Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP

Authors

  • Ilhami Afniati Universitas Negeri Padang
  • Elita Zusti Jamaan Universitas Negeri Padang
  • I Made Arnawa Universitas Andalas
  • Yerizon Yerizon Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14358

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, LKPD, Model CTL.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP. Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 26 Padang tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika berbasis CTL yang dikembangkan tergolong dalam kategori valid yaitu 87,7 % untuk RPP dan 88,77% untuk LKPD dan praktis dengan masing-masing 77,78% dan 82,85%     untuk RPP dan LKPD. Sedangkan berdasarkan hasil uji soal tes memenuhi kriteria keberhasilan tes kemampuannkomunikasi dengan nilai rata-rata kelas 79,8 artinya perangkat pembelajaran berbasis CTL efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, R. S., & Sukestiyarno, Y. L. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Concept Matematis pada Materi Trigonometri. Seminar Nasional Pascasarjana, (c), 436–441.

Azizah, P. N., Maharani, S., & Suprapto, E. (2022). Kemampuan Generalisasi Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret berdasarkan Brain Dominance. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2425-2433.

Fantriadi, M. R., Lusiana, R., & Astuti, I. P. (2022). Penalaran Spasial Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Ditinjau Dari Brain Dominance. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 8(2), 134-146.

Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Nasution, M. D., Oktaviani, W., Muhammadiyah, U., Utara, S., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2). https://doi.org/10.30596/jmes.v1i1.4390

Ningrum, P. P., Zalsabella, M. P., Widyastuti, F., Budiarto, K. D., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Penerapan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Matematika Secara Daring. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5250-5254.

Nurhasanah, R. A., Waluya, & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, (2017), 769–775.

Nursatamala, S., Sanusi, S., & Susanti, V. D. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smpn 1 Jiwan Dalam Memecahkan Materi Aritmatika Sosial Berbasis Etnomatematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1276-1286.

Plomp, N. (2013). Educational design research: An introductionâ€, In Tjeerd Plomp dan Nienke Nieven (Eds.), Educational Design Research. In Netherlands: Institute for Curriculum Development (SLO).

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1), 13–23. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118

Sabrina, R. R. (2017). Pengaruh Pendekatan Open Ended dan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Negeri Kota Padang. In http://repository.unp.ac.id/26656/.

Sriwahyuni, T., Amelia, R., & Maya, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dab Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–23.

Swasti, M., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analysis of mathematical communication skill of grade viii students in smp on patterns and row of number. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 169–182. https://doi.org/10.33654/math.v6i2.956

Tamur, M., Jehadus, E., Nendi, F., Mandur, K., & Murni, V. (2020). Assessing the effectiveness of the contextual teaching and learning model on students’ mathematical understanding ability: A meta-analysis study. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012067

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Widyawati, I. O., Susanti, V. D., & Masfingatin, T. (2022). Analysis of Students' Mathematical Communication Ability in SPLDV Materials in terms of Verbal Linguistic Intelligence. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2).

Downloads

Published

2023-03-15

Issue

Section

Articles