Etnomatematika pada Rumah Bersejarah Peninggalan Belanda di Desa Ragung Kecamatan Pangarengan
Abstract
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Agustina, Z. F., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022). Analysis of Mathematics Communication Capabilities in Linear Program Problem Solving during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 519-528.
Ambardi, W. N., Gembong, S., & Krisdiana, I. (2022, August). Analisis pemahaman konseptual siswa mengenai volume prisma segitiga ditinjau dari gender. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 277-286).
Astuti, M. D., Apriandi, D., & Krisdiana, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Active Learning terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Self-Efficacy. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 552-564.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of
D'Ambrosio, U. (2001). What is ethnomathematics , and how can it help children in schools ?
Dhofir, D. H., Nisa, S., & Zayyadi, M. (2019). Loteng (Selodor Bhanteng): Media nostalgia dalam menanamkan konsep matematika pada anak Madura. Jurnal Elemen, 5(2), 220-230.
Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13-26
Hamzah, F. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Sholikhah, O. H. (2022). Efektivitas Model Group Investigation dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas X SMKN 1 Wonoasri. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 40-54.
Hasanah, S. I., Hafsi, A. R., & Zayyadi, M. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika dalam membangun pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 10(2), 183-191.
Indriyarti, L 2017. Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang .MI. Jurnal Ilmiah Ilmiah “Pendidikan Dasar” IV (1) : 21-31
Indriyarti, L 2017. Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang .MI. Jurnal Ilmiah Ilmiah “Pendidikan Dasar” IV (1) : 21-31
Latifa, A. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Malawi, I. (2022). Pengembangan Media Manipulatif Puzzle Game pada Materi Kombinasi Permutasi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1457-1466.
Maharani, A., & Maulidia, S. (2018). Etnomatematika Dalam Rumah Adat Panjalin.
mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44-48.
Nisa, K., Rusmana, I. M., & Ahmad, D. N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Rumah Kebaya Betawi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8.
Nuralia, L. (2017). Struktur Sosial pada Rumah Pejabat Tinggi Perkebunan Zaman Hindia Belanda di Jawa Bagian Barat. Kapata Arkeologi, 1-20.
Pasuruan
Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1-8.
Rahmawati, P., Adamura, F., & Apriandi, D. (2022, August). Pengembangan liveworksheet terintegrasi pendekatan STEM pada materi bangun ruang kubus dan balok. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1111-1117).
Soekiman,D., 2000, Kebudayaan Indis dan Gaya Hidup Masyarakat Pendukungnya di Jawa; Penerbit Bentang, Yogyakarta , tanpa tahun. Buku Selayang Pandang Kota
Sukada, Budi A. (2002). Kemunculan Gaya Hindia Baru. In Tjahjono Gunawan (Ed.), Indonesian
Sukiman, Djoko. (2000). Kebudayaan Indis dan Gaya Hidup Masyarakat Pendukungnya di Jawa (Abad XVIII - Medio Abad XX). Jogjakarta: Bentang Budaya.
Suprapto, E., Krisdiana, I., Apriandi, D., & Yuanawati, F. R. (2023). Development of Steam-C Integrated Student Worksheets to Improve Creative Thinking Ability on Flat Side Building Materials. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 549-564.
Teaching Children Mathematics, 7(6), 308–311
Tylor, E. B. (2016). Primitive Culture Volume I (Dover Thrift Editions). New York, NY: Dover Publications.
Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020).Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13-26.
Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020).
WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 224-235.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013, November). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1).
Wardani, A. E., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022, August). Pengembangan Modul Digital Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1096-1103).
Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40.
Zayyadi, M. (2019). Etnomatematika Budaya Madura (Budaya Madura dan Matematika) (Vol. 128). Duta Media Publishing.
Zayyadi, M., Hasanah, S. I., & Surahmi, E. (2018). Ethnomatematics Exploration in Traditional Games As A Form Of Student’Social Interaction. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 125-132.
Article Metrics
Abstract has been read : 293 timesUntitled file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats