Pengaruh Media Stik Berwarna terhadap Kemampuan Berhitung Anak 4-5 Tahun di TK Al-Amanah Islamic School Kelurahan Kenten Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin

Authors

  • Nurfahriati Nurfahriati Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Kristina Imron Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Yecha Febrieanitha Putri Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Kris Setyaningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Keywords:

Media Stik berwarna, Berhitung

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “Pengaruh Media Stik Berwarna terhadap Kemampuan Berhitung Anak 4-5 Tahun di TK Al-Amanah Islamic School Kelurahan Kenten Kecamatan  Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin”. dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian -exsperimental dengan one group pretest-posttest design (satu kelompok subjek). Jumlah sampel berjumlah 15 anak dari TK Al-Amanah Islamic School. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hipotesis nilai signifikansi (2-tailed) = 0,03 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir, ini menunjukkan hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh dan signifikansi antara media stik berwarna terhadap kemampuan menghitung Anak 4-5 Tahun di TK Al-Amanah Islamic School Kelurahan Kenten Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Abidin, Z. (2015). Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika. Lentera Ilmu Cendekia.

Adpriyadi, A. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.275

Agustina, R. S., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Surabaya. Publika, 9(3), 109–124. https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p109-124

Ahmetya, A. R., Setyaningrum, I., & Tanaya, O. (2023). Era Baru Ketenegakerjaan: Fleksibilitas Pekerja Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 1001–1015. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i4.4495

Ajasan, N. U. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3), Article 3. https://jurnal.usk.ac.id/JAP/article/view/4795

Alifah, S. D. A., Maharani, S., & Fitriana, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media 3D Watercycle untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Kasreman 1 Kasreman. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 755–764. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.347

Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma, 8(1), 17. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505

Apendi, M., Maharin, H., & Sutarno, S. K. (2024). Meningkatkan Keterampilan Sosial melalui Permainan Tradisional pada Anak Tunarungu di SLB-B Beringin Bhakti Talun. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 6(2), 212. https://doi.org/10.24235/prophetic.v6i2.16667

Darmawan, K. K., Karnadi, H., Luri, R., & Mardiono, B. (2020). Perancangan Buku Fotografi Aktivitas Kreatif Anak-Anak Sekolah Luar Biasa Mutiara Bangsa Kabupaten Kendal. Jurnal DKV Adiwarna, 1(1), 1–7.

Fauzi, A., & Rahmatih, A. N. (2021). E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Pemahaman Mahasiswa. JPMI :Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1543–1550. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1543-1550

Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680

Maharani, S., & Andari, T. (2015). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Linear untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika Berbasis Model Discovery-Inquiry. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA, 148–152.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Downloads

Published

2025-04-26

Issue

Section

Articles