Pengaruh Kemandirian Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Dander Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sujiran Sujiran IKIP PGRI Bojonegoro
  • Nur Rohman IKIP PGRI Bojonegoro
  • Novelia Rizka Zakiatin IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14614

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Pandemi Covid 19, Kemandirian, Lingkungan Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui bagaimana kemandirian. mempengaruhi pembelajaran, 2) mengetahui bagaimana lingkungan belajar mempengaruhi pembelajaran, dan 3) mengetahui bagaimana kemandirian dan lingkungan belajar mempengaruhi seberapa baik prestasi siswa dalam matematika selama pandemi COVID-19 di Dander, Kabupaten Bojonegoro..Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif. Random sampling sebagai metode pengambilan sampel pada penelitian.ini. Dengan menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel, dipilih 105 siswa.Instrumen eksplorasi berupa aturan rapat tidak terstruktur, Pusat Tes Penilaian Semester (PTS) Matematika Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022, Polling Otonom yang sah dan solid, serta iklim belajar mahasiswa. Sebelum dianalisis, data penelitian diperiksa normalitas, linearitas, multikolinieritas, dan varian variabel. , analisis regresi berganda, uji koefisien regresi gabungan, dan uji deterministik digunakan untuk menguji hipotesis.

Akibatnya, selama pandemi COVID-19, prestasi belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Dander dipengaruhi oleh kemandirian dan lingkungan belajar. Kajian ini memberikan rekomendasi sebagai berikut: (1) siswa sebaiknya lebih memanfaatkan internet untuk memperluas pengetahuan dan memahami; (2) guru harus menggunakan berbagai strategi pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas siswa; dan (3) sekolah harus mendukung guru dan siswa agar mereka dapat tampil maksimal dan belajar maksimal selama pandemi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin. 2017. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, A. K., Masfingatin, T., & Lusiana, R. (2022, August). Kemampuan penalaran kreatif matematis siswa dalam penyelesaian soal tipe PISA. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 891-900).

Duwi Priyatno. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Martinis, Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta. Gaung Persada.

Naibaho, H dkk. 2012. Pengaruh Lingkungan kampus terhadap Motivasi Belajar. Mahasiswa (Studi Kasus Universitas pelita Harapan Surabaya). Jurnal Ilmiah Arsitektur Universitas. Pendidikan Indonesia.

Ratna Puspita Indah. 2021. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat, ISSN: 2549-2616.Volume 8 No.1

Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika, Bandung: Alfabeta.

Safitri, R. A., Andari, T., & Apriandi, D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aritmatika Sosial Ditinjau dari Self Confidence. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1610-1618.

Samodra, O.R. 2013. Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas 8 Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal UMS

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Thoifah, Anatut. 2015. Statisika Pendidikan dan Metodologi Penelitian. Kuantitatif. Malang: Anggota IKAPI

Triyogo, H. 2014. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Taknik Komputer dan Jaringan. Jurnal UNY.

Wahyuningsih dan Djazari. 2013. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jambi. Jurnal Universitas Jambi.

Winarno. 2012. Psikologi Psikologi Perkembangan. Jakarta. Erlangga.

Wirayat, A., Matsum, J., dan Okianna., 2015, Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA, Artikel Penelitian, Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT. Remaja

Yuwanita, V. E., Andari, T., & Astuti, I. P. (2022). Analisis tingkat metakognisi siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan matematika pada siswa SMP kelas VIII. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1432-1448.

Downloads

Published

2023-03-10

Issue

Section

Articles