Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Kelas VIII SMP Negeri 9 Satu Atap Tebas
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.19325Keywords:
Model Metaphorming, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Metaphorming terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Tebas pada semester genap tahun ajaran 2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun bentuk desain penelitian ini adalah Quasy Exsperimental dengan rancangan Nonequivalent Posstest Only Control Group Design. Sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Metaphorming dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif, keterlaksanaan pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa. Untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dua sampel independent. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran Metaphorming lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dikelas yang diterapkan model pembelajaran langsung; 2) Keterlaksanaan model pembelajaran Metaphorming pada kriteria sangat baik; 3) Aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran Metaphorming tergolong sangat aktif. Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Metaphorming dapat memfasilitasi kamampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Satu Atap Tebas.Â
Downloads
References
Anwar, B. (2019). Model Pembelajaran Metaphorming. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(1), 78-90.
Azizah, S., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57-71.
Gomez, C. N., (2021). “The Use of Metaphor to Explore Prospective Mathematics Teachers’ Projective Identity.†School Science and Mathematics 121(3): 143–53.
Hadijah, S. (2017). Perbandingan Antara Kemampuan Critical Thinking Dan Metaphorming Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma Negeri 21 Gowa. 1–184.
Hasmiati, Jamilah, & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan dengan metode praktikum. Jurnalbiotek, 5(1), 21-35.
Hendri, R., Elniati, S., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Di Kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 8(1), 110-116.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Permendikbud RI Nomor 35 tentang Perubahan atas Permendukbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Resyon: Virginia.
Novera, E., Daharmis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay alam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349-6356.
Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antar Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Peajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(1).
Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kesulitan belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107-114.
Permendikbud. Nomor 21. (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Permendikbudristek..
Pratama. S. F. P., Hasanah. R. A., & Sidabutar. E. Y. Br. (2023). Analisis kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan soal matematika pada materi bangun datar kelas VII SMP. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 59-68.
Sari, S., Wahyuni, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2022). Penerapan Model Experiental Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 47-28.
Septasari, P., Isnaini, M., & Anggara, B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir dalam Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(2), 201-218.
Setiawan, A. (2020). Hubungan model pembelajaran metaphorming dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Labschool Jakarta (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).
Siler, Todd. 1996. Dalam Metaphorming (2013). Think Like A Jenius. New York: Batam Book.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.