PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI TUGUMULYO TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Surono Surono IKIP PGRI MADIUN
  • Lely Rosminarti IKIP PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v2i2.232

Keywords:

Inquiri Terbimbing, Hasil Belajar dan keterampilan proses sains

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap hasil belajar dan mengetahui ketercapaian keterampilan proses sains fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing di kelas X SMA Negeri Tugumulyo tahun pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah eksperimen, dengan desain penelitian pre-test pos-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Tugumulyo. Dua kelas diambil sebagai sampel secara acak yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.9 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Data skor tes siswa dianalisis dengan menggunakan uji t dan data observasi dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh bahwa t hitung > t tabel (4,08 > 1,671), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri Tugumulyo tahun pembelajaran 2013/2014. Dari analisis data keterampilan proses sains siswa diperoleh bahwa rata-rata keterampilan proses sains siswa adalah 75,26% dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-09-01

Issue

Section

Articles