Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Al-Fatah Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten Oki

Authors

  • Nendria Nendria UIN Raden Fatah Palembang
  • Tutut Handayani UIN Raden Fatah Palembang
  • Izza Fitri UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.15567

Keywords:

Permainan Tradisional Congklak, Kemampuan Berhitung Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Fatah desa Tapus kecamatan Pampangan Kabupaten OKI. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-exsperimental Design, dan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 12 orang anak pada kelas A di PAUD Al-Fatah Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI. Tehnik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang dimaksud adalah Tes yang digunakan untuk mendapatkan informasi hasil belajar anak dengan cara memberikan pretest dan posttest pada anak kelas A di PAUD Al-Fatah Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI. Berdasarkan hasil penelitian yang digunakan oleh peneliti menyatakan bahwa dari hasil perhitungan uji t dan hasil dari nilai pretest 50,25 dan setelah posttest menjadi 84,58. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Fatah Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achroni, k. 2012. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui permainan tradisional, Yogyakarta: Javalitera.

Agung Triharso. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Andi Offset.

Ahmad Susanto, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: PT Kharisma Putra Utama).

Ahmad Susanto, 2014. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai aspek, Jakarta: Prenada Media Group.

Agung Thiharso, 2013. Permainan Kreatif Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini.

(Yogyakarta : CV Andi Offset).

Anita Yus, 2011. Penelitian Perkembangan Belajar Anak.(Jakarta:Prenamedia Grub).

Ardini Pupung Puspa Dkk, 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, cetakan pertama (Nganjuk: Adjie Nusantara).

Candra Apriansyah, 2015. Peningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan Stick Angka, vol. 06, No.06.

Chatarina Febriyanti, 2019. pembelajaran dengan etnomatematika congklak. Vol, 02, No. 03.

Euis, kurniati, 2018. permainan tradisional dan peranya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak, jakarta: prenadamedia group.

Hilda L.Jackman, 2009. Early Education Curriculum A Child’s To The Word, USA: Delmar.

Iswinarti. 2007. Permainan Tradisional : Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. (Malang : Universitas Muhammadiyah Malang).

Moh. Nazir, 2011. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiono. 2017. Metode penelitian pendidikan, (penerbit : alfabeta, bandung.

Suryadi Dahlia. 2015. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. ( Jakarta PT. RINEKA CIPTA).

Mayke. S. Tedjasaputra. 2001. Bermain Dan Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Nia Fatmawati, Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education, Jurnal Universitas Negeri Jakarta, 2014, Volume 8 Edisi 2, hlm. 325.

Putri Budiani Dolok Saribu, 2018. Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 tahun, volume 4 no.1.

Rini Purwanti, 2020. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak, Volume 01 Nomor 01.

Syahuddin dkk, 2019. pengenalan operasi tambah kurang melalui permainan congklak bagi siswa sekolah dasar, vol. 3, No1.

Suharsimi, Arikunto. 2014. Manajemen Penelitian. ( Jakarta : Rineka Cipta).

Suryadi , dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya).

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional pasal 28 ayat 1.

Downloads

Published

2023-03-12

Issue

Section

Articles