Efektivitas Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Concept pada Siswa Kelas IX SMPN 20 Singkawang

Indah Febriani, Mariyam Mariyam, Rika Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan koneksi matematis dan self concept pada materi bilangan berpangkat. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 20 Singkawang pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Adapun bentuk desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) efektif terhadap kemampuan koneksi matematis dan self concept siswa dengan hasil sebagai berikut: (1) Kemampuan koneksi matematis siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM=70) baik secara individual maupun klasikal dengan diterapkannya pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi bilangan berpangkat. (2) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dan siswa yang mendapat pembelajaran langsung pada materi bilangan berpangkat. (3) Self concept siswa tergolong tinggi ketika diterapkan pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) pada materi bilangan berpangkat.


Keywords


Model Eliciting Activities (MEAs);Kemampuan Koneksi Matematis;Self Concept

References


Akhmad, G. P. A., & Masriyah. (2014). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII-A SMP Negeri 1 Lamongan. MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Apriyono. (2016). Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 159-168.

Asuro, N., & Fitri, I. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Concept Siswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 33-46.

Brunner. (2001). Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JCA: Universitas Pendidikan Indonesia.

Depdikbud. (2014). PERMENDIKBUD No.58 Th.2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. [Online].

Kartika, M., & Hiltrimartin, C. (2019). Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) dalam Pembelajaran. Jurnal Gantang, 4(2), 161–168.

Muthia Aulia. (2019) Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa. Skripsi, UIN Sunan Gunung Djati. Tidak Dipublikasikan

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Unevesity Press.

Nursaniah, L., Nurhaqiqi, Yuspriyati, D.N. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (5), 857-862.

Nuryatin, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 1(2), 61–67.

Patimbangi, A & Hendi, F (2018) Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii SMP YP Pgri 4 Makassar. YPUP Makasar Ekspose, 17(2).

Perkasa ED, Windi. (2019). Penerapan Model-Eliciting Activities (MEAs) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Smp Negeri 3 Ingin Jaya. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. Tidak Dipublikasikan

Rika Wahyuni, Mariyam, And Vinsensia Reda Astiva Kumang. (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Conecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok. Journal Of Educational Review And Research, 2(1), 12-21.

Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.

Sadikin, Sadikin, And Andi Kaharuddin. (2019). Identifikasi Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Dan Gender. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/5fybs.

Satriyo Primantoro, (2019) Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Self-Efficacy Matematis Melalui Model Eliciting Activities (Meas) Pada Siswa Smk. Skripsi(S1) Thesis, Fkip Unpas.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sumartini, Tina Sri. (2015). Mengembangkan Self Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attaiment. Jurnal Pendidikan Matematika 2, 4(2,3).


Article Metrics

Abstract has been read : 134 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v12i1.19360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats