Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Analogi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa SDN 79 Palembang

Eki Novta Imanda, Nila Kesumawati, Nora Surmilasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan analogi matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa SDN 79 Palembang. Metode penelitian ini menggunakan metode true-experimental design dengan memakai posttest-only control design. Populasi yaitu siswa kelas V SD Negeri 79 Palembang berjumlah 195 orang. Populasi dilanjutkan dengan pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling, didapat 57 orang, yaitu kelas V.D sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas V.E menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data diambil dengan memberikan tes analogi dan tes berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA dan uji korelasi Pearson. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan analogi matematis dan kemampuan berpikir kritis. Terdapat hubungan antara kemampuan analogi matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Problem Based Learning; Kemampuan Analogi Matematis; Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Aji, S. B., & Mediati, N. ( 2021). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan , 2734 - 2740.

Annisa, MZ, Z. A., & Febrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. Journal of Primary Education, 95–105.

Ardani, R. A., & Ningtiyas, F. A. (2017). Peran Berpikir Analogi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. PROSIDING, 416-425.

Azmi, M. P. (2019). Analisis Pengembangan Tes Kemampuan Analogi Matematis pada Materi Segi Empat. Juring, 099-110.

Dewi, A. K., Masfingatin, T., & Lusiana, R. (2022, August). Kemampuan penalaran kreatif matematis siswa dalam penyelesaian soal tipe PISA. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 891-900).

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: Cv. Kaaffah Learning Center.

Ismara, L., Halini, & Suratman, D. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Di Smp. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan Pontianak, 1-8.

Jayanti, E. D. (2017). Peningkatan Tanggung Jawab Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V Sdn Bangetayu Wetan 02. UNISSULA.

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Smp Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan. Logaritma, 150-163.

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan, 155-166.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 125-143.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, 119-131.

Richland, L. E., & Hansen, J. (2013). Reducing Cognitive Load in Learning by Analogy. International Journal of Psychological Studies,.

Sa'adah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Smp. Journal On Education, 405-410.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspita.

Wayudi, M., Suwatno, & Santoso, B. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 67-82.

Yuwanita, V. E., Andari, T., & Astuti, I. P. (2022). Analisis tingkat metakognisi siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan matematika pada siswa SMP kelas VIII. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1432-1448.


Article Metrics

Abstract has been read : 544 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats