Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B di TK Idilia Palembang

Authors

  • Syawalia Dwi Putri UIN Raden Fatah Palembang
  • Leny Marlina Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yecha Febrieanitha Putri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.15550

Keywords:

Permainan bowling, konsep bilangan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B Di TK Idilia Palembangâ€. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Idilia Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Idilia Palembang. Adapun jenis  penelitian ini adalah Pre- experimental dengan desain  One Group Pre Test- Post Test (satu kelompok subjek). Jumlah sampel anak berjumlah 15 orang anak  yang terdiri dari 6 orang anak perempuam dan 9 orang anak laki- laki. Teknik pengumplan data dalam penelitian ini menggunakan obserbasi awal sebelum diberikan perlakuan dengan pembelajaran permainan balok angka, observasi digunakan untuk mengumplkan data pada saat treathment, tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hipotesis dalam penelitian ini ialah diperoleh thitung  =44,9238 sedangkan dk =15 + 15 – 2 =28   dengan taraf nyata 5% sehingga didapat ttabel =1.7011 karena thitung=44,9238 > ttabel= 1.7011 maka kesimpulannya Ho di tolak artinya ada Pengaruh Permaianan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B Di TK Idilia Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi,(2013) Prosedur Penelitian. Jakarta Rineka Cipta

Aryani Ayu Putu, Dkk. (2015). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Bowling Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Huruf Pada Anak,Vol 3 No.1

Bungin Burhan.M. (2005) Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grop

Dacholfany Ihsan M, Hasanah Uswatun.(2018). Pendidikan Anak Usia Dini menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah

Dewi Putri Septiana, Dkk, (2018). ¬kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Media Kereta Angka pada Anak Kelompok A. Seminar Nasional PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe

Fadillah. M, Dkk. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group

Fara Fiska. Dkk. (2020) . Kajian Penerapan Permainan Bowling Berbahan Bekas Pada Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Vol 3, Nomor 1

Fitri Heleni, Sembiring Khudri Al. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tinjau Dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan, Vol 1, No 2

Gandana Giralar dkk. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire,Jurnal PAUD Agopedia, Vol.1 No.1

HikmaNurul Dwi Riska., (2017). Penerapan Bermain Bowling dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini di RA Nahdatul Ulama Mataram Baru. Lampung

Hasan Iqbal. (2015) Pokok- pokok Materi Statistik 2 Jakarta: PT Bumi Aksaras

Hayati Nur dan Ruqoyyah, (2016) meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Bombik Modifikasi pada Anak Kelompok Bermain, Jurnal PAUD Teratai. Volume 05 Nomor 03

Misbahuddin, Hasan Iqbal . (2014), Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara

Mulyani Novi. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava

Sari Pradya Dwi Kadek Ni, Dkk. ( 2016). Penerapan Permainan Bola Gelinding Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Kel A. Vol 4. No. 2

Sari Perdana Fitria Shanty. ( 2016). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Metode Bermain Bowling Pintar Pada Anak Kelompok A1 Tk Kusuma Mulia Xvi Desa Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015–2016. Kediri

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Kelompok Usia 4-6

Karadianata Rahayu, Abdurahman Mawan.(2012). Dasar- Dasar Statistik Pendidika,.Bandung: CV Pustaka Setia

Susanto Ahmad.,( 2011). perkembangan anak usia dini, Jakarta: Kencana

Susanto Ahmad. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini( Konsep dan Teori), Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R n D,Bandung: Alfabeta

Syafda ningsih. Dkk. (2020). Pembelajaran matematika anak usia dini. tasikmalaya: Edu Publisher

Yulianti Dwi. (2010). Bermain sambl belajar sains. Semarang: PT Indeks

Yus Anita, (2011)Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak- Kanak. Jakarta: prenadamedia Group

Yusuf Muri Ahmad, (2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Observasi penelitian di TK Idilia Palembang. Pada tanggal 22- 27 April 2022

Downloads

Published

2023-03-02

Issue

Section

Articles