Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 1 Bonepantai Ditinjau Dari Komunikasi Matematika Pada Materi Segiempat dan Segitiga

Herlianti Putri Ginoga, Evi Hulukati, Sumarno Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematika siswa berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Bonepantai. Pengambilan data dimulai dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan tes kemampuan komunikasi matematika kepada siswa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 68,80% artinya sudah sebagian besar siswa sudah mampu dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Sedangkan untuk keseluruhan kemampuan komunikasi matematika siswa mencapai 66,73% artinya sebagian besar siswa sudah mampu dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematika. Akan tetapi, tidak memiliki perbedaan yang signifikan karena siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi belum tentu memiliki tingkat kemampuan komunikasi yang tinggi dan siswa yang berkemampuan tinggi pada komunikasi matematika sebagian besar hanya memiliki tingkat kemampuan sedang pada indikator kemampuan pemecahan masalah matematis.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa; Komunikasi Matematika; Segiempat dan Segitiga

Full Text:

PDF

References


Annisa, Sarah, dan Rizki Dwi Siswanto. 2021. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika 14(2):146–67.

Ariawan, Rezi, dan Hayatun Nufus. 2017. “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.” Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics 1(2):82–91.

Asikin, Yakin Akbar, Ismawati Sibala, dan Nurhajjah Rasyid. 2021. “Peran Guru Mata Pelajaran Matematika Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa.” Basic of Education (AJBE) 6(1):54–62.

Hulukati, Evi., Badu, Samsyu Q., Achmad, N. 2013. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Menggunakan Tugas Bentuk Superitem. Vol. 123.

Karima, Rahmatal, Aniswita Aniswita, dan Pipit Firmanti. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share Di Kelas VIII Putri Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 2(3):265. doi: 10.24014/juring.v2i3.7746.

Lestari, K.E., Yudhanegara, M. .. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Pauweni, Khardiyawan A. Y., dan Moh. Efendi B. Iskandar. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan.” Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi 8(1):23–28. doi: 10.34312/euler.v8i1.10372.

Prabawati, Mega Nur. 2018. “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA.” Mosharafa 7(1):113–20.

Rahmawati, Puji, dan Nurul Apsari. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia).” UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(1):49–56. doi: 10.30738/union.v7i1.3135.

Rizqi, Afria Alfitri, Hardi Suyitno, dan Sudarmin. 2016. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning.” Unnes Journal of Mathematics Education Research 5(1):17–23.

Sayang, Arien, Theresia Laurens, dan Anderson L. Palinussa. 2019. “KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU TIPE KEPRIBADIAN MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS OF PROSPECTIVE TEACHER STUDENTS IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS IN.” Magister Pendidikan Matematika 1(2):73–82.

Sumba, Isnarianti, Abdul Djabar Mohidin, dan Siti Zakiyah. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Tugas Proyek Pada Materi Bilangan Bulat Di SMP Negeri 1 Limboto.” Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi 10(1):1–6. doi: 10.34312/euler.v10i1.12952.

Unonongo, Pradita, Sumarno Ismail, dan Kartin Usman. 2021. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas IX.” Jambura Journal of Mathematics Education 2(2):43–49. doi: 10.34312/jmathedu.v2i2.10591.

Usman, Kartin, Ismail Djakaria, Salmiaty Hasan, dan Universitas Negeri Gorontalo. 2021. “Deskripsi Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Jurnal Karya Pendidikan Matematika 8(1):13–17.

Usman, Prasetyo, Lailany Yahya, Nursiya Bito, dan Bertu Rianto Takaendengan. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia Pada Materi Kerucut.” Jambura Journal of Mathematics Education 3(2):100–106. doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.10628.


Article Metrics

Abstract has been read : 321 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats