Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa

Anisa Lasulika, Sumarno Ismail, Khardiyawan A.Y Pauweni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Aritmetika Sosial dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 2 Suwawa pada tahun ajaran 2022-2023 semester genap. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan 20 siswa dan seorang guru sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa, lembar penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan dan tes hasil belajar. Penelitian ini berlangsung 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 63,89% menjadi 83,33%. Selanjutnya hasil pengamatan siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik juga meningkat dari 61,44% menjadi 83,33%. Untuk hasil belajar ranah afektif dilihat berdasarkan lembar penilaian sikap juga mengalami peningkatan yaitu dari 61% menjadi 81%. Selanjutnya hasil belajar ranah psikomotor dapat dilihat dari lembar penilaian keterampilan yang juga mengalami peningkatan dari 64% menjadi 81%. Adapun hasil belajar ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes tertulis juga mengalami peningkatan yaitu dari 65% menjadi 80%. Semua aspek telah mencapai indikator keberhasilan belajar pada siklus II melalui penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education.


Keywords


Hasil belajar; Realistic Mathematics Education; Aritmetika Sosial

Full Text:

PDF

References


Anwar, Nirwana, James, Takaendengan. 2022. Analisis Kecerdasan Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika : Jundika Education Vol 5 No 2

Bosch, M., Hausberger, T., Hochmuth, R., Kondratieva, M., & Winsløw, C. (2021). External Didactic Transposition In Undergraduate Mathematics. International Journal Of Research In Undergraduate Mathematics Education, 9(1)

Disai, Dariyo & Basaria. 2017. Hubungan Antara Kecemasan Matematika Dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol 1. No 2

Hubulo, Hulukati, Uno, Damayanti (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus dan Balok. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2).

Husain, Ismail & Katili. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistic Pada Materi Bangun Ruang Sederhana. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1).

Ismail S, Bakari & Magfirah. 2019. Meningkatkan Penguasaan Siswa Kelas IX Pada Fungsi Kuadrat Dan Grafiknya Menggunakan Teknik Inkuiri. Jurnal Jambura Journal Of Mathematics. 1(1) :1-12

Isrok’atun, Rosmala. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara

Laknasa, Abdullah, Pauweni, Usman & Kaluku (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery Learning. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi.

Mufida & Wijaya. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistic Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 4

Mutflu, Y., & Akgün, L. (2019). Using Computer For Developing Arithmetical Skills Of Students With Mathematics Learning Difficulties. International Journal Of Research In Education And Science, 5(1)

Ningsih, F., Murni, A., & Roza, Y. (2020). Development Of Learning Tools With The Application Of Learning Inventions To Improve Mathematical Problem-Solving Ability Social Arithmetic Material. Journal of Educational Sciences, 4(1)

Nurhayati, Hendar & Kusmawati. (2022). Model Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsania, 3(2)

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Rusmiyati & Chotimah. (2022). Identifikasi Kesulitan Siswa SMP dalam Mengerjakan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2)

Susanto, Ahmad. 2018. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Taniredja et al. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru, Praktik, Praktis Dan Mudah (5th ed). ALFABET, CV

Trimahesri & Handini. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Jurnal TSCJ, 2(2).

Unonongo, Ismail & Usman. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas IX. Jambura Journal Of Mathematics Education, 2(2).

Usman. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosda Karya

Van den Heuvel-Panhuizen,M & Drijvers, P. (2014). Realistic Mathematics Education. In S. Lerman (Ed.), encyclopedia of mathematics education. Dordrecht, Heidelberg, New York, London : Springer.

Wijaya & Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu


Article Metrics

Abstract has been read : 42 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats