Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbantuan Android Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengunaan multimedia pembelajaran interaktif berbantuan android terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi lingkaran. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Suwawa tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 100 orang dan tersebar di 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling terpilih kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Dengan teknik pengumpulan data yaitu pemberian tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay. Analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan multimedia interaktif berbantuan android terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adini, M. H., Sukmawati, R. A., & Purba, H. S. (2022). Pelatihan Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 430. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4776
Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613
Dwita Imannia, Jumroh, & Destiniar. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Inomatika, 4(1), 19–30. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279
Firdaus, T. (2018). Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran. Artikel: Media Pembelajaran STKIP Nurul Huda, 1–8.
Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106
Habuke, F., Hulukati, E., & Pauweni, K. A. Y. (2022). kemampuan memahami masalah, menginterpretasikan masalah ke dalam model matematika, kemampuan mengolah serta kemampuan menemukan penyelesaian dari permasalahan yang ditemui. 10(1), 103–110.
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021
Khaerani, K., Ismail, S., & Oroh, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Prisma. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2), 153–163. https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16341
Kue, H. A., Badu, S. Q., Resmawan, R., & Zakiyah, S. (2022). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah Tolangohula. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(1), 39–46. https://doi.org/10.55657/rmns.v1i1.8
Novita, L., & Novianty, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 3(1), 46. https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Wulandari, N. A. D. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Lingkaran menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 8–15. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i2.99
Zakiyah, S., Usman, K., & Gobel, A. P. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Persamaan Kuadrat. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10268
Article Metrics
Abstract has been read : 175 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats