkebutuhan khusus berorientasi pada minat dan prestasi belajar. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Seifert, K., & Sutton, R. (2009). Educational psychology, second edition. Zurich: The Saylor Foundation.

Tambychik, T. & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ difficulties in mathematics problem-solving: what do they say? [Versi Elektronik]. Procedia Social and Behavioral Sciences 8 (2010) 142–151.

Thiagarajan, S. Smmel, D. S., & Smmel, M. I. (1974). Instructional development for teacher of exceptional children. Blomington: Indiana University.

Wigner, E. (1960). The unreasonable effectivenss of mathematics in the natural sciences [Versi Elektronik]. Communications in Pure and Applied Mathematics, Vol. 13, No. I.

Downloads

Published

2017-11-02

Issue

Section

Articles