Pengaruh Kemandirian Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Dander Di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14614Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Pandemi Covid 19, Kemandirian, Lingkungan BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana kemandirian. mempengaruhi pembelajaran, 2) mengetahui bagaimana lingkungan belajar mempengaruhi pembelajaran, dan 3) mengetahui bagaimana kemandirian dan lingkungan belajar mempengaruhi seberapa baik prestasi siswa dalam matematika selama pandemi COVID-19 di Dander, Kabupaten Bojonegoro..Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif. Random sampling sebagai metode pengambilan sampel pada penelitian.ini. Dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel, dipilih 105 siswa.Instrumen eksplorasi berupa aturan rapat tidak terstruktur, Pusat Tes Penilaian Semester (PTS) Matematika Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022, Polling Otonom yang sah dan solid, serta iklim belajar mahasiswa. Sebelum dianalisis, data penelitian diperiksa normalitas, linearitas, multikolinieritas, dan varian variabel. , analisis regresi berganda, uji koefisien regresi gabungan, dan uji deterministik digunakan untuk menguji hipotesis.
Akibatnya, selama pandemi COVID-19, prestasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Dander dipengaruhi oleh kemandirian dan lingkungan belajar. Kajian ini memberikan rekomendasi sebagai berikut: (1) siswa sebaiknya lebih memanfaatkan internet untuk memperluas pengetahuan dan memahami; (2) guru harus menggunakan berbagai strategi pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas siswa; dan (3) sekolah harus mendukung guru dan siswa agar mereka dapat tampil maksimal dan belajar maksimal selama pandemi COVID-19.
Downloads
References
Baharuddin. 2017. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Dewi, A. K., Masfingatin, T., & Lusiana, R. (2022, August). Kemampuan penalaran kreatif matematis siswa dalam penyelesaian soal tipe PISA. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 891-900).
Duwi Priyatno. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Martinis, Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada.
Naibaho, H dkk. 2012. Pengaruh Lingkungan kampus terhadap Motivasi Belajar. Mahasiswa (Studi Kasus Universitas pelita Harapan Surabaya). Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas. Pendidikan Indonesia.
Ratna Puspita Indah. 2021. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat, ISSN: 2549-2616.Volume 8 No.1
Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung: Alfabeta.
Safitri, R. A., Andari, T., & Apriandi, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Self Confidence. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1610-1618.
Samodra, O.R. 2013. Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas 8 Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal UMS
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Thoifah, Anatut. 2015. Statisika Pendidikan dan Metodologi Penelitian. Kuantitatif. Malang: Anggota IKAPI
Triyogo, H. 2014. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Taknik Komputer dan Jaringan. Jurnal UNY.
Wahyuningsih dan Djazari. 2013. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jambi. Jurnal Universitas Jambi.
Winarno. 2012. Psikologi Psikologi Perkembangan. Jakarta. Erlangga.
Wirayat, A., Matsum, J., dan Okianna., 2015, Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA, Artikel Penelitian, Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN
Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja
Yuwanita, V. E., Andari, T., & Astuti, I. P. (2022). Analisis tingkat metakognisi siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan matematika pada siswa SMP kelas VIII. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1432-1448.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.