Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP Negeri 3 Satap Tabongo

Merri M Numberi, Abdul Djabar Mohidin, Franky Alfrits Oroh, Majid Majid

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satap Tabongo yang dimana analisis terhadap soal yang diberikan. Sampel yang terdapat dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Teknik yang digunakan dengan memberikan soal tes uraian  relasi dan fungsi pada sisiwa sehingga dari jawaban siswa tersebut akan dianalisis berdasarkan indicator kemampuan pemecahan masalah. Untuk mengukur bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa digunakan 4 indicator, antara lain: (1) kemampuan mengidentifikasi masalah, (2) kemampuan merencanakan penyelesaian masalah, (3) kemampuan penyelesaian masalah, (4) kemampuan memeriksa kembali jawaban. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah masih  tergolong pada kategori cukup dengan persentase 48,34%. Selanjutnya untuk hasil setiap indicator juga tergolong pada kategori cukup karena mencapai persentase masing-masing 54,33%, 48,17%, 40,47%, 41,67%.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; relasi dan fungsi

Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Annizar, A. M. R., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA pada Topik Geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39-55.

Badu, Q. S., 2015. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematika Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Facuity of Natural Science And Mathematic

Chairani, Z. 2016. Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika.Yogyakarta: Deepublish

Herawati, A.S. 2014. Konstruksi Konsep Relasi dan Fungsi dalam Sistem Gui Matlab. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.2

Heris Dkk. 2018. Hard skills and soft skills matematika peserta didik. Bandung: Refika Adiatama

Ira Fitria Rahayu, Indrie Noor Aini. 2021. Analisa Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pada Materi Bilangan Bulatan. Karawang: Volume 8 No. 2

Lancher dalam Hartono Y. 2014. Matematika: Strategi Pemecahan Masalah Yogyakarta: Graha Ilmu

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi Pola Bilangan. Journal on Education, 1(2), 156–162

Rambe, A., & Afri, L. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187.

Machmud, T. (2009). Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Problem Posing. INOVASI, Volume 6, Nomor4,ISSN:1693-9034

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128–135. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958.https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069 Abstrak:

Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tahir, N. N., Ismail, S., Oroh, F. A., Zakaria, P., Usman, K., 2022. Analisis Kemampuan Pemanhaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Multimedia Game Petualangan Dalam Limas Berbasis Mobile Learning di SMP Negeri 1 Tilango. Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, Vol 10, No. 1

Rahman F.I, Pomalato S, Mohidin D.A. (2018). Analiisis Pemahaman Kontseptual Dan Keemampuan Preosedural Matemawtika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa di SMP Negeri 1 Pinogaluman. Jurnal Pascasarjana, Vol. 3, No.1

Pauweni, Khardiyawan A.Y, Efendi Moh, Iskandar B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi

Zulkarnain. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Formatif

Zakiyah S, Usman K. (2021). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika melalui pembelajaran Daring Pada Materi Persamaan Kuadrat. Jambura J. Match. Educc. 5(2)


Article Metrics

Abstract has been read : 537 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats