Efektivitas Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Concept pada Siswa Kelas IX SMPN 20 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.19360Keywords:
Model Eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Koneksi Matematis, Self ConceptAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan koneksi matematis dan self concept pada materi bilangan berpangkat. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 20 Singkawang pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Adapun bentuk desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) efektif terhadap kemampuan koneksi matematis dan self concept siswa dengan hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM=70) baik secara individual maupun klasikal dengan diterapkannya pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi bilangan berpangkat. (2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dan siswa yang mendapat pembelajaran langsung pada materi bilangan berpangkat. (3) Self concept siswa tergolong tinggi ketika diterapkan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi bilangan berpangkat.
Downloads
References
Akhmad, G. P. A., & Masriyah. (2014). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan. MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).
Apriyono. (2016). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 159-168.
Asuro, N., & Fitri, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Concept Siswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 33-46.
Brunner. (2001). Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JCA: Universitas Pendidikan Indonesia.
Depdikbud. (2014). PERMENDIKBUD No.58 Th.2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. [Online].
Kartika, M., & Hiltrimartin, C. (2019). Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang, 4(2), 161–168.
Muthia Aulia. (2019) Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa. Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati. Tidak Dipublikasikan
Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Unevesity Press.
Nursaniah, L., Nurhaqiqi, Yuspriyati, D.N. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (5), 857-862.
Nuryatin, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 1(2), 61–67.
Patimbangi, A & Hendi, F (2018) Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii SMP YP Pgri 4 Makassar. YPUP Makasar Ekspose, 17(2).
Perkasa ED, Windi. (2019). Penerapan Model-Eliciting Activities (MEAs) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Smp Negeri 3 Ingin Jaya. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. Tidak Dipublikasikan
Rika Wahyuni, Mariyam, And Vinsensia Reda Astiva Kumang. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Conecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok. Journal Of Educational Review And Research, 2(1), 12-21.
Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.
Sadikin, Sadikin, And Andi Kaharuddin. (2019). Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Dan Gender. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/5fybs.
Satriyo Primantoro, (2019) Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Self-Efficacy Matematis Melalui Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Smk. Skripsi(S1) Thesis, Fkip Unpas.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sumartini, Tina Sri. (2015). Mengembangkan Self Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attaiment. Jurnal Pendidikan Matematika 2, 4(2,3).
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.