Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Pokok Bahasan SPLDV Untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15547Keywords:
Penelitian Pengembangan, Open-ended, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, SPLDVAbstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan soal matematika tipe open-ended pada materi SPLDV yang valid, reliabel dan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Metode penelitian ini yaitu Development Research. Subjek penelitian ini sebanyak 34 siswa kelas VIII di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Palembang tahun ajaran 2022/2023. Prosedur penelitian melalui tahapan Preliminary dan Formative Evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 8 butir soal yang valid secara teoritis maupun empiris serta reliabel. Valid secara teoritis terpenuhi dari hasil penilaian validator, dimana validasi yang dilakukan berkenaan dengan konten, konstruk dan bahasa. Kriteria valid secara empiris juga terpenuhi dari hasil uji validitas butir soal. Soal juga dinyatakan reliabel sebagai instrumen tes melalui hasil analisis butir soal dengan koefisien reliabilitas 0,982. Selanjutnya untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diketahui dari 34 siswa bahwa 23 siswa mendapatkan penilaian dengan kriteria sangat baik 67,65, sedangkan 11 siswa lainnya mendapatkan kategori baik dengan persentase sebesar 32,35. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan soal matematika tipe open-ended pada materi SPLDV yang diterapkan dan dikembangkan dapat digunakan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Downloads
References
Amelia, S. R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis melalui tugas open-ended. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif.
Anggraeni, I., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui pendekatan open-ended. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.
Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam peserta didik sekolah dasar melalui model pembelajaran treffinger. Edutechnologia, 136-144.
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Faridah, E. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal-soal HOTS (Higher Order Thiking Skill) mata pelajaran sejarah kelas X-IPS SMAN 2 Sidoarjo. AVATAR, e-Journal Pendidikan Sejarah.
Firdaus, As'ari, A. R., & Qohar, A. (2016). Meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open-ended Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan, 227-236.
Hidayat, P. W. (2018). analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open-ended dengan pendekatan CTL . Jurnal Pendidikan Matematika.
Hidayat, W., Herdiman, I., Aripin, U., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Adversity Quotient(AQ) dan penalaran matematis mahasiswa calon guru . Jurnal Elemen, 230-242.
Idris, F. H., Hamid, I., & Ardiana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 92-98.
Istianah, E. (2013). meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika dengan pendekatan model eliciting activities ( MEAs) pada siswa SMA. Infinity, 43-54.
Jannatasari, N. Z. (2017). Pengembangan Soal Terbuka (open-ended) pada pembelajaran kolaboratif untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMP kelas VIII. Thesis, 99-106.
Juniati. (2021). pengembangan lembar kerja siswa berbasis model pembelajaran open-ended dengan materi sistem persamaan linaer dua variabel. UIN Suska .
Kurniasi, E. R., Yopa, & Karennisa, F. (2020). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Toboali. Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 43-2.
Ningrum, R. O., & Minarti, E. D. (2022). analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan persamaan linier dua variabel di SMP Al-Mahmud Plus-Cililin. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 33-42.
Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016, Agustus 1). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI dalam pembelajaran trigonometri berbasis masalah di SMA Negeri 18 Palembang. 1.
Pratiwi, W. N., Dewi, S. N., & Paramartha, Y. (2019). The Reflection of HOST in EFL Teachers' Summative Assessment. Jurnal of Educational Research and Evaluation, 127-133.
Sadiman, A. S. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Silaban, M. (2020). pengembangan soal open-ended pada pembelajaran matematika untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Universitas Negeri Medan.
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The relationship between higher order thingking skills and academic performance of student in mathematics instruction. International Education Studies, 10.
Tessmer, M. (1993). planning and conducting formative evaluation. london: kogsn page limited.
Ulandari, R., Said, H. B., & Defitriani, E. (2020). Pengembangan soal open-ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika.
Upandi, N. M. (2021). meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam tema berbagai pekerjaan dengan fun thinkers. Mimbar PGSD Undiksha.
Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal HOTS. jAKARTA: Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan.
Zulkardi. (2006). Formative Evaluation : What, why, when and how.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.