Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Aljabar
Abstract
Penelitian ini bertujuan melihat peningakatan hasil belajar matematis siswa dalam materi operasi bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Kabila. Instrumen digunakan untuk penelitian ini yaitu lembar obesrvasi kegiatan guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematis siswa meningkat setiap siklusnya. Hasil observasi observasi guru siklus I 75,16% meningkat 93,33% di siklus II. Hasil observasi siswa siklus I 70,83% meningkat 91,66% pada siklus II. Selanjutnya, Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I dari 67,86% meningkat 89,29%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning bisa meningkatkan hasil belajar matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, Z. F., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022). Analysis of Mathematics Communication Capabilities in Linear Program Problem Solving during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 519-528.
Bito, N., & Lokiman, R. (2020). Pengaruh Penerapan Multimedia Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP), 1–12.
Fachmi, R. F. N., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2022, August). Profil kemampuan 4C siswa pada pembelajaran matematika di SMPN 10 Madiun. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 369-378).
Latifa, A. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Malawi, I. (2022). Pengembangan Media Manipulatif Puzzle Game pada Materi Kombinasi Permutasi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1457-1466.
Muhsam, J., Saputra, N., Muhammadiyah Kupang, U., & Al-Hilal Sigli, S. (2022). Penerapan Pendekatan Exploratory Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Mis Al-Fitrah Kota Kupang. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education PENERAPAN PENDEKATAN EXPLORATORY DISCOVERY, 3(2), 43–51.
Murtafi'ah, W., Delia, R. C., & Suprapto, E. (2022, September). Analysis of student representation ability in solving HOTS questions review from self efficacy. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2633, No. 1). AIP Publishing.
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1732.81-88
Oktaviani, W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 5–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.137
Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250
Rahmawati, P., Adamura, F., & Apriandi, D. (2022, August). Pengembangan liveworksheet terintegrasi pendekatan STEM pada materi bangun ruang kubus dan balok. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1111-1117).
Ristyaningsih, D., Abbas, N., & Alfrits Oroh, F. (2021). Pengaruh Model Poblem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Belah Ketupat Dan Layang-Layang. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 127–138.
Rohmawati, L. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87–92.
Saputri, A. T., Suprapto, E., & Maharani, S. (2022). Students’ error analysis in solving contextual problem of flat-sided geometry based on nolting’s theory depends on gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(1), 84-92.
Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik Dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (Pbl) Berbantuan Geogebra Di Smp. Prisma, 8(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438
Setiyawan, H., & Hasti Yunianta, T. N. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 162. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3859
Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 29–35.
Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53. https://bit.ly/2MXn3xs
Une, D. F., Hulukati, E., Ismail, Y., Abdullah, A. W., & Usman, K. (2022). Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Kemampuan Kognitif Matematika Pada Materi Lingkaran di SMP Negeri 2 Limboto. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 54–60. https://doi.org/10.55657/rmns.v1i1.38
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematik Serta Self-Efficacy Siswa Sma. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 647. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p647-656
Article Metrics
Abstract has been read : 920 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15916
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats