Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 03 Bailangu
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16360Keywords:
Media Animasi, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media animasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 03 Bailangu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 03 Bailangu. Medote penelitian yang digunakan metode ekperimen (One-Group pretest-Posttest Design). Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IVb yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik analisis data berbentuk deskriptif kuantitatif menghitung dengan statistik. Teknik analisis data adalah tes dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui hasil belajar siswa, kemudian hasil tes akan dianalisis oleh peneliti guna mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan oleh peneliti didapat nilai rata-rata pretest siswa adalah 68 sedangkan rata-rata nilai posttest siswa adalah 80,75. Dilihat dari uji-t yang menyatakan thitung ≥ ttabel atau 12,55 ≥ 1,672. Yang berarti Ho ditolak Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 03 Bailangu.
Downloads
References
Adhi, W. N. (2021). Analisis Instrumen Assesmen Unjuk Kerja Pada Pembelajaran PJOK Di Sekolah Dasar Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, Volume 4, Nomor 2.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.
Dewi, A. K., Masfingatin, T., & Lusiana, R. (2022, August). Kemampuan penalaran kreatif matematis siswa dalam penyelesaian soal tipe PISA. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 891-900).
Fajarsari, A. P., Krisdiana, I., & Masfingatin, T. (2022). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GEGER. UNEJ e-Proceeding, 434-440.
Hamalik, O. (2017). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Iskandar, H. (2017). Energi Di Sekitarku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Paket A Setara SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Melasevix, E., Krisdiana, I., Apriandi, D., & Suprapto, E. (2022, August). Pengembangan bahan ajar berbasis STEAM-C pada materi bangun ruang sisi datar. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 830-838).
Moh.Sufiyanto, I. (2020). Pembelajaran IPA SD/MI. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Mudjiono, D. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mulyadi, R. (2018). Animasi 2D Dan 3D. Yudhistira.
Munandar, H. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sman 5 Mataram Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, Volume 4, Nomor 1.
Permendikbud, N. 57. (2014). Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar.
Rini. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Tari Dikelas VII SMP Negeri 26 Palembang. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.
Saadah, A. M., Masfingatin, T., & Astuti, I. P. (2022, August). Kemampuan matematisasi siswa dalam menyelesaikan soal tipe PISA konten change and relationship. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 724-732).
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelltian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyowati, T. A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Tentang Pembentukan Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Singgowangi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2.
Susanto. (2019). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tilazaro, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Yogyakarta: Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2.
Wahyuningtyas Rizky, S. B. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jawa Tengah : Jurnal Basicedu, Vol.2 No.1.
Wardani, A. E., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022, August). Pengembangan Modul Digital Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1096-1103).
Yuwanita, V. E., Andari, T., & Astuti, I. P. (2022). Analisis tingkat metakognisi siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan matematika pada siswa SMP kelas VIII. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1432-1448.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.