Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Edutainment untuk Mengoptimalkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 67 Palembang

Authors

  • Yusri Pandan Wangi Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin Universitas PGRI Palembang
  • Patricia H.M Lubis Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17653

Keywords:

Pengembangan e-modul interaktif, edutainment, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pengembangan e-modul interaktif berbasis edutainment untuk mengoptimalkan minat belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 67 Palembang sudah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development). metode pengembangan ini menggunakan jenis metode ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 67 Palembang Penelitian pengembangan ini menggunakan instrumen dalam bentuk angket atau kuesioner yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Instrumen ditujukan untuk mengetahui kualitas E-Modul yang dikembangkan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa e-modul interaktif berbasis edutainment untuk mengoptimalkan minat belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri 67 Palembang yang dikembangkan tergolong bahan ajar yang valid, praktis dan efektif untuk peserta didik yang didesain lebih menarik dan tidak membosankan. Maka dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Edutainment untuk Mengoptimalkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 67 Palembang†dapat disimpulkan yaitu hasil pengembangan E-Modul Interaktif berbasis Edutainment dinyatakan valid dari data yang telah diperoleh melalui validasi dari beberapa ahli yaitu ahli media sebesar 86,00%, ahli materi sebesar 86,33% dan ahli bahasa sebesar 84,33% yang termasuk dalam katagori sangat valid. Hasil pengembangan pengembangan E-Modul Interaksi berbasis Edutainment dinyatakan praktis dari data yang telah diperoleh melalui lembar angket peserta didik uji kelompok kecil (Small Group) sebesar 83,67% dalam kategori sangat layak. Hasil pengembangan E-Modul Interaktif berbasis Edutainment dinyatakan efektif dari data yang diperoleh melalui uji kelompok besar (Large Group) dengan rata-rata N-Gain 0,91% termasuk dalam kategori tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angraini, W. (2022). Pengaruh Pengembangan Media Flip Builder Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 15 Bengkulu Tengah. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2, 153–160. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/488

Kholid, M. N., Swastika, A., Ishartono, N., Nurcahyo, A., Lam, T. T., Maharani, S., ... & Pratiwi, E. (2022). Hierarchy of students’ reflective thinking levels in mathematical problem solving. Acta Scientiae, 24(6), 24-59.

Maharani, S., Nusantara, T., Rahman, A., & Qohar, A. (2019). Analyticity and systematicity students of mathematics education on solving non-routine problems. Mathematics and Statistics, 7(2), 50-55.

Maharani, S., Agustina, Z. F., & Kholid, M. N. (2021). Exploring the prospective mathematics teachers computational thinking in solving pattern geometry problem. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1756-1767.

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 41(20), 1–15.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Putri, H., Zafri, Z., & Ofianto, O. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kronologis Siswa. Jurnal Halaqah, 1(1), 32–44.

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165–178. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292

Ricu Sidiq, & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Susanti, V. D., & Maharani, S. (2016). Profil berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah numerical analysis ditinjau dari tipe kepribadian. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Syakuroh, K., & Lubis, P. H. . (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD. 7(September), 2–25.

Tafonao, T. (2013). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Kominukasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Downloads

Published

2024-03-31

Issue

Section

Articles