Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15568Keywords:
Pengembangan, E-flashcard, Sistem Pencernaan ManusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media e-flashcard  pada materi sistem pencernaan manusia yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 190 Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas, angket respon siswa, angket respon guru serta tes hasil belajar IPA. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai dari tampilan media, penyajian materi dan penggunaan bahasa. Untuk kriteria kepraktisan didapatkan dari angket respon siswa dan angket respon guru. Sedangkan, kriteria keefektifan didapat dari tes hasil belajar siswa. Berdasarkan angket validasi dari tim ahli diperoleh skor presentase 92,5% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan dari angket siswa dan guru diperoleh skor presentase 87,8% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor persentase sebesar 85,4%. Dengan demikian, hasil yang dikembangkan oleh peneliti bahwa media pembelajaran e-flashcard yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Downloads
References
Alvita & Airlanda. (2021). Pengembangan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada siswa Kelas I. Jurnal Basicedu.
Aminu, Y. (2020). Pengembangan Model Jerold melalui Kartu Kalimat Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Siswa Kelas V SD. Syntax Idea: P–ISSN: 2684-6853 Vo.2 No.2, 99.
Angreany & Satrio. (2021). Pengembangan Flashcard Berbasis Augmented Reality Untuk Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.
Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. Jurnal pendidikan bahasa Asing dan Sastra.
Armini dkk. (2016). Modul Sistem Pencernaan. Surabaya: Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Bulletin dalam Bentuk Buku Saku untuk pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni.
Azizah, N., Putri, D. P., & Setiyani. (2020). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Bentuk Dan Fungsi Bagian Tubuh Pada Hewan Dan Tumbuhan. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Budimanjaya, Alamsyah, S., & Andi. (2015). 95 strategi mengajar multi intelligences. jakarta: kencana.
Cahyadi, H. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education, 36.
Darlis & Movitaria. (2021). Penggunaan Model Assure untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Fatmadiwi dkk. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran pada Konsep Asesmen Autentik untuk Mahasiswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 268.
Febrianto dkk. (2020). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran dengan menggunakan media Flashcard Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal FKIP Unipa Surabaya, 94.
Febriyanto, Budi; Yanto, Ari. (2019). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Komunikasi Pendidikan, Vol.3 No.2.
Fitra, J., & Maksum, (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran.
Fitriyani & Zulmi (2017). Efektivitas Media Flash Card Dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Psikologi, 167-182.
Handayani & Marjono. (2018). The Development of Adobe Flash CC (Creative Cloud) Based Interactive Multimedia Module in History Subjects in Grade XI of Senior High School with ASSURE Model. Historica Journal.
Hutapea, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Program Cabri 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Dimensi Tiga . Jurnal Matematika.
Ikhwati, H. (2015). Pengembangan Media Flashcard Ipa Terpadu Dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (Stad) Tema Polusi Udara. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2).
Indriana. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: DIVA Press.
Iskandar & Farida. (2020). Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran diSekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3.
Kuncahyono, K. (2017). “Analisis Penerapan Media Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 774.
Lubis, D. A., Maulina, J., & Pohan, L. A. (2018 ). Pengembangan Multimedia Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. EDS: Journal of Chemistry, Education, and Science.
Nafiah. (2017). Manajemen Pembelajaran Tematik Integratif Sesuai Kurikulum 2013 pada Kelas 4 SD Khadijah Surabaya. 62.
Noge, M. (2019). Penerapan model pembelajaran bilingual preview-review berbasis E-flashcard untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar bahasa inggris sm. journal of education technology, 152.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah, dan Tarbiyah, 171-187.
Nuryanah dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoonuntuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.
Pujiati, T. (2017). Cara Mudah Mengajar Anak Membaca: Mengajari Anak Membaca Menjadi Ringan dan Menyenangkan. Nauka Publishing.
Rahman, A; Hidayat, T. N; Yanuttama, I. (2017). Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia.
Rohana, Hartono, Y., & Purwoko. (2009). Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Statistika Dasar Di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang. Pendidikan Matematika, 93.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surmilasari, N., Marini, A., & Maratun. (2022). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Susilana, R., & Riyana, C. (2016). Media pembelajaran. bandung: CV. Wacana Prima.
Susilowati, & dkk. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Unnes Journal of Biology Education, 84.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2.
Wangi & Agung. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard pada Muatan Pembelajaran IPA Kelas V. Jurnal Undiksha.
Wardani, A. E., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022, August). Pengembangan Modul Digital Berbasis Etnomatematika Pada Materi Transformasi Geometri. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 1096-1103).
Agustina, Z. F., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2022). Analysis of Mathematics Communication Capabilities in Linear Program Problem Solving during the Covid-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 519-528.
Ambardi, W. N., Gembong, S., & Krisdiana, I. (2022, August). Analisis pemahaman konseptual siswa mengenai volume prisma segitiga ditinjau dari gender. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 277-286).
Hamzah, F. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Sholikhah, O. H. (2022). Efektivitas Model Group Investigation dan Snowball Throwing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas X SMKN 1 Wonoasri. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 40-54.
Latifa, A. N., Setyansah, R. K., Ningsih, M. K., & Malawi, I. (2022). Pengembangan Media Manipulatif Puzzle Game pada Materi Kombinasi Permutasi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1457-1466.
Krisdiana, I., Ismarisa, A., & Fachmi, R. F. N. (2022). Pelatihan Pembuatan Branding Pada Usaha Krupuk Puli “Sopo Nyono†Ngepeh Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas PHB Vol, 5(4).
Pamungkas, M. A., Krisdiana, I., Ruliati, A., & Sholikhah, O. H. (2022, July). Implementasi model pembelajaran problem based learning (pbl) dengan pendekatan saintifik berbantuan media pembelajaran aplikasi rumah bangun datar untuk meningkatkan disposisi matematik dan kemampuan berpikir logis matematis peserta didik materi segi empat kelas viic smp muhammadiyah pekajangan. In SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 7-16).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.