Korelasi Phobia Matematika Dengan Prestasi Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16605Keywords:
Phobia Matematika, Prestasi Belajar matematikaAbstract
Matematika merupakan hasil buah pikir manusia dari proses penalaran deduktif yang tesusun secara hierarki dengan konsep-konsep yang abstrak. Keabstrakannya ini merupakan penguat bahwa matematika itu memiliki ciri-ciri atau karakteristik sendiri. Sarana dalam mengkaji keilmuan, untuk menunjang penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, diperlukan peranan Matematika, pelajaran matematika di sekolah-sekolah dari tingkat dasar sampai pada tingkat perguruan tinggi, perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh. Dalam pengajaran matematika banyak sekali faktor-faktor yang menghambat prestasi belajar siswa, adapun salah faktornya adalah faktor dari dalam siswa, dapat berupa kondisi fisiologis ataupun psikologis misalnya percaya diri dan rasa cemas (phobia). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Korelasi phobia matematika dengan prestasi belajar matematika dan untuk mengetahui seberapa besar peran phobia matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 15 Kota Bima tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan datanya dengan teknik angket phobia matematika dan tes presatsi belajar matematika. Sedangkan data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik diperoleh nilai (r statistiknya) = 0,796 dan  = 0,334. ini menunjukkan bahwa nilai lebih besar dari . Karena  lebih besar dari  . Kesimpulannya terdapat hubungan antara phobia matematika dengan prestasi belajar matematika . Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) 5% dengan db = N-2.
Downloads
References
Adamura, F., Murtafiah, W., & Budiyanti, W. O. (2022, January). Development of Example non Example Learning Devices with Visual Thinking Approach in the Set Material of 7th Grade SMP. In 2nd International Conference on Education and Technology (ICETECH 2021) (pp. 296-300). Atlantis Press.
Ahmad, S. R. (2016). Pengaruh math phobia, self-efficacy, adversity quotient dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 259-272.
Ardyanti, A., Romandoni, H. R., unzila Mushofiroh, U., Setiono, Z. A., & Darmadi, D. (2022). Mengulas Filosofi Alas Ketonggo Srigati (Petilasan Prabu Brawijaya V) di Desa Babadan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi (Kajian Filosofi dan Nilai Budaya). Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 731-737.
Astuti, M. D., Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Active Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Self-Efficacy. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 552-564.
Az-Zahra, R. A., Murtafiah, W., & Sanusi, S. (2022, August). Efektivitas model pembelajaran take and give dengan media kartu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas xi di smk pgri wonoasri ditinjau dari motivasi belajar. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 238-245).
Budiarto, K. D., Adamura, F., & Susanti, V. D. (2022). ANALISIS PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL SELIMUT TABUNG DITINJAU DARI LOGICAL-MATHEMATICAL INTELLIGENCE. Prosiding SNasPPM, 7(1), 596-600.
Davison, G.C., Neale, J.M., et al. 2004. Abnormal Psichology, Ninth Edition. USA. John Wiley&Sons, Inc
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Jakarta: Terbitan Depdiknas
Fachmi, R. F. N., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2022, August). Profil kemampuan 4C siswa pada pembelajaran matematika di SMPN 10 Madiun. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 369-378).
Fitriani, A. R., Bima, I. A., Istiyan, N., Nofisari, P., Munawar, R. A., & Darmadi, D. (2022). MENGGALI SEJARAH MONUMEN KRESEK SEBAGAI SAKSI PERISTIWA G-30S-PKI DI MADIUN BERDASARKAN RISET SEJARAH DI LINGKUNGAN SEKITAR. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 5(1), 42-45.
Masynuah, I. H., Susanti, V. D., & Suprapto, E. (2022, August). Efektivitas Model Eliciting Activities (MEAs) berbantuan media e-book interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 901-905).
Murtafiah, W., Anggreni, R. D., Masfingatin, T., Lukitasari, M., Lestari, N. D. S., & Kholid, M. N. (2022, July). Profile of student problem-solving ability based on ethnomathematics of Ngawi culture on geometry topics. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2479, No. 1). AIP Publishing.
Rahmawati, P., Adamura, F., & Apriandi, D. (2022, August). Pengembangan liveworksheet terintegrasi pendekatan STEM pada materi bangun ruang kubus dan balok. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1111-1117).
Sadock,Benjamin james dan Sadock, Virginia Alcott. (2010). Gangguan ansietas. Dalam : Kaplan & Sadock buku ajar psikiatri klinis. Ed Ke- 2. EGC : Jakarta. Hal 230-233
Seodjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. Jakarta: Ditjen Dikti depdikbud
Siregar, M. A. P., & Lisma, E. (2018). Pengaruh Rasa Cemas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 28 Medan. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(2).
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprapto, E., Krisdiana, I., Apriandi, D., & Yuanawati, F. R. (2023). Development of Steam-C Integrated Student Worksheets to Improve Creative Thinking Ability on Flat Side Building Materials. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 549-564.
Susanti, V. D., & Damayanti, A. (2022). Pengembangan video pembelajaran animasi berbasis animaker materi garis dan sudut untuk meningkatkan minat belajar siswa SMPN 1 Geger di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 331-341.
Susanti, V. D., Suprapto, E., & Wardani, Y. A. (2022). Development Of Android-Based Edutainment Game Learning Media On Phytagoras Theorem For Junior High School Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3931-3942.
Widyawati, I. O., Susanti, V. D., & Masfingatin, T. (2022). Analysis of Students' Mathematical Communication Ability in SPLDV Materials in terms of Verbal Linguistic Intelligence. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2).
Wihartati, W. 2011. “Psikologi Abnormalâ€, Modul (Tidak diterbitkan), Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.