Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B di TK Idilia Palembang
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.15550Keywords:
Permainan bowling, konsep bilanganAbstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Permainan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B Di TK Idilia Palembangâ€. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Idilia Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan bowling terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B di TK Idilia Palembang. Adapun jenis penelitian ini adalah Pre- experimental dengan desain One Group Pre Test- Post Test (satu kelompok subjek). Jumlah sampel anak berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak perempuam dan 9 orang anak laki- laki. Teknik pengumplan data dalam penelitian ini menggunakan obserbasi awal sebelum diberikan perlakuan dengan pembelajaran permainan balok angka, observasi digunakan untuk mengumplkan data pada saat treathment, tes berbentuk skor yang dilakukan untuk mengetahui hasil setelah diberi perlakuan dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil hipotesis dalam penelitian ini ialah diperoleh thitung =44,9238 sedangkan dk =15 + 15 – 2 =28  dengan taraf nyata 5% sehingga didapat ttabel =1.7011 karena thitung=44,9238 > ttabel= 1.7011 maka kesimpulannya Ho di tolak artinya ada Pengaruh Permaianan Bowling Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B Di TK Idilia Palembang.
Downloads
References
Arikunto Suharsimi,(2013) Prosedur Penelitian. Jakarta Rineka Cipta
Aryani Ayu Putu, Dkk. (2015). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Bowling Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Huruf Pada Anak,Vol 3 No.1
Bungin Burhan.M. (2005) Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grop
Dacholfany Ihsan M, Hasanah Uswatun.(2018). Pendidikan Anak Usia Dini menurut Konsep Islam. Jakarta: Amzah
Dewi Putri Septiana, Dkk, (2018). ¬kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Melalui Media Kereta Angka pada Anak Kelompok A. Seminar Nasional PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Ronggolawe
Fadillah. M, Dkk. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group
Fara Fiska. Dkk. (2020) . Kajian Penerapan Permainan Bowling Berbahan Bekas Pada Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Vol 3, Nomor 1
Fitri Heleni, Sembiring Khudri Al. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tinjau Dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan, Vol 1, No 2
Gandana Giralar dkk. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire,Jurnal PAUD Agopedia, Vol.1 No.1
HikmaNurul Dwi Riska., (2017). Penerapan Bermain Bowling dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini di RA Nahdatul Ulama Mataram Baru. Lampung
Hasan Iqbal. (2015) Pokok- pokok Materi Statistik 2 Jakarta: PT Bumi Aksaras
Hayati Nur dan Ruqoyyah, (2016) meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Bombik Modifikasi pada Anak Kelompok Bermain, Jurnal PAUD Teratai. Volume 05 Nomor 03
Misbahuddin, Hasan Iqbal . (2014), Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyani Novi. (2018). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava
Sari Pradya Dwi Kadek Ni, Dkk. ( 2016). Penerapan Permainan Bola Gelinding Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Kel A. Vol 4. No. 2
Sari Perdana Fitria Shanty. ( 2016). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Metode Bermain Bowling Pintar Pada Anak Kelompok A1 Tk Kusuma Mulia Xvi Desa Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015–2016. Kediri
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, Standar Isi Tentang Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Kelompok Usia 4-6
Karadianata Rahayu, Abdurahman Mawan.(2012). Dasar- Dasar Statistik Pendidika,.Bandung: CV Pustaka Setia
Susanto Ahmad.,( 2011). perkembangan anak usia dini, Jakarta: Kencana
Susanto Ahmad. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini( Konsep dan Teori), Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R n D,Bandung: Alfabeta
Syafda ningsih. Dkk. (2020). Pembelajaran matematika anak usia dini. tasikmalaya: Edu Publisher
Yulianti Dwi. (2010). Bermain sambl belajar sains. Semarang: PT Indeks
Yus Anita, (2011)Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak- Kanak. Jakarta: prenadamedia Group
Yusuf Muri Ahmad, (2014) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Observasi penelitian di TK Idilia Palembang. Pada tanggal 22- 27 April 2022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.