Pengembangan Media Video Blog (Vlog) Berbasis Kearifan Lokal Materi Kegunaan dan Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14400Keywords:
Pengembangan, Vlog, Kearifan Lokal, Kegunaan dan Siklus Air.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran vlog berbasis kearifan lokal materi kegunaan dan siklus air yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model 4D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa V di salah satu Sekolah Dasar Negeri Kota Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas, angket respon siswa, angket respon guru serta tes hasil belajar IPA. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai dari tampilan media, penyajian materi dan pengunaan bahasa, Untuk kriteria kepraktisan didapatkan dari angket respon siswa dan angket respon guru. Sedangkan, kriteria keefektifan didapat dari tes hasil belajar siswa. Berdasarkan angket validasi dari tim ahli diperoleh skor persentase 92,1% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan siswa diperoleh skor persentase 94,14% dengan kategori sangat praktis dan angket kepraktisan keseluruhan guru diperoleh skor persentase 91,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor 88% yang diperoleh dari tes hasil belajar IPA materi kegunaan dan siklus air dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, hasil yang dikembangkan oleh peneliti bahwa vlog yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 170-175.
Dian Pancasari , N. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 104-113.
Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3. No 1, 24-29.
Fantriadi, M. R., Lusiana, R., & Astuti, I. P. (2022). Penalaran Spasial Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Ditinjau Dari Brain Dominance. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 8(2), 134-146.
Fitria, Y., & Juwita. (2018). Refleksi Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Video Blog (Vlog) Pada Anak Usia Dini. 739-744.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, : 129-150.
Hapsari, A. S., Gunarhadi, & Roemintoy. (2019). Video Blog: Media Pembelajaran Alternatif untuk Melatih Keterampilan Menulis Paragraf bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 80-89.
Huda, C., Siswoningsih, D., & Nuvitalia, D. (2O2O). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Sains Berbasis Local wisdompada pembahasan Suhu dan Kalor . Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 89-93.
Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Influence Of Learning Style On The Students Science Learing Achievement. Jurnal Pijar MIPA, 44-48.
Istikomah, & Faizah, U. (2021). Pengaruh Media Vlog Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 138-148.
Istiqah, W., Agustini, R., & Budijastuti, W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Menggunakan Model PBL Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik di SMPN O2 Suboh. Jurnal Education and development, 237-243.
Liutammi, D., & Utami, I. S. (2021). Pemanfaatan Youtube Channel Sebagai Media Belajar Untuk Mengungkapkan Gagasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKN. Wiyatamandala: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46-64.
Markhamah, N., Supardi, Z. A., & Sudibyo, E. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah materi siklus air untuk melatihkan keterampilan berfikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 343-347.
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3928-3939.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 171-187.
Nursatamala, S., Sanusi, S., & Susanti, V. D. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smpn 1 Jiwan Dalam Memecahkan Materi Aritmatika Sosial Berbasis Etnomatematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1276-1286.
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Sinaga, L., Florenza, M., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA, 7-12.
Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya Di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 128 - 135.
Putra, A., & Andriani, M. (2021). Systematic Literature Review: Media Video Blog (Vlog) on Learning. Alauddin Journal of Mathematics Education, 113-121.
Putri, A. I., Kuswandi, D., & Susilaningsih. (2020). Pengembangan video edukasi kartun animasi materi siklus air untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 377-387.
Putri, M. K., Septinar, H., & Daulay, R. W. (2019). Analisis Pengaruh Pengelolaan Lingkungan Terhadap Kondisi Masyarakat Hilir Sungai Musi . Jurnal Geografi, 80-89.
Rijali, & Adrian, Y. (2021). Validitas media pembelajaran berbasis vlog pada muatan bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11-23.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sa'adah, N. R., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikasi. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Safitri, A. A., Rahmawati, P., Pratiwingtyas, L., Hidayat, F. R., & Lusiana, R. (2022). Life Skill Training Berbasis Aquascape Pada Pemuda Narapidana Kasus Narkoba Di Lapas I Kota Madiun Untuk Mewujudkan Sdgs. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 523-529.
Shufa, N. K. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 48-53.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA CV.
Suryana , D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1077-1094.
Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 01-06.
Suwarti, Laila, A., & Permana, E. P. (2020). Pengembangan media komik berbasis kearifan lokal untuk menentukan pesan dalam dongeng pada siswa sekolah dasar. Propesi Pendidikan Dasar, 140-151.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Pembelajaran Guna meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23-27.
Widyaningsih, N. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blog) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Skripta, 12-17.
Widyawati, I. O., Susanti, V. D., & Masfingatin, T. (2022). Analysis of Students' Mathematical Communication Ability in SPLDV Materials in terms of Verbal Linguistic Intelligence. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.