Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Kelas VIII SMP Negeri 9 Satu Atap Tebas

Yuniarti Yuniarti, Rika Wahyuni, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Metaphorming terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas VIII SMP Negeri Satu Atap Tebas pada semester genap tahun ajaran 2024. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun bentuk desain penelitian ini adalah Quasy Exsperimental dengan rancangan Nonequivalent Posstest Only Control Group Design. Sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Metaphorming dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif, keterlaksanaan pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa. Untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dua sampel independent.  Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas yang diterapkan model pembelajaran Metaphorming lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dikelas yang diterapkan model pembelajaran langsung; 2) Keterlaksanaan model pembelajaran Metaphorming pada kriteria sangat baik; 3) Aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran Metaphorming tergolong sangat aktif. Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Metaphorming dapat memfasilitasi kamampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Satu Atap Tebas. 


Keywords


Model Metaphorming;Kemampuan Berpikir Kreatif

References


Anwar, B. (2019). Model Pembelajaran Metaphorming. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(1), 78-90.

Azizah, S., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57-71.

Gomez, C. N., (2021). “The Use of Metaphor to Explore Prospective Mathematics Teachers’ Projective Identity.” School Science and Mathematics 121(3): 143–53.

Hadijah, S. (2017). Perbandingan Antara Kemampuan Critical Thinking Dan Metaphorming Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X Sma Negeri 21 Gowa. 1–184.

Hasmiati, Jamilah, & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan dengan metode praktikum. Jurnalbiotek, 5(1), 21-35.

Hendri, R., Elniati, S., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Di Kelas VIII SMPN 4 Bukittinggi. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 8(1), 110-116.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Permendikbud RI Nomor 35 tentang Perubahan atas Permendukbud Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Resyon: Virginia.

Novera, E., Daharmis, D., Erita, Y., & Fauzan, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay alam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349-6356.

Nuraini, N., Fitriani, F., & Fadhilah, R. (2018). Hubungan Antar Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Peajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 5 Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 6(1).

Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kesulitan belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107-114.

Permendikbud. Nomor 21. (2016). Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Permendikbudristek..

Pratama. S. F. P., Hasanah. R. A., & Sidabutar. E. Y. Br. (2023). Analisis kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan soal matematika pada materi bangun datar kelas VII SMP. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(1), 59-68.

Sari, S., Wahyuni, R., & Prihatiningtyas, N. C. (2022). Penerapan Model Experiental Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 47-28.

Septasari, P., Isnaini, M., & Anggara, B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Metaphorming untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir dalam Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 3(2), 201-218.

Setiawan, A. (2020). Hubungan model pembelajaran metaphorming dan keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Labschool Jakarta (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA).

Siler, Todd. 1996. Dalam Metaphorming (2013). Think Like A Jenius. New York: Batam Book.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract has been read : 141 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v12i1.19325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats