Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan di SMP Negeri 3 Gorontalo

Majid Majid, Faradila Gumilangit, Novianita Achmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang ditinjaudari gaya kognitif. Untuk metode yang diterapkan yaitu metode deskritif kaulitatif. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa maka digunakan tes dan wawancara kepapa siswa, dimana untuk tes yang dugunakan adalah tes Geft (Group Embedded figure Test). Hasil tes yang dilakukan dan fakta yang terjadi dilapangan hasil pekerjaan siswa dapat di kategorikan menjadi 3 yaitu tinggi, sedang dan rendah. Berdasarkan hasil perolehan data rata-rata kemampuan berpikir kretif yang berkategori sedang yaitu dengan presentase 56,52% atau sebanyak 7 dari 23 jumlah siswa. Dimana untuk jumlah presentase berkategori tinggi sebesar 30,43% atau sebanyak 7 siswa, sedangkan untuk berkategorikan rendah hanya sebesar 13,04% yakni sebanyak 3 siswa. Kemudian dari ditinjau dari gaya kognitif yang meliputi 2 aspek yakni kategori Field Dependent (FD) yang memiliki nilai rata-rata 8 dengan presentase sebesar 21,74%. Sedangkan untuk siswa yang termasuk pada kategori Field Independent (FI) ada sebanyak 18 siswa dan mempunyai skor rata-rata 14,389 dengan presentase yaitu sebesar 78,26%. Sehingga kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang ditinjau dari gaya kognitif dengan uji tes GEFT, yakni dengan jumlah besar siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif pada aspek/kategori Field Independent (FI).


Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif; Gaya Kognitif

Full Text:

PDF

References


Anggraini, J. R., Gembong, S., & Murtafiah, W. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Pada Siswa SMP Berbasis Etnomatematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1027-1033.

Arsyad, R. N., Pomalato, S. W. D., Abbas, N., & Achmad, N. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 48-56.

Bassey, Sam. W & Umoren, Grace. 2009. Cognitive Styles, Secondary School Students’ Attitude and Academic Performance in Chemistry in Akwa Ibom State-Nigeria.

Bogdan , R., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education: an introduction to theories and methods (5th ed). Pearson A & B.

Dewi, S. (2020). Proses Kontruksi Pengetahuan SiswaDitinjauDari Gaya Kognitif Field Dependent Pada Pelajaran Matematika Di SMA Negeri 8 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 55-64.

Fadilah Rahmah dan Bernard Martin (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual materi kekongruenan dan kesebangunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol 4, No. 4

H. Amka. 2019. Filsafat Pendidikan. Sidoarjo: Penerbit Nizamia Learning Center.

Hassoubah, Zaleha Izhab. 2008. Mengasah pikiran Kreatif dan Kritis. Nuansa. Bandung.

Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128-138.

Kue, H. A., Badu, S. Q., Resmawan, R., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah Tolangohula. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 39-46.

Lenawati, I. P., Murtafiah, W., & Sanusi, S. (2022, September). How are students’ higher order thinking skills (HOTS) in mathematical problem solving viewed from the ability to understand mathematical concepts?. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2633, No. 1). AIP Publishing.

Manoppo, R., Pomalato, S. W. D., Zakiyah, S., & Puloo, M. M. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segiempat. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 93-99.

Mukminah, M. (2019). Analisis number sense siswa MTs Nurul Hakim kelas VII ditinjau dari gaya kognitif tipe field dependent dan field independent (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Ningsih, P. R. (2012). Profil berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya kognitif. Gamanika, 2(2).

Putri Finda Fathiyah, 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan field dependent. Skipsi, UNMUH Jember.

Safitri, A., Gembong, S., & Murtafiah, W. (2022, August). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Dalam Memecahkan Masalah SPLDV Ditinjau dari Brain Dominance. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 267-276).

Surya, Muhammad. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susanti, V. D., & Damayanti, A. (2022). Pengembangan video pembelajaran animasi berbasis animaker materi garis dan sudut untuk meningkatkan minat belajar siswa SMPN 1 Geger di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 331-341.

Susanti, V. D., Suprapto, E., & Wardani, Y. A. (2022). Development Of Android-Based Edutainment Game Learning Media On Phytagoras Theorem For Junior High School Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3931-3942.

Tatu, A., Ismail. S., Resmawan. R., Djakaria. I., Usman. K., & Isa. D.R. (2021). Kemampuan siswa dalam mengaitkan objek matematika pada soal pola bilangan. Laplace


Article Metrics

Abstract has been read : 489 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats