Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Negeri 2 Suwawa
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17468Keywords:
Hasil belajar, Realistic Mathematics Education, Aritmetika SosialAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Aritmetika Sosial dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 2 Suwawa pada tahun ajaran 2022-2023 semester genap. Penelitian ini dilaksanakan dengan melibatkan 20 siswa dan seorang guru sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan guru, lembar pengamatan siswa, lembar penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan dan tes hasil belajar. Penelitian ini berlangsung 2 siklus. Hasil pengamatan kegiatan guru yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 63,89% menjadi 83,33%. Selanjutnya hasil pengamatan siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik juga meningkat dari 61,44% menjadi 83,33%. Untuk hasil belajar ranah afektif dilihat berdasarkan lembar penilaian sikap juga mengalami peningkatan yaitu dari 61% menjadi 81%. Selanjutnya hasil belajar ranah psikomotor dapat dilihat dari lembar penilaian keterampilan yang juga mengalami peningkatan dari 64% menjadi 81%. Adapun hasil belajar ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes tertulis juga mengalami peningkatan yaitu dari 65% menjadi 80%. Semua aspek telah mencapai indikator keberhasilan belajar pada siklus II melalui penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education.
Downloads
References
Anwar, Nirwana, James, Takaendengan. 2022. Analisis Kecerdasan Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika : Jundika Education Vol 5 No 2
Bosch, M., Hausberger, T., Hochmuth, R., Kondratieva, M., & Winsløw, C. (2021). External Didactic Transposition In Undergraduate Mathematics. International Journal Of Research In Undergraduate Mathematics Education, 9(1)
Disai, Dariyo & Basaria. 2017. Hubungan Antara Kecemasan Matematika Dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. Vol 1. No 2
Hubulo, Hulukati, Uno, Damayanti (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Menggunakan Alat Peraga Kubus dan Balok. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2).
Husain, Ismail & Katili. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistic Pada Materi Bangun Ruang Sederhana. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1).
Ismail S, Bakari & Magfirah. 2019. Meningkatkan Penguasaan Siswa Kelas IX Pada Fungsi Kuadrat Dan Grafiknya Menggunakan Teknik Inkuiri. Jurnal Jambura Journal Of Mathematics. 1(1) :1-12
Isrok’atun, Rosmala. 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara
Laknasa, Abdullah, Pauweni, Usman & Kaluku (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif Dengan Model Discovery Learning. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi.
Mufida & Wijaya. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistic Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 4
Mutflu, Y., & Akgün, L. (2019). Using Computer For Developing Arithmetical Skills Of Students With Mathematics Learning Difficulties. International Journal Of Research In Education And Science, 5(1)
Ningsih, F., Murni, A., & Roza, Y. (2020). Development Of Learning Tools With The Application Of Learning Inventions To Improve Mathematical Problem-Solving Ability Social Arithmetic Material. Journal of Educational Sciences, 4(1)
Nurhayati, Hendar & Kusmawati. (2022). Model Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Pecahan. Jurnal Tahsania, 3(2)
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rusmiyati & Chotimah. (2022). Identifikasi Kesulitan Siswa SMP dalam Mengerjakan Soal Aritmatika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2)
Susanto, Ahmad. 2018. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Taniredja et al. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru, Praktik, Praktis Dan Mudah (5th ed). ALFABET, CV
Trimahesri & Handini. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics Education. Jurnal TSCJ, 2(2).
Unonongo, Ismail & Usman. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas IX. Jambura Journal Of Mathematics Education, 2(2).
Usman. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosda Karya
Van den Heuvel-Panhuizen,M & Drijvers, P. (2014). Realistic Mathematics Education. In S. Lerman (Ed.), encyclopedia of mathematics education. Dordrecht, Heidelberg, New York, London : Springer.
Wijaya & Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.