Pengembangan E-Modul Berbasis Edutainment pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15740Keywords:
Pengembangan, E-Modul, Edutainment, Sistem Peredaran DarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan e-modul berbasis edutainment pada materi sistem peredaaran darah manusia kelas v yang memenuhi kriteria valid, layak, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analisis, design, development dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa V di salah satu Sekolah Dasar Negeri Kota Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas, angket respon siswa, serta tes hasil belajar IPA. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai dari tampilan media, penyajian materi dan pengunaan bahasa, Untuk kriteria kelayakan didapatkan dari angket respon siswa. Sedangkan, kriteria keefektifan didapat dari tes hasil belajar siswa. Berdasarkan angket validasi dari tim ahli diperoleh skor persentase 83,10% dengan kategori sangat valid. Angket kelayakan dilihat dari keseluruhan siswa diperoleh skor persentase 94,2% dengan kategori sangat layak. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor 94,7% yang diperoleh dari tes hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah manusia dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, hasil yang dikembangkan oleh peneliti bahwa e-modul yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, layak dan efektif.
Downloads
References
Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. 3(2), 78–90.
Agustina, Z. F., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022). Analysis of Mathematics Communication Capabilities in Linear Program Problem Solving during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 519-528.
Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35–46
Akdon, R. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.
Ali, K. M. (2020). Media Pembelajaran.Rafah Press UIN Raden Patah Palembang.
Amallia, Z. R. N., Palupi, W., & Syamsudin, M. M. (2020). Penerapan Metode Edutainment untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2), 211–221.
Andi, P. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Armalena. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(1), 89–100.
Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 434–442.
Az-Zahra, R. A., Murtafiah, W., & Sanusi, S. (2022, August). Efektivitas model pembelajaran take and give dengan media kartu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas xi di smk pgri wonoasri ditinjau dari motivasi belajar. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 238-245).
Fadlillah, M. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.
Feriyanti, N. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika untuk Siswa SD. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.
Hasbiyati, H., & Laila, K. 2017. Penerapan Media EBook Bereksistensi EPUB untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1).
Irnamawati. (2020). Bahan Ajar Kelas 5 SD.
Ismulyati, S., Khaldun, I., & Munzir, S. (2015). Pengembangan Modul dengan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 230–238.
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1148.
Krisdiana, I., Ismarisa, A., & Fachmi, R. F. N. (2022). Pelatihan Pembuatan Branding Pada Usaha Krupuk Puli “Sopo Nyono†Ngepeh Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas PHB Vol, 5(4).
Krismayanti, Y. R. & Sudibyo, E. 2021. Efektivitas Penggunaan Modul IPA dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VIII MTSN 2 Kota Kediri. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, Vol. 9, No. 2, Hal 227-233.
Leha, E., & Nisa, K. (2020). Pengembangan E-Modul Sistem Peredaran Darah pada Manusia Berbasis Multiple Intelligence untuk Kelas IX SMP. Prosiding Seminar Nasional Ikip Budi Utomo, 392–400. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prosidinghttps://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1064
Maharcika, A. A. M., N.K.Suarni, & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker untuk Subtema Pekerjaan di Sekitarku Kelas IV SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, d5(2), 165–174.
Masdi, H., & Pratama, A. R. (2022). Pengembangan E-Modul Edutainment-Sway Pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 78–84.
Muttaqin, I., Widiaty, I., & Rinekasari, N. R. (2020). Pengembangan Modul Digital Berbasis Self- determined Learning Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Pekerjaan Sosial di SMKN 15 Bandung. Family Edu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 6(1), 47–57.
Nadiroh, U. A. (2021). Organ dan Cara Kerja Sistem Peredaran Darah Manusia, Materi Tema 4 Kelas 5 SD MI Subtema 1 2 3. Kabar Lumajang. https://kabarlumajang.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-421476065/organ-dan-cara-kerja-sistem-peredaran-darah-manusia-materi-tema-4-kelas-5-sd-mi-subtema-1-2-3
Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 40.
Puspitasari, Y. (2019). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas Vi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Media Interaktif. Proceeding of Biology Education, 3(1), 84–93.
Putri, H., Zafri, & Ofianto. (2019). Pengembangan modul berbasis edutainment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Jurnal Halaqah, 1(1), 32–44.
Raisah, N., Setyawati, R., Riuddani, A. L., & Afifah, F. N. N. (2021). Pengembangan E-Modul Funteach Berbasis Edutainment Meningkatkan Information Communication and Technology Guru Sekolah Dasar. Jurnal EPISTEMA, 2(02), 113–121.
Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167.
Rosalina, V. A., Gembong, S., & Maharani, S. (2022, August). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah deret geometri berdasarkan gaya belajar siswa. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 257-266).
Santoso. (2018). Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ). Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–68.
Saputri, A. T., Suprapto, E., & Maharani, S. (2022). Students’ error analysis in solving contextual problem of flat-sided geometry based on nolting’s theory depends on gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(1), 84-92.
Sari, T. A. (2019). Pengembangan Media Bongkar Pasang Tiga Dimensi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 7(2), 2685–2694.
Septora, R. (2017). Pengembangan modul dengan menggunakan pendekatan saintifik pada kelas X sekolah menengah atas. Jurnal Lentera, 2(1), 86–98. http://dx.doi.org/10.24127/jlplppm.v2i1.494
Shodiqin, R. (2016). Pembelajaran Berbasis Edutainment. Jurnal Al-Maqoyis, IV(1), 36–52.
Shodiqin, R. 2016. Pembelajaran Berbasis Edutainment. Jurnal Al-Maqoyis edisi I Vol. IV, hal 36 – 52.
Sholeh, H. (2011), Metode edutaiment. Jogjakarta
Siagian, S. P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sitepu, J. M. 2019. Pembelajaran Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. The Progressive and Fun Education Semina ISBN: 978-602-361-045-7.
Subekti, F. E., & Untarti, R. 2017. Pengembangan Modul Aplikasi Komputer Penelitian Berbasis Pemecahan Masalah dan Kontekstual. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4, 10–18
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Sukarna, I. (2021). Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 4, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Organ Peredaran Tubuh? Bobo.Id. https://bobo.grid.id/read/082939034/cari-jawaban-kelas-5-sd-tema-4-bagaimana-cara-menjaga-kesehatan-organ-peredaran-tubuh?page=all
Sukiman. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran. Pustaka Insan Madani.
Susilawati, C. L., Suyanto, & Gufron, A. (2021). Edutainment-Based Learning Model with Powerpoint Media Enhancing Students ’ Learning Motivation. International Journal of Elementary Education, 5(3), 409–415.
Syaifuddin. (2013). Anatomi Fisiologi: Kurikulum Berbasis Komprehensif untuk Keperawatan dan Bidan. EGC.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Trianto. (2020). Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam dan Pembelajaranya. Bumi Aksara.
Triyanto, T. (2015). Pengantar Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Wanabuliandari, S. & Ardianti, S. D. 2018. Pengaruh Modul E-Jas Edutainmentterhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,Vol. 8 No. 1, Hal: 70-79.
Wijayanti, N. A., & Khikmiyah, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Edutainment Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP. Didaktika, 22(2), 99–109.
Yerimadesi , Ananda Putra, R. 2017. Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan(JEP), 1, 18–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.