Pengaruh Penggunaan Multımedıa Interaktıf Terhadap Hasıl Belajar Peserta Dıdık Pada Materı Sıstem Koordınat
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan guna untuk melihat pengaruh multimedia interaktif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem koordinat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang diklasifikasikan menjadi dua yakni VIII-A selaku kelas eksperimen serta VIII-B selaku kelas kontrol pada populasi MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Utara. Dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data yaitu melalui instrumen tes setelah proses pembelajaran yang didasarkan pada indikator. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik menggunakan pre-test dan post -test. Pengolahan data memakai analisis deskriptif memperlihatkan bahwasannya rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi jika diperbandingkan kelas kontrol. Adapun hasil analisis inferensial memperlihatkan bahwasannya kedua data berdistribusi normal serta homogen sehingga dilanjutkan dengan uji analisis kovarian (anacova) dan diperoleh hasil ditolak serta diterima. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik lebih tinggi setelah dibelajarkan menggunakan multimedia interaktif dibandingkan dengan menggunakan power point.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baid, N., Hulukati, E., Usman, K., & Zakiyah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Aritmetika Sosial. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(2), 164–172. https://doi.org/10.34312/euler.v10i2.16342
Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14069
Diu, A. A., Mohidin, A. D., Bito, N., Ismail, S., & Resmawan, R. (2020). Deskripsi Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung Tabung. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7613
Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3287–3295. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1739
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Ismail, S., & Oroh, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Prisma. 10(2).
sudjana nana. (2012). metode statistika (S. Nana (ed.)). tarsito.
Sugiyono. (2017). metode penelitian pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (Sugiyono (ed.)). alfabeta.
Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10392
Sumantri. (2019). buku strategi pembelajaran (Sumantri (ed.)). PT raja grafindo persada.
surjono h. (2017). multimedia pembelajaran interaktif (S. H (ed.)). UNY Press.
Usman, P., Yahya, L., Bito, N., & Takaendengan, B. R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia pada Materi Kerucut. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 100–106. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.10628
Article Metrics
Abstract has been read : 187 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15781
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats