Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar Di SMP Negeri 14 Gorontalo

Authors

  • Ivone Pantulusang Universitas Negeri Gorontalo
  • Sarson W. Pomalato Universitas Negeri Gorontalo
  • Novianita Achmad Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15642

Keywords:

Problem Solving, Pemecahan Masalah, Bentuk Aljabar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bentuk aljabar di SMP Negeri 14 Gorontalo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan post-tes only control group design yang melibatkan dua kelas sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengaan jumlah siswa pada kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa dan pada kelas kontrol terdiri dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran Problem Solving lebih tinggi daripada kelas yang diterapkan model pembelajaran langsung. Hal ini di tunjukan dengan nilai rata-rata kemmapuan pemecahan masalah matematika siswa yang diterapkan model Problem Solving yakni 62,17 sedangkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siwa yang diterapkan model pembelajaran langsung yakni sebesar 55,33. Kemudian hasil analisis inferensial melalui uji t dua sampel didapat bahwa  ditolak dan  diterima karena memenuhi kriteria pengujian .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Z. F., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022). Analysis of Mathematics Communication Capabilities in Linear Program Problem Solving during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 519-528.

Asikin. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif Terhadap Kemmapuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMA Kelas X. Lembaran Ilmu Kependidikan

Fachmi, R. F. N., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2022, August). Profil kemampuan 4C siswa pada pembelajaran matematika di SMPN 10 Madiun. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 369-378).

Ismail S, Bempah O.C. 2018. Analysis Kemanipuan Berlikir Kritis Matematika Mahasiswa Jurusan Pendiidikan Mateimatika Pada mata Kuliah Kalkulus 1 Materi Limit Fungsi. Jurnal ENTRPOPI, Vol.13, No.1.

Juliawan, A.D. 2017. Pengaruh Model Probem Basedlearning (PBL) Terhadp Kemampuuan Pemecahaan Masalaah Matematikaa Siswa Klas III. Mimbar PGSD Undiksha, Vol. 5, No. 2.

Laksana A.P.D, Abdullah W.B. dkk. 2021. Meiningkatkan Hasil Bellajar Matematiika Siswa Meilalui Pembelajaraan Muiltimedia Interaktiif Dengan Model Discoveery Learnning. EULER, Vol. 9, No. 2

Latifa, A. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Malawi, I. (2022). Pengembangan Media Manipulatif Puzzle Game pada Materi Kombinasi Permutasi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1457-1466.

Marwiyah S, dkk. 2020. Pengairuh Peneraipan Model Pembelajaraan REACT Teihadap Kemampuan Pemahamaan Konsep Ditiinjau Dari Motiivasi Belaajar Siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Juring. Vol. 3, No.1

Murtafi'ah, W., Delia, R. C., & Suprapto, E. (2022, September). Analysis of student representation ability in solving HOTS questions review from self efficacy. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2633, No. 1). AIP Publishing.

Nadjamuddin A, Hulukati E. 2022. Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Menyelesaikdan Masaalah Matematiika. Jurnl BASECDU, Vol.6, No. 1

Rahmawati, P., Adamura, F., & Apriandi, D. (2022, August). Pengembangan liveworksheet terintegrasi pendekatan STEM pada materi bangun ruang kubus dan balok. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1111-1117).

Saputri, A. T., Suprapto, E., & Maharani, S. (2022). Students’ error analysis in solving contextual problem of flat-sided geometry based on nolting’s theory depends on gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 3(1), 84-92.

Silvi, dkk, 2020. Kaijian Literatur Teniang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Problem Basied Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnial pendidikan tambiusaii. Vol.4, No.3

Sugiyono, 2016. Metodei Peneliitian Kuaintitatif Kualitiatif dan R & D. Banidung: Alfiabeta.

Yulianti, dkk. 2019. Modele baesed leearning (PBL): Efeeknya Terhadap Keemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesia Journal of Science and Matheematics Education, Vol. 2, No.3.

Zakiyah S, Usman K. 2021. Deskripsi Kemaampuan Pemeacahan Maasalah Maatematika Melaalui Pembelaajaran Dariing Pada Materi Persaamaan Kuaadrat. Jambura J. Match. Educc. 5(2).

Downloads

Published

2023-09-13

Issue

Section

Articles