Korelasi Phobia Matematika Dengan Prestasi Belajar Matematika

Authors

  • Ika Wirahmad STKIP Bima
  • Edi Mulyadin STKIP Bima

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16605

Keywords:

Phobia Matematika, Prestasi Belajar matematika

Abstract

Matematika merupakan hasil buah pikir manusia dari proses penalaran deduktif yang tesusun secara hierarki dengan konsep-konsep yang abstrak. Keabstrakannya ini merupakan penguat bahwa matematika itu memiliki ciri-ciri atau karakteristik sendiri. Sarana dalam mengkaji keilmuan, untuk menunjang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, diperlukan peranan Matematika, pelajaran matematika di sekolah-sekolah dari tingkat dasar sampai pada tingkat perguruan tinggi, perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh. Dalam pengajaran matematika banyak sekali faktor-faktor yang menghambat prestasi belajar siswa, adapun salah faktornya adalah faktor dari dalam siswa, dapat berupa kondisi fisiologis ataupun psikologis misalnya percaya diri dan rasa cemas (phobia). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Korelasi phobia matematika dengan prestasi belajar matematika dan untuk mengetahui seberapa besar peran phobia matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bima tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan datanya dengan teknik angket phobia matematika dan tes presatsi belajar matematika. Sedangkan data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik diperoleh nilai (r statistiknya) = 0,796 dan  = 0,334. ini menunjukkan bahwa nilai lebih besar dari . Karena  lebih besar dari  .  Kesimpulannya terdapat hubungan antara phobia matematika dengan prestasi belajar matematika .  Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) 5% dengan db = N-2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamura, F., Murtafiah, W., & Budiyanti, W. O. (2022, January). Development of Example non Example Learning Devices with Visual Thinking Approach in the Set Material of 7th Grade SMP. In 2nd International Conference on Education and Technology (ICETECH 2021) (pp. 296-300). Atlantis Press.

Ahmad, S. R. (2016). Pengaruh math phobia, self-efficacy, adversity quotient dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 259-272.

Ardyanti, A., Romandoni, H. R., unzila Mushofiroh, U., Setiono, Z. A., & Darmadi, D. (2022). Mengulas Filosofi Alas Ketonggo Srigati (Petilasan Prabu Brawijaya V) di Desa Babadan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi (Kajian Filosofi dan Nilai Budaya). Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 731-737.

Astuti, M. D., Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Active Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Self-Efficacy. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 552-564.

Az-Zahra, R. A., Murtafiah, W., & Sanusi, S. (2022, August). Efektivitas model pembelajaran take and give dengan media kartu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas xi di smk pgri wonoasri ditinjau dari motivasi belajar. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 238-245).

Budiarto, K. D., Adamura, F., & Susanti, V. D. (2022). ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL SELIMUT TABUNG DITINJAU DARI LOGICAL-MATHEMATICAL INTELLIGENCE. Prosiding SNasPPM, 7(1), 596-600.

Davison, G.C., Neale, J.M., et al. 2004. Abnormal Psichology, Ninth Edition. USA. John Wiley&Sons, Inc

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas

Fachmi, R. F. N., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2022, August). Profil kemampuan 4C siswa pada pembelajaran matematika di SMPN 10 Madiun. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 369-378).

Fitriani, A. R., Bima, I. A., Istiyan, N., Nofisari, P., Munawar, R. A., & Darmadi, D. (2022). MENGGALI SEJARAH MONUMEN KRESEK SEBAGAI SAKSI PERISTIWA G-30S-PKI DI MADIUN BERDASARKAN RISET SEJARAH DI LINGKUNGAN SEKITAR. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 42-45.

Masynuah, I. H., Susanti, V. D., & Suprapto, E. (2022, August). Efektivitas Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan media e-book interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 901-905).

Murtafiah, W., Anggreni, R. D., Masfingatin, T., Lukitasari, M., Lestari, N. D. S., & Kholid, M. N. (2022, July). Profile of student problem-solving ability based on ethnomathematics of Ngawi culture on geometry topics. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2479, No. 1). AIP Publishing.

Rahmawati, P., Adamura, F., & Apriandi, D. (2022, August). Pengembangan liveworksheet terintegrasi pendekatan STEM pada materi bangun ruang kubus dan balok. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1111-1117).

Sadock,Benjamin james dan Sadock, Virginia Alcott. (2010). Gangguan ansietas. Dalam : Kaplan & Sadock buku ajar psikiatri klinis. Ed Ke- 2. EGC : Jakarta. Hal 230-233

Seodjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikti depdikbud

Siregar, M. A. P., & Lisma, E. (2018). Pengaruh Rasa Cemas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 28 Medan. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(2).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprapto, E., Krisdiana, I., Apriandi, D., & Yuanawati, F. R. (2023). Development of Steam-C Integrated Student Worksheets to Improve Creative Thinking Ability on Flat Side Building Materials. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 549-564.

Susanti, V. D., & Damayanti, A. (2022). Pengembangan video pembelajaran animasi berbasis animaker materi garis dan sudut untuk meningkatkan minat belajar siswa SMPN 1 Geger di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 331-341.

Susanti, V. D., Suprapto, E., & Wardani, Y. A. (2022). Development Of Android-Based Edutainment Game Learning Media On Phytagoras Theorem For Junior High School Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3931-3942.

Widyawati, I. O., Susanti, V. D., & Masfingatin, T. (2022). Analysis of Students' Mathematical Communication Ability in SPLDV Materials in terms of Verbal Linguistic Intelligence. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2).

Wihartati, W. 2011. “Psikologi Abnormalâ€, Modul (Tidak diterbitkan), Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang

Downloads

Published

2023-06-09

Issue

Section

Articles