Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Al-Fatah Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten Oki
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.15567Keywords:
Permainan Tradisional Congklak, Kemampuan Berhitung PermulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Fatah desa Tapus kecamatan Pampangan Kabupaten OKI. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre-exsperimental Design, dan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 12 orang anak pada kelas A di PAUD Al-Fatah Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI. Tehnik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang dimaksud adalah Tes yang digunakan untuk mendapatkan informasi hasil belajar anak dengan cara memberikan pretest dan posttest pada anak kelas A di PAUD Al-Fatah Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI. Berdasarkan hasil penelitian yang digunakan oleh peneliti menyatakan bahwa dari hasil perhitungan uji t dan hasil dari nilai pretest 50,25 dan setelah posttest menjadi 84,58. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Al-Fatah Desa Tapus Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI.
Downloads
References
Achroni, k. 2012. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak melalui permainan tradisional, Yogyakarta: Javalitera.
Agung Triharso. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini, Yogyakarta: Andi Offset.
Ahmad Susanto, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta: PT Kharisma Putra Utama).
Ahmad Susanto, 2014. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai aspek, Jakarta: Prenada Media Group.
Agung Thiharso, 2013. Permainan Kreatif Dan Edukatif Untuk Anak Usia Dini.
(Yogyakarta : CV Andi Offset).
Anita Yus, 2011. Penelitian Perkembangan Belajar Anak.(Jakarta:Prenamedia Grub).
Ardini Pupung Puspa Dkk, 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, cetakan pertama (Nganjuk: Adjie Nusantara).
Candra Apriansyah, 2015. Peningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Permainan Stick Angka, vol. 06, No.06.
Chatarina Febriyanti, 2019. pembelajaran dengan etnomatematika congklak. Vol, 02, No. 03.
Euis, kurniati, 2018. permainan tradisional dan peranya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak, jakarta: prenadamedia group.
Hilda L.Jackman, 2009. Early Education Curriculum A Child’s To The Word, USA: Delmar.
Iswinarti. 2007. Permainan Tradisional : Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis. (Malang : Universitas Muhammadiyah Malang).
Moh. Nazir, 2011. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiono. 2017. Metode penelitian pendidikan, (penerbit : alfabeta, bandung.
Suryadi Dahlia. 2015. Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Margono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. ( Jakarta PT. RINEKA CIPTA).
Mayke. S. Tedjasaputra. 2001. Bermain Dan Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Nia Fatmawati, Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education, Jurnal Universitas Negeri Jakarta, 2014, Volume 8 Edisi 2, hlm. 325.
Putri Budiani Dolok Saribu, 2018. Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 tahun, volume 4 no.1.
Rini Purwanti, 2020. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Tradisional Congklak, Volume 01 Nomor 01.
Syahuddin dkk, 2019. pengenalan operasi tambah kurang melalui permainan congklak bagi siswa sekolah dasar, vol. 3, No1.
Suharsimi, Arikunto. 2014. Manajemen Penelitian. ( Jakarta : Rineka Cipta).
Suryadi , dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya).
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system Pendidikan Nasional pasal 28 ayat 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.