Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 1 Bonepantai Ditinjau Dari Komunikasi Matematika Pada Materi Segiempat dan Segitiga
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17749Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Komunikasi Matematika, Segiempat dan SegitigaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematika siswa berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematika. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Bonepantai. Pengambilan data dimulai dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan tes kemampuan komunikasi matematika kepada siswa
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai 68,80% artinya sudah sebagian besar siswa sudah mampu dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Sedangkan untuk keseluruhan kemampuan komunikasi matematika siswa mencapai 66,73% artinya sebagian besar siswa sudah mampu dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematika. Akan tetapi, tidak memiliki perbedaan yang signifikan karena siswa yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi belum tentu memiliki tingkat kemampuan komunikasi yang tinggi dan siswa yang berkemampuan tinggi pada komunikasi matematika sebagian besar hanya memiliki tingkat kemampuan sedang pada indikator kemampuan pemecahan masalah matematis.
Downloads
References
Annisa, Sarah, dan Rizki Dwi Siswanto. 2021. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dan Gender.†Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika 14(2):146–67.
Ariawan, Rezi, dan Hayatun Nufus. 2017. “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.†Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics 1(2):82–91.
Asikin, Yakin Akbar, Ismawati Sibala, dan Nurhajjah Rasyid. 2021. “Peran Guru Mata Pelajaran Matematika Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa.†Basic of Education (AJBE) 6(1):54–62.
Hulukati, Evi., Badu, Samsyu Q., Achmad, N. 2013. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing Menggunakan Tugas Bentuk Superitem. Vol. 123.
Karima, Rahmatal, Aniswita Aniswita, dan Pipit Firmanti. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share Di Kelas VIII Putri Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia.†JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 2(3):265. doi: 10.24014/juring.v2i3.7746.
Lestari, K.E., Yudhanegara, M. .. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.
Pauweni, Khardiyawan A. Y., dan Moh. Efendi B. Iskandar. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan.†Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi 8(1):23–28. doi: 10.34312/euler.v8i1.10372.
Prabawati, Mega Nur. 2018. “ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA.†Mosharafa 7(1):113–20.
Rahmawati, Puji, dan Nurul Apsari. 2019. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia).†UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(1):49–56. doi: 10.30738/union.v7i1.3135.
Rizqi, Afria Alfitri, Hardi Suyitno, dan Sudarmin. 2016. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning.†Unnes Journal of Mathematics Education Research 5(1):17–23.
Sayang, Arien, Theresia Laurens, dan Anderson L. Palinussa. 2019. “KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU TIPE KEPRIBADIAN MATHEMATICAL COMMUNICATION SKILLS OF PROSPECTIVE TEACHER STUDENTS IN SOLVING MATHEMATICAL PROBLEMS IN.†Magister Pendidikan Matematika 1(2):73–82.
Sumba, Isnarianti, Abdul Djabar Mohidin, dan Siti Zakiyah. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Tugas Proyek Pada Materi Bilangan Bulat Di SMP Negeri 1 Limboto.†Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi 10(1):1–6. doi: 10.34312/euler.v10i1.12952.
Unonongo, Pradita, Sumarno Ismail, dan Kartin Usman. 2021. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas IX.†Jambura Journal of Mathematics Education 2(2):43–49. doi: 10.34312/jmathedu.v2i2.10591.
Usman, Kartin, Ismail Djakaria, Salmiaty Hasan, dan Universitas Negeri Gorontalo. 2021. “Deskripsi Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.†Jurnal Karya Pendidikan Matematika 8(1):13–17.
Usman, Prasetyo, Lailany Yahya, Nursiya Bito, dan Bertu Rianto Takaendengan. 2022. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia Pada Materi Kerucut.†Jambura Journal of Mathematics Education 3(2):100–106. doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.10628.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.